Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi Daun Tanaman yang Menguning. Segera Atasi Sebelum Bertambah Parah!

Sebenarnya ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan daun tanaman menguning. Namun, kamu tidak usah panik dan bingung terlebih dahulu, ya! Sebab dengan kita mengetahui bagaimana penyebabnya, tentu kita bisa mencegah dan mengatasinya dengan mudah dan cepat.

Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh pecinta tanaman ketika sedang memelihara tanaman hias di rumah yaitu daun tanaman yang menguning.

Nah, apabila hal tersebut terjadi pada tanaman hias milikmu, maka diperlukan perlakuan khusu sesegera mungkin agar daun yang sudah terlanjur menguning tersebut tidak bertambah parah.

Lalu, bagaimana cara mengatasi daun menguning yang tepat?

Untuk mengetahuinya langsung saja simak cara mengatasi daun menguning dan penyebab kenapa daun tanaman menguning berikut ini!


Cara Mengatasi Daun Tanaman Menguning

Cara Mengatasi Daun Tanaman Menguning


1. Siram Tanaman dengan Teratur

Rajin Disiram Secara Rutin

Biasanya tanaman yang daunnya menguning disebabkan karena kekurangan asupan air alias dehidrasi.

Pasalnya, ketika air yang terkandung di dalam tanah tidak ada, hal tersebut bisa mengakibatkan tanaman kesulitan dalam mengakumulasi nutrisi yang diperlukan saat proses fotosintesis berlangsung.

Hal tersebut sudah dituturkan oleh ahli hortikultura dan ahli botani asal Amerika serikat, yaitu Andrew Gaumond.

"Akibat dari ini adalah tanaman akan kekurangan klorofil yang menyebabkan daun menjadi menguning", kata Andrew kepada Fox News.

Nah, untuk mengatasi masalah daun menguning pada tanaman disarankan untuk menyiram tanaman secara teratur, misalnya tiap pagi dan sore hari.

Adapun untuk mengetahui apakah tanaman tersebut sedang mengalami kekurangan air atau tidak bisa dilakukan dengan cara memeriksa tanah yang digunakan sebagai media tanam.

Ketika kamu mengorek tanah hingga beberapa cm, namun yang ditemukan hanya ada tanah dalam kondisi kering, itu menandakan bahwa tanaman mengalami kekeringan dan harus segera disiram.


2. Letakkan di Area yang Terpapar Sinar Matahari

Cara Merawat Tanaman dengan Memenuhi Kebutuhan Cahaya

Penyebab lain daun tanaman menguning yakni kekurangan asupan sinar matahari.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ahli hortikultura asal Amerika Serikat, Katie Williams, merekomendasikan untuk menempatkan tanaman di area yang terpapar sinar matahari.

"Pindahkan tanaman yang membutuhkan lebih banyak sinar matahari lebih dekat dengan jendela", tutur Williams kepada Fox News.

Akan tetapi, jika kondisi rumah tidak mempunyai banyak jendela atau lokasi jendela dirasakan kurang sesuai untuk menaruh tanaman, solusinya kamu bisa meletakkan tanaman di dekat area yang terkena sinar lampu LED.


3. Atur Kelembapan Udara

Cara Merawat Tanaman dengan Memastikan Suhu

Perlu kalian ketahui bahwasanya terdapat banyak sekali tanaman hias yang begitu menyukai lingkungan dengan kondisi lembap.

Pasalnya, kondisi lingkungan yang terlalu kering ataupun panas bisa mengakibatkan daun tanaman menguning.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, Andrew Gaumond menyarankan untuk menjaga serta meningkatkan kelembapan dengan cara menempatkan sebuah nampan yang terisi air tepat di bagian bawah pot.


4. Mengganti Pot

Ganti Pot

Lalu, bagaimana cara mengatasi daun yang menguning secara tiba-tiba?

Rupanya hal itu bisa menjadi sebuah pertanda bahwa tanaman perlu di repotting atau segera diganti dengan pot yang baru.

"Saat kekurangan nutrisi, daun tanaman juga bisa menguning. Alasannya, karena tanah tidak bisa memberikan nutrisi yang cukup untuk diserap tanaman melalui akar. Jika hal tersebut terjadi, maka repotting merupakan solusi terbaik", ungkap ahli kebun asal Amerika serikat, Julie Bawden-Davis.

Akan tetapi, jika setelah melakukan pergantian pot namun daun tanaman masih menguning, Julie merekomendasikan sementara untuk menghindari pemupukan supaya tanaman dapat beradaptasi dengan media tanam yang baru.


Penyebab Daun Tanaman Menguning

Penyebab Daun Tanaman Menguning


1. Masalah dengan Kelembapan

Penyebab paling umum dan sering dijumpai pada daun tanaman yang menguning adalah overwatering atau underwatering.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi tanah pada tanaman apakah dalam keadaan sudah kering ataupun masih lembab sebelum memutuskan untuk kembali menyiram tanaman. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari daun tanaman menguning.

Namun, jika tanaman tidak mendapatkan suplai air yang cukup, biasanya daun mulai berjatuhan untuk mencegah transpirasi.

Sebelum hal itu terjadi, umumnya daun tanaman terlihat menguning terlebih dahulu.

Untuk mengatasi masalah daun tanaman menguning yang diakibatkan kekurangan air, maka kamu perlu membuat sebuah jadwal penyiraman yang sesuai dengan karakter tanaman hias milikmu.


2. Suhu yang Dingin

Salah satu penyebab daun menguning dan rontok pada tanaman tropis bisa diakibatkan oleh hembusan angin yang dingin.

Tentu hal ini berbeda ketika tanaman hias terkena musim dingin intens dalam waktu yang singkat.

Sebab musim dingin yang menerpa tanaman hias tersebut berpotensi membuat daun menjadi berwarna kecokelatan atau bintik-bintik transparan di antara Vena.


3. Kurang atau Kelebihan Pencahayaan

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, bahwasanya tanaman yang kekurangan asupan sinar matahari bisa mengakibatkan daun tanaman menjadi kuning.

Namun, ada pula daun tanaman yang menguning akibat terlalu sering terkena paparan sinar matahari.

Oleh sebab itu, penting rasanya untuk mengenali karakteristik setiap tanaman yang kamu miliki di rumah, apakah tanaman tersebut termasuk jenis yang menyukai kelembaban atau tanaman tahan panas.


4. Tanaman Kekurangan Asupan Nutrisi

Sama halnya dengan kita, tanaman juga memerlukan asupan nutrisi untuk menjaga kelangsungan hidup mereka.

Pasalnya, tanaman yang kekurangan magnesium berpotensi daunnya menguning dan rontok.


5. Sedang Beradaptasi

Tanaman yang baru saja ditanam atau masih baru tinggal di rumah, biasanya mereka membutuhkan waktu untuk beradaptasi terhadap lingkungan yang baru.

Ketika tanaman sedang beradaptasi terhadap lingkungan yang baru, wajar jika daunnya menguning. Hal tersebut menandakan tanaman sedang stres.

Untuk mengantisipasi, pastikan tanaman mendapatkan asupan sinar matahari dan air yang cukup untuk membantu menghilangkan stres pada tanaman.


***


Itulah beberapa cara mengatasi daun tanaman menguning lengkap dengan cara mengatasinya.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar tanaman hias hanya di BlogDaffa.com, ya!