Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tema Aquascape yang Sangat Menakjubkan untuk Mempercantik Ruangan!

Aquascape merupakan suatu hobi yang tengah naik daun dikalangan pecinta ikan hias. Tingkat kesulitan dan kerumitan yang menantang membuat banyak orang merasa tertantang untuk mengasah serta menguji keahliannya dalam membuat aquascape di rumah. Seiring berjalannya waktu membuat banyak sekali tema aquascape yang berhasil disajikan, bukan suatu yang aneh apabila banyak orang yang terpesona terbuai oleh kecantikan serta keindahannya. Pasalnya hobi ini mampu menciptakan karya seni yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai dekorasi ruangan.

Pada dasarnya, konsep pembuatan aquascape sendiri terdiri dari:

  • Natural
  • Iwagumi
  • Dutch Style

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin banyak peminatnya, membuat aquascape mengalami pecahan aliran yang mampu menyajikan tampilan tak kalah menarik dari konsep dasar pembuatan aquascape.

Apabila kamu tertarik menghias rumah dengan gaya yang tak biasa, maka kamu bisa menciptakan aquascape dengan tema seperti berikut ini!


Tema Aquascape Terbaik untuk Dekorasi Ruangan

Tema Aquascape Terbaik untuk Dekorasi Ruangan


1. Tema Natural (Japanese Style)

Tema aquascape Natural (Japanese Style)

Tema natural atau Japanese Style awal mula dikenalkan oleh sang maestro aquascape dari negara Jepang, yaitu Takashi Amano, pada tahun 1990-an.

Karena kecintaannya terhadap komposisi berkebun ala Jepang membuatnya merasa tertantang untuk mengaplikasikannya ke dalam akuarium.

Ciri khas paling identik dari aquascape yang menerapkan tema ini ialah mengatur tanaman air supaya lebih sedikit dan asimetris serta pemilihan kayu apung dan batu aquascape yang sangat selektif.

Dapat disimpulkan tema aquascape ini sangat mengedepankan gelombang (landscape) pada tampilan akuarium.


2. Dutch Style

Tema Aquascape Dutch Style

Dutch Style merupakan tema aquascape yang lebih fokus dalam menampilkan keberagaman tanaman, warna daun, ukuran serta tekstur di dalam akuarium.

Apabila kalian amati secara teliti, akan tampak bahwa tema aquascape ini mencoba untuk meniru sebuah taman bunga yang ada di daratan.

Tema aquascape ini dikembangkan sejak tahun 1930-an, hal paling mencolok dari tema ini yaitu tanaman paling belakang jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan yang di depan.

Selain itu, ada pula yang mendesain aquascape dengan tema ini namun mereplikasi jalanan Belanda, yaitu bagian sisi kanan dan kiri dipenuhi dengan berbagai macam tanaman aquascape.

Ciri khas paling mencolok dari aquascape Dutch Style yaitu umumnya tank berisi 80% tanaman.


3. Tema Aquascape Biotop

Tema Aquascape Biotop

Tema aquascape biotop mempunyai konsep jauh lebih sederhana dan mudah untuk dibuat bila dibandingkan dengan tema aquascape lainnya.

Pasalnya, dalam proses pembuatan aquascape dengan tema biotop tidak ada aturan baku dalam menata hardscape.

Sehingga kamu akan merasa lebih leluasa dalam menciptakan aquascape sesuai dengan kondisi lingkungan yang akan kamu tiru, termasuk  flora dan faunanya.


4. Tema Tebing

Aquascape Tema Tebing

Pada dasarnya tema tebing merupakan turunan dari gaya nature.

Untuk membuat aquascape dengan gaya tebing kamu dapat meniru kondisi alam, entah itu pegunungan, bukit, atau bahkan tebing.

Nah, bagi kamu yang ingin meningkatkan nilai seni dan keindahan dari tema ini, maka kamu bisa menambahkan air terjun agar tampilan aquascape milikmu menjadi lebih hidup.

Tema aquascape satu ini terkonsentrasi pada tata letak hardscape bebatuan yang diimbuhkan sedikit sentuhan elemen hijau dan kayu aquascape untuk menciptakan lembah.


5. Tema Sungai

Aquascape Tema Sungai

Tak hanya panorama pegunungan saja, siapa sangka sungai juga bisa kalian adaptasi sebagai salah satu tema aquascape yang tak kalah menarik, loh!

Biasanya dalam pembuatan aquascape ini akan mengusung pemandangan dari sebuah sungai yang ditempatkan di bagian tengah akuarium, dan diapit oleh pepohonan yang mampu menyajikan pemandangan yang sangat alami.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mengusung tema aquascape ini, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu komposisi serta peletakan sungai secara matang agar tampilan yang dihasilkan dapat sempurna.


***


Jadi itulah beberapa rekomendasi tema aquascape yang mampu mempercantik ruangan di rumah.

Selain tema yang sudah kami sebutkan di atas, masih ada beberapa jenis tema aquascape yang bisa kalian coba, diantaranya seperti:

  • Tema air terjun
  • Tema aquascape Taiwan
  • Iwagumi, dan
  • Hutan

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar aquascape hanya di BlogDaffa.com, ya!