Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Secara Alami agar Wajah Tetap Cerah Menawan

Jika ditanya pasti jawaban setiap orang tidak akan ada yang mau jika harus memiliki kulit wajah kering, kan? Terlebih lagi dengan cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini. Maka dari itu setiap orang tentunya membutuhkan perawatan ekstra supaya kulit senantiasa tetap dalam keadaan sehat, sehat, cerah dan terjaga.

Kulit wajah yang kering seringkali membuat kita kurang percaya diri dan merasa tidak nyaman.

Mulai kulit terasa perih, tak karuan, bahkan ada pula yang mengalami kulit wajah menjadi pecah-pecah.

Selain itu, kulit kering kerap kali membuat muka kita menjadi tampak kusam, sensitif, dan ada kemungkinan wajah nampak keriput.

Tentu saja kondisi ini membuatmu menjadi merasa tersiksa dan pusing, kan?

Tenang kalian tak perlu risau karena kami akan membagikan bagaimana cara mengatasi kulit wajah kering agar hilang dan tak kambuh lagi.

Silahkan simak penjelasan lengkapnya mengenai tips dan cara mengatasi kulit wajah kering secara alami yang dapat kalian coba di rumah dengan mudah.


8 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering secara Alami dan Efektif

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering secara Alami dan Efektif


1. Mengatasi Kulit Wajah Kering dengan Banyak Minum Air Putih

Bagi sebagian orang sering menyepelekan betapa pentingnya minum air putih secukupnya dan mereka kerap beranggapan bahwa air putih tidak begitu signifikan manfaatnya. Padahal pernyataan tersebut salah besar, loh!

Perlu kalian ketahui bahwa sebagian besar tubuh kita terdiri oleh air. Hal itulah mengapa air putih begitu penting dan sangat mempengaruhi kesehatan kulit dan organ-organ di tubuh kita.

Pasalnya dengan meminum air putih secara cukup akan membantu kulit beserta tubuh kita menjadi terhidrasi dengan baik. Sehingga kulit menjadi lebih sehat, cerah dan pastinya terbebas dari masalah kulit kering.


2. Perbanyak Konsumsi Makanan Bergizi

Sama halnya dengan air putih, makanan yang bergizi tentu saja memiliki peran yang amat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan seluruh organ tubuh kita.

Makana bergizi berupa buah-buahan dan sayuran mempunyai kandungan serat dan vitamin yang sangat baik dalam menutrisi kulit kita.

Meskipun hasil yang kita peroleh tidak dapat kita rasakan seketika itu juga, akan tetapi dengan memperbanyak mengonsumsi makanan bergizi pastinya akan bermanfaat untuk jangka panjang.


Baca juga: 9 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Mudah & Ampuh agar Tak Berjerawat | Rahasia Para Artis?


3. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan dan Omega-3

Tak hanya makanan bergizi saja, kamu juga perlu memperhatikan jenis makanan lainnya yang hendak dikonsumsi.

Jenis makanan yang penting untuk kalian penuhi ialah makanan yang kaya akan kandungan antioksidan dan Omega-3.

Kedua zat ini sangat bermanfaat terutama untuk membantu mencegah serta mengatasi kerusakan pada kulit akibat dari zat-zat yang berbahaya.

Selain itu, kamu dapat dengan mudah menemukan jenis makana yang kaya akan kandungan antioksidan dan Omega-3, loh!

Beberapa jenis makana tersebut diantaranya seperti tomat, wortel, varian makanan yang berbahan dasar kacang-kacangan, dan blueberry.


4. Rawat dengan Masker Alpukat

Salah satu tips yang paling diminati oleh banyak orang untuk mengatasi kulit wajah kering yakni dengan memakai masker alpukat.

Buah yang satu ini tak hanya enak ketika disantap saja, melainkan manfaat buah alpukat sangatlah unggul ketika digunakan untuk merawat tubuh.

Cara penggunaannya juga tergolong sangat mudah, hal itu karena kamu hanya perlu mencampurkan alpukat dengan madu untuk merawat kulit kering secara rutin.


5. Menggunakan Pelembab Alami untuk Kulit Wajah Kering

Salah satu kesalahan fatal yang kerap dilakukan secara berulang-ulang yaitu dengan pelembab yang mengandung minyak di dalamnya. Padahal untuk mengatasi kulit wajah kering kalian hanya memerlukan pelembab alami.

Beberapa jenis pelembab alami yang sudah teruji dan berhasil mengatasi kulit wajah kering yakni bubuk almond, minyak argan, dan madu.

Bahan-bahan di atas sangat mudah kalian temukan dan mudah pula untuk kalian olah menjadi pelembab alami yang sudah terbukti sangat efektif dalam mengatasi kulit wajah kering.


6. Rutin Menggunakan Tabir Surya

Kulit merupakan pelindung tubuh terluar yang dapat menangkal berbagai macam penyakit. Meski demikian bukan berarti kulit tidak memerlukan perlindungan untuk tetap dalam kondisi yang sehat, loh ya!

Oleh karena itu penting rasanya menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari panasnya terik matahari yang dapat membahayakan kulit mu.

Metode ini terbukti efektif dalam melindungi kulit dari sengatan matahari yang mengakibatkan kulit menjadi terbakar, hitam, atau bahkan kanker kulit.


7. Bersihkan Kulit dengan Lembut

Cukup wajar rasanya apabila kulit wajah terpapar oleh kotoran misalnya seperti debu dan polusi dari lingkungan sekitar, kamu dapat mengatasi kulit yang kotor dengan cara membersihkan wajah menggunakan sabun pencuci muka.

Hanya saja, ketika sedang membersihkan wajah tidak dilakukan dengan kasar seperti membilas sisa sabun dengan kasar.

Hal itu karena di dalam sabun pencuci muka sudah dilengkapi dengan zat pembersih yang efektif. Dengan demikian kamu hanya perlu membilas wajah dengan cara mengusap-usap secara lembut dan perlahan.


8. Hindari Mandi dengan Air Hangat Terlalu Sering

Tak bisa kita pungkiri mandi menggunakan air hangat merupakan suatu kegiatan yang amat menyenangkan. Akan tetapi, hal tersebut patut kamu waspadai jangan sampai kamu mandi mengenakan air hangat terlalu lama dan sering, ya.

Pasalnya kegiatan mandi memakai air hangat terlalu lama dan sering memang mengasyikkan, hanya saja kegiatan tersebut justru tidak baik bagi kesehatan dan bisa menjadi salah satu penyebab kulit mudah kering.

Maka dari itu, ketika mandi menggunakan air hangat gunakan secukupnya dan seperlunya saja, supaya kesehatan kulit mu senantiasa tetap terjaga dan kulit wajah kering tidak muncul kembali.


****


Jadi itulah pembahasan mengenai cara mengatasi kulit wajah kering yang dapat kalian lakukan sendiri di rumah dengan mudah.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar kesehatan hanya di BlogDaffa.com, ya!