Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tumbuhan di Indonesia yang Kini Keberadaannya Terancam Punah

Diantara jutaan flora yang tumbuh di negeri kita ini, siapa sangka beberapa dari mereka sudah dikategorikan sebagai tumbuhan langka di Indonesia dan keberadaannya terancam mengalami kepunahan, loh! Yuk, simak daftar tumbuhan langka tersebut di bawah ini!

Berita duka ini tak sekedar menjadi perhatian bagi pegiat dan pihak-pihak pemerhati Flora di Indonesia.

Lebih jauhnya, hal ini seharusnya menjadi fokus bersama antara warga negara dan pemerintah.

Pasalnya, flora merupakan salah satu kekayaan alam tak-benda yang wajib kita jaga dan lestarikan bersama-sama.

Terlebih lagi terdapat sejumlah tumbuhan langka di Indonesia yang tidak dapat kalian temukan di wilayah lain di semesta ini, kecuali di negeri kita tercinta ini.

Salah satu tumbuhan langka tersebut adalah bunga Padma raksasa atau yang terkenal dengan nama bunga rafflesia Arnoldi yang sudah tersohor seantero jagad raya.

Selain itu, masih ada beberapa jenis tumbuhan langka di Indonesia yang saat ini statusnya sudah terancam punah dan wajib untuk kita jaga bersama-sama.

Nah, untuk mengetahui apa saja jenis tumbuhan langka yang kini hampir punah, bisa kalian simak selengkapnya disini!


7 Tumbuhan Langka di Indonesia yang Terancam Punah

Tumbuhan Langka di Indonesia yang Terancam Punah


1. Bunga Padma Raksasa (Rafflesia Arnoldi)

Tanaman langka Bunga Padma Raksasa

Tumbuhan langka di Indonesia yang menduduki peringkat pertama dari daftar tumbuhan terancam punah ialah bunga Padma raksasa atau bunga Rafflesia Arnoldi.

Ciri khas yang paling identik dari tumbuhan langka ini yaitu mengeluarkan aroma busuk yang begitu menyengat. Sehingga tak ayal bila tumbuhan satu ini dikenal sebagai bunga bangkai.

Karena dianugerahi ukurannya yang begitu besar dengan diameter mencapai 1 meter dan bobot seberat 10 kilogram, membuatnya sangat terkenal di seluruh penjuru dunia.


2. Edelweis Jawa (Anaphalis javanic)

Tumbuhan langka Edelweis Jawa

Tumbuhan selanjutnya yang masuk dalam kategori tumbuhan langka di Indonesia yaitu Edelweis Jawa atau bunga Senduro.

Habitat asli dari bunga ini terletak di sekitar pegunungan pulau Jawa, biasanya mereka akan tumbuh dan berkembang setelah terjadinya erupsi dari gunung berapi.

Diketahui populasi dari bunga Senduro kian kritis akibat aksi usil para pendaki gunung yang gemar memetik bunga ini untuk dijadikan sebagai hadiah.

Untuk saat ini, keberadaan dari bunga edelweis Jawa ini hanya ada tersisa di Gunung Papandayan, Gunung Gede, Gunung Pangrango, dan Gunung Rinjani.


3. Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum)

Tumbuhan langka Bunga Bangkai

Tak hanya bunga Padma raksasa saja, ada spesies bunga lain yang mendapatkan julukan sebagai bunga bangkai yakni bunga dengan nama latin  Amorphophallus titanum.

Meski sama-sama mendapat predikat sebagai bunga bangkai, faktanya keduanya memiliki bentuk yang berbeda dari bunga Padma raksasa.

Bunga bangkai Amorphophallus titanum sendiri memiliki bentuk bunga yang tumbuh menjulang ke atas bahkan bisa mencapai 4 meter.

Untuk habitat aslinya bunga bangkai ini berasal dari Sumatera, namun untuk saat ini sudah banyak dilestarikan dan salah satu tempat yang digunakan untuk melestarikannya berada di Taman Hutan Raya Ir. Djuanda, Bandung.


4. Pohon Damar (Agathis dammara)

Pohon damar adalah tumbuhan langka di Indonesia

Pohon damar juga masuk dalam kategori tumbuhan langka di Indonesia yang keberadaannya sudah semakin terancam punah akibat eksploitasi besar-besaran.

Tumbuhan damar ini mampu tumbuh dengan ketinggian mencapai 60 meter Ini, tak hanya bisa dimanfaatkan kayunya saja, namun getahnya juga kerap diambil sebagai bahan baku pembuatan kopal.

Salah satu hal paling unik dari pohon ini ialah mempunyai sebutan atau penamaan yang berbeda setiap daerahnya, misalnya Pohon Salo (Ternate), Pohon Ki Damar (Sunda), Pohon Dayungon (Samar), dan pohon Kisi (Buru).


5. Kantong Semar (Nepenthes)

Kantong Semar adalah tumbuhan langka di Indonesia

Tumbuhan langka di Indonesia selanjutnya yang sudah tersohor sedunia karena memiliki keunikan tersendiri, adalah kantong Semar.

Kantong Semar dianggap sangat unik berkat kemampuannya yang mampu memangsa serangga seperti lalat, lebah, dan kumbang.

Hanya saja, keberadaan tanaman unik sudah sangat langka, sehingga memerlukan upaya ekstra untuk menjaganya tetap lestari.


6. Pohon Ulin (Eusideroxylon zwageri teijsm & binn)

Pohon Ulin termasuk tumbuhan langka di Indonesia

Pohon Ulin atau terkenal dengan sebutan pohon Bulian atau kayu besi merupakan tanaman khas Indonesia tepatnya di pulau Kalimantan.

Kayu Ulin sendiri kerap digunakan sebagai bahan konstruksi, misalnya seperti rumah, jembatan, atau bahkan kapal laut. Karena memiliki kualitas yang sangat baik dan tahan air.

Karena memiliki banyak ragam kegunaan, membuat keberadaan pohon ini sangat sedikit, bahkan mulai dimasukkan dalam daftar tumbuhan langka di Indonesia yang wajib segera dilestarikan.


7. Pohon Anggrek Tebu (Grammatophllum speciosum)

Pohon Anggrek Tebu termasuk flora langka di Indonesia

Bahkan bunga hias seperti anggrek tebu, siapa sangka juga masuk dalam daftar tumbuhan langka di Indonesia yang harus dilestarikan keberadaannya.

Anggrek tebu sendiri ternyata masih satu famili dengan keluarga anggrek yang paling besar dan bahkan untuk bobot 1 bunganya bahkan ada yang mencapai satu ton, loh!

Karena keberadaannya yang sangatlah langka, bunga anggrek tebu kini sudah ditetapkan oleh pemerintah sebagai tanaman langka dan dilindungi.


***


Jadi itulah beberapa informasi jenis-jenis tumbuhan langka di Indonesia yang perlu kalian ketahui.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar tanaman hanya di BlogDaffa.com, ya!