Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tanaman Pembawa Kekayaan Menurut Islam. Tercantum Di Al-Qur’an!

Sebenarnya ada gak sih, tanaman pembawa kekayaan menurut Islam? Perlu kalian ketahui bahwasanya dalam ajaran agama Islam tidak mengenal hal-hal semacam itu, semua itu tergantung dari tiap usaha manusia itu sendiri dan Rida Allah SWT.

Di dunia ini tidak ada yang diciptakan tanpa manfaat, sebab setiap apa yang tercipta mempunyai arti hidup masing-masing.

Dalam kitab suci Al-Qur'an tercantum ada beberapa jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Hal tersebut juga telah dibenarkan melalui serangkaian penelitian modern yang pernah dilakukan bahwa tanaman-tanaman yang disebutkan dalam Al-Qur'an memang betul kaya akan manfaatnya.

Oleh sebab itu, tak jarang tanaman-tanaman tersebut menjadi sebuah komoditas jual beli untuk meraih kekayaan.

Apakah kamu ingin tahu apa saja jenis tanaman yang mampu mendatangkan kekayaan karena memiliki banyak manfaat?

Yuk, simak daftar tanaman pembawa kekayaan menurut Islam berikut ini!


Tanaman Pembawa Kekayaan Menurut Islam

Tanaman Pembawa Kekayaan Menurut Islam


1. Buah Tin

Buah tin tanaman pembawa kekayaan menurut Islam

"Demi buah Tin dan buah Zaitun". [QS. At-Tin:1]

Tanaman pembawa kekayaan dalam Islam yang pertama ialah pohon buah tin, hal itu karena tanaman ini sudah disebutkan khusus dalam Al-Qur'an.

Tanaman tin, atau dengan nama latin tergolong tanaman yang populer di kalangan umat Islam lantaran mengandung banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Oleh sebab itu, tak ayal apabila buah tin begitu populer dikalangan masyarakat dan sudah banyak orang yang membudidayakan tanaman ini dengan tujuan komersil.

Pasalnya, buah tin termasuk jenis buah yang memiliki harga jual tinggi, loh!


2. Zaitun

Buah zaitun termasuk tanaman pembawa kekayaan menurut Islam

Siapa sangka selain buah tin, ternyata buah zaitun juga masuk dalam jenis tanaman pembawa kekayaan menurut Islam yang begitu sering disebut berulang-ulang kali dalam Al-Qur'an.

Berbicara soal manfaat, buah zaitun sejak zaman dahulu sudah masyhur dianggap sebagai tanaman yang membawa banyak manfaat.

Bahkan salah satu manfaat buah zaitun yang sangat populer yakni diklaim sangat efektif dalam mencegah kanker dan penuaan dini.

Karena faktor sebutlah yang menjadikan zaitun menjadi sebuah komoditas jual beli yang sangat besar; mulai harga jual bibit zaitun, buah, bahkan hasil olahannya mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.


3. Kurma

Kurma adalah tanaman pembawa kekayaan menurut Islam

Bisa dikatakan tanaman kurma memiliki peran penting dalam sejarah panjang perjalanan agama Islam dan buah kurma begitu populer sebagai menu takjil di kala berbuka puasa.

Buah kurma sendiri banyak dibudidayakan di wilayah timur tengah, Selain itu ada banyak jenis kurma yang di ekspor ke Indonesia demi memenuhi kebutuhan dikala bulan ramadhan tiba.

Meski demikian, di Indonesia sendiri sudah banyak orang yang berhasil membudidayakan tanaman kurma yang sudah terbukti sudah berhasil tumbuh dan menghasilkan buah.

Hanya saja, kuantitas dari buah kurma yang dibudidayakan di Indonesia tak sebanyak yang ditanam di daerah Timur Tengah.


4. Anggur

Anggur merupakan tanaman pembawa kekayaan menurut Islam

Apakah kamu sudah tahu bahwasanya buah anggur banyak diriwayatkan dalam Al-Qur'an?

Dalam riwayat disebutkan bahwa buah anggur merupakan salah satu buah kesukaan Rasullullah karena mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat buah anggur antara lain seperti menyehatkan jantung, menjaga kesehatan mata, mengurangi resiko kanker, bahkan diklaim mampu menyehatkan otak kita, loh!

Selain kaya akan manfaat, buah anggur juga banyak peminatnya, dan juga ada banyak jenis buah anggur yang bisa kalian temukan dipasaran.

Beberapa jenis buah anggur yang bisa kita dapatkan dipasaran juga memiliki nilai jual yang terbilang tinggi, loh!


5. Pisang

Pisang merupakan tanaman pembawa kekayaan menurut Islam

Tentunya kita semua sudah sangat familiar dengan buah pisang, kan? Buah yang bisa dimakan secara langsung dan bisa juga diolah menjadi berbagai macam jenis hidangan lezat. Karena faktor tersebut yang menjadikan buah pisang tinggi akan peminatnya.

Tak hanya terletak pada bagian buahnya, siapa sangka bagian daun, dan jantung pisang ternyata juga memiliki nilai jual, loh!

Menurut penelitian buah pisang merupakan sumber gizi yang hampir sempurna sebab di dalam buah pisang terkandung enam nutrisi penting, yaitu: air, gula, vitamin, protein, lemak, dan mineral.

Selain buahnya yang kaya akan manfaat, pohon pisang juga dipercaya sebagai tanaman pembawa hoki, karena ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari tanaman satu ini.


6. Delima

Delima merupakan tanaman pembawa kekayaan menurut Islam

Buah delima termasuk salah satu tanaman pembawa berkah yang disebutkan di dalam Al-Qur'an karena menyimpan segudang manfaat.

Manfaat buah delima sendiri cukup luas karena tak hanya mencakup kesehatan saja, melainkan buah delima bisa dimanfaatkan dalam bidang kecantikan.

Oleh karena itu, tak ayal apabila dipasaran buah delima memiliki permintaan pasar yang tinggi, ya!

Sedangkan untuk harga yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah, tergantung dari kualitas buah delima itu sendiri.


7. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah dan putih

Bawang merah dan putih merupakan bumbu dapur yang memiliki harga jual sering naik turun alias tidak stabil, namun sekali harganya naik pasti harganya sangat mahal.

Kedua bumbu tersebut merupakan komponen paling utama dalam semua hidangan yang disajikan agar terasa nikmat dan lezat.

Selain memiliki peran krusial dalam setiap menu masakan, bawang merah dan bawang putih juga menyimpan banyak manfaat, loh!

Meski memiliki nilai jual yang tidak stabil, budidaya bawang merah dan putih bisa dikatakan tidak akan pernah mati. Hal ini karena kebutuhan masyarakat akan bawang sangatlah tinggi.


8. Bidara

Bidara merupakan tanaman pembawa kekayaan menurut Islam

Pohon bidara merupakan salah satu tanaman yang tercantum di dalam Al-Qur'an tepatnya pada surat Al-Waqi'ah ayat 28.

Bagian dari tanaman Bidara yang paling sering diambil sebagai obat herbal ialah bagian daunnya yang dianggap ampuh dalam mengatasi berbagai macam jenis gangguan kesehatan.

Daun Bidara dinilai mampu mengeringkan luka bagi penderita diabetes. Hal itu karena daun Bidara efektif dalam membantu mempercepat penyembuhan luka, meredakan wasir, meredakan gangguan pada lambung, bahkan juga efektif dalam membantu mengobati keputihan.


9. Kacang Adas

Kacang Adas termasuk tanaman pembawa kekayaan menurut Islam

Tak hanya identik dengan oleh-oleh tanah suci, siapa sangka kacang Adas juga tercantum dalam surat Al Baqarah ayat 61 sebagai salah satu tanaman pembawa keberuntungan.

Mungkin diantara kita belum banyak yang mengetahui sejarah panjang kacang Adas ini di dalam agama Islam dan seringkali disebut sebagai salah satu jenis makanan yang paling dibenci oleh kaum Yahudi.

Terlepas dari itu semua, ternyata kacang Adas termasuk jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.


***


Jadi itulah pembahasan mengenai jenis-jenis tanaman pembawa keberuntungan yang ada di dalam Al-Qur'an.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar tanaman hias hanya di BlogDaffa.com, ya!