Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Herbisida Alami untuk Membasmi Gulma di Sekitar Tanaman

Gulma atau tanaman liar yang tidak kalian inginkan keberadaannya seringkali tumbuh secara tiba-tiba. Umumnya tanaman liar ini akan tumbuh di sela-sela paving block atau tumbuh tepat di dekat tanaman buah atau sayuran yang kalian budidayakan. Jangan biarkan mereka tumbuh dan merajalela, maka dari itu usir keberadaan tanaman liar memakai herbisida alami di bawah ini!

Perlu sahabat semua ketahui bahwasanya membiarkan gulma tumbuh di pekarangan rumah berpotensi besar untuk merusak keindahan hunian milikmu.

Selain dapat merusak keindahan dari rumah, gulma sendiri juga bisa mengganggu tanaman yang dibudidayakan sehingga tanaman buah dan sayuran yang kamu pelihara akan gagal panen karena nutrisi pada tanah secara terus menerus di sedot oleh gulma tersebut.

Tentunya tidak akan ada orang yang menginginkan hal tersebut menimpa kita bukan?

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, kamu bisa menghilangkan gulma tersebut menggunakan herbisida.

Pembasmi gulma atau kerap disebut dengan herbicide merupakan senyawa yang umumnya kerap digunakan di bidang pertanian dengan skala besar.

Meskipun demikian, kamu juga bisa membuat pembasmi gulma dengan mudah dan simpel menggunakan bahan alami yang dapat kalian temukan di rumah. Berikut adalah bahan-bahannya.


Jenis Herbisida Alami untuk Mengusir Gulma

Jenis Herbisida Alami untuk Mengusir Gulma


1. Air Mendidih adalah Herbisida Alami

Air Mendidih adalah Herbisida Alami

Ternyata gulma bisa kalian basmi dengan cara yang sangat mudah, loh! Bahkan bahan yang dibutuhkan juga sangat simpel dan mudah untuk kalian dapatkan, yaitu air bening.

Cara membasmi gulma menggunakan air bening yakni dengan cara merebus air tersebut sampai mendidih. Selanjutnya tuangkan air mendidih tersebut tepat pada gulma yang keberadaannya mengganggu secara perlahan-lahan.

Pastikan saat menyiram gulma menggunakan air panas dilakukan dengan hati-hati ya, jangan sampai air tersebut mengenai anggota tubuhmu.

Biasanya gulma yang sudah disiram menggunakan air panas keesokan harinya akan mati, kamu hanya perlu mencabutnya dan membersihkan bidang tanah yang menganga karena bekas gulma.


2. Soda Kue

Soda kue adalah herbisida alami untuk membasmi gulma

Tentu kalian pernah mendengar pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

Oleh karena itu, supaya gulma tidak tumbuh di pekarangan rumah, silahkan taburkan soda kue di sela-sela paving block.

Selain itu, kamu juga bisa menaburkan soda kue disela-sela media tanam pada tumbuhan yang tengah berbuah ataupun sedang berbunga.

Lalu, bagaimana jika gulma tersebut sudah terlanjur tumbuh? Tenang, kamu tidak perlu khawatir sebab soda kue ini bisa kalian fungsikan sebagai herbisida alami yang sangat ampuh, kok!

Caranya cukup taburkan satu sendok makan soda kue tepat di atas gulma.

Pastikan bagian daun serta batang dari tanaman liar tersebut terkena bubuk soda kue ya, dengan demikian tumbuhan liar ini akan segera layu dan bisa kalian cabut lalu buang.


3. Garam Meja

Garam meja adalah herbisida alami untuk memberantas gulma

Biasanya tanaman liar yang tumbuh di sekitar rumah sangat sulit untuk ditaklukkan, akan tetapi berkat bantuan dari garam meja hal tersebut menjadi sangat mudah untuk kalian taklukkan.

Caranya cukup taburkan garam meja secara langsung tepat mengenai gulma tersebut.

Atau kamu juga bisa menggunakan metode alternatif lain yakni dengan cara melarutkan satu cangkir garam dengan dua cangkir air.

Selanjutnya masukan larutan garam ke botol semprot dan voila, dengan demikian herbisida simpel sudah berhasil kalian miliki.


4. Tepung Jagung

Tepung jagung adalah herbisida alami untuk mengatasi gulma

Perlu kalian ketahui bahwasanya tepung jagung tidak hanya berfungsi untuk mencegah kemunculan gulma saja, akan tetapi juga sangat sempurna untuk dijadikan sebagai salah satu bahan mematikan bagi tanaman liar.

Cara menggunakan tepung jagung untuk membasmi gulma tak jauh berbeda dengan penggunaan garam meja dan soda kue, yakni dengan menaburkannya secara langsung tepat di atas permukaan gulma.

Tepung jagung tidak hanya efisien untuk mematikan laju pertumbuhan gulma, melainkan ia juga berguna membunuh gulma dengan cepat.


5. Cuka Putih

Cuka putih bisa dijadikan sebagai herbisida alami untuk memberantas gulma

Mungkin diantara kita tidak pernah menduga jika cuka putih ataupun cuka apel juga bisa digunakan sebagai herbisida untuk mengusir keberadaan gulma atau tanaman liar yang tumbuh di pekarangan rumah.

Cara menggunakan cuka putih atau cuka apel untuk membasmi gulma yakni dengan menyemprotkan cuka tersebut tepat di bagian tengah tanaman liar.

Lakukan kegiatan tersebut secara berulang sampai tanaman liar yang tidak diinginkan keberadaannya mati.

Ketika menyemprotkan cuka pada tanaman liar harus dilakukan dengan hati-hati, sebab kadar asam di dalam cuka juga berpotensi dapat mematikan bunga ataupun tanaman yang kalian tanam di kebun.


6. Koran Bekas

Koran bekas adalah herbisida alami untuk membasmi gulma

Khusus buat sahabat yang di rumah memiliki banyak koran bekas yang menumpuk, kalian bisa memanfaatkan koran tersebut untuk membasmi rumput liar secara bertahap, loh!

Cara membasmi gulma menggunakan koran bekas yaitu dengan membasahi koran tersebut menggunakan air, kemudian tutup seluruh permukaan gulma atau tanaman liar hingga tidak mendapatkan akses cahaya sedikitpun.

Kondisi lembab beserta tidak ada paparan cahaya matahari sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan gulma.

Dengan demikian gulma lambat laun akan mengalami kematian, karena tidak bisa melakukan pertumbuhan.


7. Herbisida Alami Buatan

Biasanya herbisida yang digunakan dalam pertanian terbuat dari berbagai macam bahan kimia.

Tentu saja, bahan-bahan kimia tersebut bisa menjadi suatu ancaman tersendiri apabila pemakaiannya mengenai bagian buah ataupun sayuran.

Maka dari itu, apabila kamu tidak ingin mengambil resiko penurunan kualitas buah ataupun sayuran yang dihasilkan akibat terkena bahan kimia, maka tidak ada salahnya jika kamu membuat herbisida menggunakan bahan-bahan alami namun tetap efektif dan ampuh untuk membasmi gulma.

Bahan-bahan alami yang bisa kalian jadikan sebagai herbisida diantaranya seperti cuka, garam, dan sabun cuci piring dicampur menggunakan skala perbandingan sama banyaknya.

Setelah semua bahan-bahan tersebut tercampur merata, kamu bisa menggunakan herbisida tersebut dengan cara menyemprotkan pada gulma yang tumbuh di sekitar rumah ataupun sekitar tanaman yang dibudidayakan.


****


Jadi itulah pembahasan mengenai jenis-jenis herbisida alami yang bisa kalian gunakan untuk membasmi gulma yang ada di sekitar rumah ataupun tanaman.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar tanaman hanya di BlogDaffa.com, ya!