Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Macam Macam Bunga Cantik untuk Dekorasi Halaman Rumah

Tak sedikit orang yang memanfaatkan macam-macam bunga untuk menghias kebun, taman, dan tempat lainnya. Apakah kamu juga tertarik untuk melakukan hal yang sama terhadap pekarangan rumah mu yang masih kosong?  Jika ayo, maksimal tampilan dan keindahan halaman rumahmu menggunakan jenis kembang berikut ini!

Menurutmu apa yang kamu rasakan ketika sedang menatap halaman depan atau belakang rumah yang masih kosong?

Tentu, kesan pertama ialah perasaan hampa dan membosankan, bukan?

Sebenarnya ada berbagai metode untuk mengisi pekarangan rumah agar tampil cantik dan tidak membosankan dengan cara yang sangat elegan.

Salah satu metode tersebut yang kini tengah populer yakni dengan meletakan tanaman hias dan macam-macam bunga.

Nah, untuk mendapatkan tampilan halaman rumah yang estetik, ada berbagai macam-macam bunga yang cocok dan tepat untuk mewujudkannya.

Sebab, macam-macam bunga tersebut dipercaya memiliki nilai estetika serta fungsi yang beragam.

Mulai dari yang hanya berfungsi sebagai tanaman hias, apotek hidup, dan ada juga yang dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan bagi pemilik rumah.

Dari berbagai macam bunga tersebut, kamu bisa menatanya sedemikian rupa. Sehingga kamu akan memperoleh tampilan halaman yang cantik dan mampu menyita perhatian bagi siapapun yang melihatnya.

Macam macam bunga cantik yang bisa kalian tanam di halaman rumah diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Melati
  2. Petunia
  3. Kembang sepatu
  4. Bougenville
  5. Pentas
  6. Anggrek
  7. Teratai
  8. Tulip
  9. Iris, dan
  10. Mawar

Nah, untuk tahu lebih detail, silahkan simak penjelasan berikut ini!


10 Macam Macam Bunga Cantik untuk Dekorasi Rumah

Macam Macam Bunga Cantik untuk Dekorasi Rumah


1. Melati

Macam macam bunga melati

Melati merupakan macam macam bunga cantik untuk menghias halaman rumah yang terdiri dari 200 spesies yang ada di dunia ini.

Bunga melati sendiri merupakan tumbuhan asli dari daerah yang beriklim tropis dan hangat seperti Eurasia, Australia dan Oseania yang berumur panjang.

Salah satu alasan yang menjadikan bunga melati banyak dibudidayakan tak lain karena memiliki bunga berwarna putih yang tampak cantik dengan aroma wangi yang semerbak.

Di Indonesia sendiri bunga melati sudah ditetapkan sebagai salah satu jenis bunga nasional karena bunga hias satu ini melambangkan kesucian serta kemurnian.

Tak cukup sampai disitu saja, keberadaan bunga melati di tanah air seringkali dikaitkan dengan beragam tradisi dari suku di Indonesia.

Adat dan budaya Tanah Air kerap melibatkan bunga melati sebagai hiasan rambut pengantin dalam menjalankan upacara pernikahan, tradisi tersebut biasanya digunakan oleh suku Jawa dan Sunda.

Jenis bunga melati yang paling banyak ditanam di halaman rumah adalah Jasminum Sambac.

Perlu kalian ketahui hampir semua jenis bunga melati memerlukan sinar matahari penuh setiap harinya.

Oleh karena itu, pastikan kondisi pekarangan rumah mu tetap mendapatkan penyinaran yang baik, ya! Agar melati milikmu dapat tumbuh baik dan subur.

Untuk menanam melati di pekarangan rumah kamu harus menyiapkan tanah dalam kondisi yang gembur dan diberi pupuk kompos.

Sedangkan untuk cara memperbanyak melati juga sangat mudah, loh!

Sebab kamu hanya perlu memotong bagian batang tanaman melati untuk ditanam pada sebidang tanah yang sekitarnya sudah ditaburi pupuk kompos.

Selain itu, stek batang melati bisa kalian tanam menggunakan pot.

Manfaat melati diantaranya seringkali digunakan sebagai bunga tabur, bahan baku industri: minyak wangi, kosmetik, parfum, farmasi.

Selain itu melati bisa dimanfaatkan sebagai bahan campuran teh, sehingga teh yang dihasilkan menjadi lebih harum seperti kebanyakan teh melati yang populer di Indonesia.

Aromanya itu loh! Sangat harum dan menenangkan...


2. Petunia

Macam macam bunga petunia

Petunia merupakan salah satu macam bunga hias cantik yang berasal dari Amerika Selatan dengan ciri fisik mampu tumbuh antara 16 - 30 cm, pada bagian bunganya petunia ada yang bermahkota tunggal dan ada pula yang bermahkota ganda.

Sedangkan untuk warna bunga petunia sendiri cukup beragam mulai dari warna merah, putih, kuning pucat, biru, hingga ungu tua.

Bunga petunia sendiri memiliki cabang yang banyak, hanya saja cabang tersebut sangatlah lemah. Bahkan petunia sendiri juga tidak mampu tumbuh dengan tegak, loh!

Ciri khas dari daun petunia yaitu tumbuh secara berhadap-hadapan dan ditumbuhi bulu-bulu yang sangat halus di setiap permukaan daunnya. Sedangkan untuk tangkai daunnya terbilang pendek, sebab tangkai tersebut hanya dapat tumbuh antara 5 - 10 cm dengan lebar kurang lebih 4 - 6 cm.

Petunia dapat tumbuh dengan baik di halaman rumah mu, asalkan kondisi tanah pekarangan rumah mu itu subur dan kaya akan kandungan air serta mendapatkan penyinaran matahari secara penuh setiap harinya.

Hanya saja bila dibandingkan dengan macam macam bunga hias lainnya petunia mempunyai umur yang sangat pendek.

Oleh karena itu waktu berbunga dari tanaman petunia hanya ada satu kali sepanjang hidupnya.

Setelah masa pembuangannya habis, maka kamu harus mengganti tanaman dengan yang baru agar halaman rumah mu kembali tampil cantik berkat bunga-bunga indah yang bermekaran.

Meski terbilang cukup merepotkan, jangan pernah mengurungkan niatmu untuk memelihara petunia di halaman rumah.

Sebab proses penggantian tanaman baru sangatlah mudah, kok!

Hanya perlu menyemaikan benih petunia saja, kamu sudah bisa memperoleh bibit petunia yang baru untuk menggantikan tanaman lama.

Sebagai tanaman hias, petunia bisa kalian tanam langsung di tanah ataupun pot.

Salah satu alasan kenapa banyak orang yang lebih suka menanam petunia dalam pot tak lain karena batangnya yang lemah dan tidak mampu tumbuh dengan tegak.

Sebab, bila ditanam menggunakan pot batang serta daun petunia tidak begitu merambat pada permukaan tanah, terlebih lagi jika permukaan tanahnya digenangi air.

Keindahan dari bunga petunia bisa kalian nikmati sebagai elemen dekorasi taman ataupun tanaman individu di dalam pot.


3. Kembang Sepatu

Macam macam kembang sepatu

Kembang sepatu merupakan salah satu dari macam macam bunga hias yang berasal dari Asia Timur.

Sejak zaman dahulu hingga sekarang, bunga sepatu sangat populer untuk dijadikan sebagai tanaman hias di daerah dengan iklim tropis dan subtropis.

Ciri khas dari kembang sepatu yaitu ukuran bunganya yang besar dan tidak mengeluarkan aroma wangi.

Kembang sepatu seringkali dijuluki sebagai bunga raya oleh penduduk daerah Sumatra dan Malaysia.

Sedangkan untuk suku Jawa sering menyebutnya sebagai bunga wirowari.

Biasanya kembang sepatu dapat tumbuh hingga ketinggian 2 hingga 5 meter dengan daun berbentuk bulat seperti telur dan terlihat runcing pada bagian ujungnya.

Kembang sepatu dapat tumbuh sepanjang tahun untuk daerah dengan iklim tropis atau dalam rumah kaca, sedangkan untuk wilayah yang beriklim subtropis kembang sepatu mulai berbunga dari musim panas hingga musim gugur.

Terlepas dari keindahan yang ditawarkan, siapa sangka banyak sekali manfaat bunga sepatu yang jarang diketahui, loh!

Misalnya seperti di negara India banyak yang menggunakan kembang sepatu untuk menyemir sepatu dan juga digunakan sebagai bunga persembahan.

Sedangkan di Tiongkok kembang sepatu yang memiliki bunga berwarna merah jelas ini kerap digunakan sebagai pewarna makanan alami.

Di Indonesia sendiri selain identik sebagai tanaman hias, daun dan bunga kembang sepatu digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional dengan cara dikeringkan, dan diminum sebagai teh.

Sangat menarik, kan! Selain indah dipandang, ternyata kembang sepatu multi fungsi.

Jadi jika kamu tertarik untuk menanam kembang sepatu di rumah, maka kamu bisa menanamnya kapanpun, karena kita tinggal di negara Indonesia yang beriklim tropis.


4. Bugenvil

Macam macam bunga Bougenville

Bougenville atau sering disebut dengan bunga kertas ini merupakan salah satu dari macam macam bunga hias populer dengan bentuk menyerupai pohon berukuran kecil dan sulit untuk tumbuh dengan tegak.

Salah satu alasan mengapa bugenvil masuk dalam kategori tanaman hias populer tak lain karena memiliki warna serta bentuk yang cantik serta cara merawat Bougenville yang terbilang cukup mudah.

Alasan umum kenapa tanaman bunga ini seringkali disebut sebagai bunga kertas tak lain karena bentuk seludang bunganya tipis-tipis layaknya ciri fisik yang dimiliki kertas.

Selain dapat digunakan sebagai tanaman hias, bugenvil ternyata memiliki fungsi lain seperti hiasan rambut, campuran bunga untuk upacara siraman, dan upacara pemakaman bagi bangsa China dan India.

Keindahan dari bugenvil terletak pada bagian bunganya yang memiliki warna beragam mulai dari warna jingga, merah menyala, merah jambu, merah pucat, kuning, ungu, putih, dan berbagai macam perpaduan warna lainnya.

Apakah sobat sekalian mulai tertarik untuk menanam bugenvil di pot atau pekarangan rumah? Tenang perawatannya sangat mudah, kok!

Faktanya mengenai cara merawat Bougenville tidak membutuhkan waktu yang lama, sebab jenis tanaman hias bunga ini sangat cocok untuk kalian tanam pada kawasan beriklim tropis dan khatulistiwa seperti negara kita Indonesia.

Tanaman hias bunga ini memiliki sulur yang rapat, daun yang lebar dan berbentuk bujur tirus. Berkat karakter terdapat membuat tanaman hias ini mampu membentuk rimbun pokok di kawasan halaman rumah atau bisa juga dimanfaatkan sebagai tanaman pagar untuk menciptakan kawasan yang menarik.

Hanya dengan perawatan yang simpel, seperti penyiraman, dan pemupukan saja sudah mampu mengembalikan kesegaran dari tanaman bunga kertas ini dalam kurun waktu kurang dari dua Minggu.


5. Pentas

Macam macam bunga pentas

Bunga pentas sendiri merupakan kelompok dari macam macam bunga yang ditemukan di wilayah Afrika Selatan, Komoro, Madagaskar, dan Semenanjung Arab.

Bunga pentas juga memiliki daun hijau yang berbulu, dan masuk dalam kelompok bunga dalam nuansa merah, putih, merah muda, serta ungu.

Beberapa spesies bunga pentas sendiri bisa kalian budidayakan dan bisa pula untuk kalian tanam menggunakan pot ataupun keranjang.

Selain itu bunga pentas memiliki tampilan yang amat menawan dan kerap disebut dengan Egyptian star, sebab bentuk bunganya mirip sekali dengan bunga Soka dan bentuk daunnya serupa dengan daun kemangi.

Bunga pentas sangat berbeda dengan macam macam bunga hias pada umumnya yang hanya akan berbunga dalam waktu tertentu, sebab bunga pentas sendiri mampu berbunga sepanjang waktu tanpa mengenal musim.

Bunga pentas merupakan salah satu pilihan bunga terbaik bagi pecinta tanaman hias karena perawatannya yang mudah ditambah dengan bunga yang mampu tumbuh cantik dan tampak rimbun.

Bunga pentas terdiri dari sejumlah bunga-bunga mungil yang bergerombol dengan warna terang dan membentuk bulan setengah lingkaran.

Tak hanya cocok untuk kalian tanam secara langsung di halaman rumah, kamu juga dapat menanamkan pada pot bunga hias.


6. Anggrek

Macam macam bunga anggrek

Anggrek merupakan salah satu suku tumbuhan berbunga dengan jumlah anggota terbanyak.

Jenis-jenis bunga anggrek tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, walaupun sebagian besar anggotanya banyak ditemukan di wilayah tropika.

Umumnya anggrek yang sering ditemukan pada daerah beriklim sedang kebanyakan hidup di tanah serta membentuk umbi sebagai salah satu cara untuk beradaptasi ketika musim dingin melanda.

Pasalnya organ-organ anggrek cenderung tebal dan berdaging (Sukulen), sehingga membuatnya mampu bertahan ketika menghadapi kelangkaan sumber air.

Selain itu, keberadaan bunga anggrek sendiri sangatlah spesial di negara kita, loh!

Pasalnya di Indonesia sendiri sangat kaya akan jenis anggrek, khususnya anggrek eplifit yang tumbuh di kawasan hutan Sumatera sampai dengan Papua.

Pada pertengahan zaman yang lalu, anggrek mempunyai peran penting dalam bidang pengobatan khususnya pengembangan teknik pengobatan memakai tumbuh-tumbuhan.

Sedangkan untuk saat ini, keberadaan bunga anggrek sering difungsikan sebagai tanaman hias semata.


7. Teratai

Macam macam bunga teratai

Teratai adalah jenis tumbuhan yang kerap dijumpai muncul di permukaan air tenang, dengan bunga dan daun yang mencuat keluar di atas permukaan air melalui tangkainya.

Bunga teratai diketahui terdiri dari 50 spesies yang tersebar di wilayah tropis hingga subtropis di seluruh penjuru dunia.

Merujuk pada sejarah zaman Mesir kuno, teratai serta tanaman air lainnya yaitu lotus banyak tumbuh di pinggiran sungai Nil.

Oleh sebab itu, tak ayal apabila bunga teratai serta tanaman air lainnya sangatlah identik dengan kota Piramida tersebut.

Teratai merupakan tanaman air yang unik, sebab ia mampu tumbuh di lingkungan yang kotor, keruh dan berlumpur, meski demikian teratai mampu menghasilkan bunga yang sangat indah dan terlihat begitu cemerlang.

Apabila bunga teratai berwarna putih akan tampak sangat putih, jika merah maka akan terlihat begitu merah, apabila warnanya merah muda maka teratai tersebut akan terlihat terang.

Khusus buat sahabat yang mempunyai kolam di pekarangan rumah, kamu bisa meletakkan bunga teratai di dalamnya untuk menambahkan nilai estetis di dalam kolam tersebut.

Selain menambah keindahan, keberadaan teratai di dalam kolam ikan juga dapat menyokong terbentuknya sebuah ekosistem lainnya seperti kura-kura, ikan dan binatang air lainnya yang hidup di dalam kolam tersebut.

Selain di pekarangan rumah, teratai bisa juga kalian tanam di kebun karena memiliki bunga yang sangat indah.


8. Tulip

Macam macam bunga tulip

Tulip merupakan macam macam bunga yang populer karena memiliki bentuk yang unik dengan beragam warna yang disajikan.

Mulai dari merah terang, dan kuning keunguan yang mendekati warna hitam, tulip merona layaknya pelangi.

Bunga tulip sendiri tersebar luas mulai dari benua Afrika, Asia, bahkan hingga Eropa.

Berdasarkan dari periode, umumnya bunga tulip akan mekar mulai dari awal musim semi hingga awal musim panas.

Sedangkan untuk di Indonesia sendiri, bunga tulip dapat tumbuh dan mekar sepanjang waktu asalkan cuacanya cerah, ya!

Berbincang mengenai jenis tulip berdasarkan warnanya, siapa sangka bunga hias satu bisa digunakan untuk merayakan suatu momen tertentu, loh!

Sebagai contoh misalnya tulip merah sangat cocok untuk acara pernikahan lantaran dapat melambangkan cinta sejati.

Sedangkan untuk bunga tulip warna kuning bisa digunakan sebagai lambang keceriaan tanpa batas.

Oleh karena itu, pilihlah warna dari bunga tulip sesuai momen dan kesukaan mu, ya!


9. Iris

Macam macam bunga iris

Macam macam bunga hias yang populer ialah iris atau dengan nama latin Iris Germanica.

Bunga iris sangat identik dengan warna ungu, mulai dari yang gelap hingga cerah.

Kabarnya, bunga iris ini sangat identik sebagai simbol kebijaksanaan, harapan, dan kesetiaan.

Selain itu, simbol dari bunga iris mampu menyentuh ranah lain, sebagai contoh seni rupa.

Pasalnya salah satu lukisan terkenal karya dari Vincent Van Gogh yang diberi nama "Irises".

Diketahui bunga iris berasal dari daerah Mediterania Timur.

Waktu mekar dari bunga iris umumnya terjadi pada bulan Mei, meski demikian untuk kalian yang menanam bunga ini di Indonesia kamu bisa mengatur kapan waktu pembungaan yang tepat.

Khusus buat sahabat pecinta tanaman hias yang begitu mencintai warna ungu, maka bunga iris bisa jadi pilihan yang tepat, sebab warna tersebut melambangkan keindahan dari rumah yang kalian tempati.


10. Mawar

Macam macam bunga mawar

Siapa sih yang tak kenal dengan bunga mawar? Bunga yang layak mendapatkan predikat sebagai bunga terindah sepanjang masa yang tak pernah tergerus zaman.

Tentu pernyataan di atas bukan tanpa sebab, loh ya! Pasalnya bunga mawar sangat lekat sebagai simbol cinta dan romansa yang diakui seluruh dunia.

Bahkan, bunga mawar juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Perlu kalian ketahui bahwasanya terdapat beragam jenis bunga mawar yang bisa kalian jumpai pada setiap warnanya.

Misalnya seperti mawar klasik hingga mawar taman Juliet yang sangat populer, kamu dapat memilih sesuai dengan selera mu.

Meski terdapat banyak pilihan yang bisa kalian pilih, namun sahabat perlu hati-hati dalam merawat bunga mawar di rumah.

Pasalnya, semakin indah tampilan bunga mawar yang ditawarkan, tentu akan semakin sulit pula metode perawatannya.

Terlebih lagi ada banyak tangan-tangan jahil yang suka memetik bunga mawar tersebut tanpa memikirkan perasaan pemiliknya.

Tentu kita akan merasa sakit hati bila hal itu terjadi, kan?


Cara Merawat Bunga di Halaman Rumah

Cara Merawat Bunga di Halaman Rumah


1. Siram dengan Benar

Ketika sedang menyiram tanaman bunga di halaman rumah, pastikan kamu menyiram tanaman tersebut hingga airnya meluap dan keluar membasahi permukaan tanah sekitar.

Setelah dirasa cukup, hentikan aktivitas menyiram tanaman agar tidak terjadi kelebihan air sehingga dapat membuat tanaman menjadi layu.


2. Harus Terkena Sinar Matahari

Ada beberapa tanaman hias yang sangat bergantung terhadap sinar matahari untuk melakukan fotosintesis dengan baik.

Oleh karena itu, tingkat pencahayaan di halaman perlu kalian perhatikan, mengingat sinar matahari sangat penting untuk menjaga kelangsungan hidup tanaman hias milikmu.


3. Jauhkan Hama dan Penyakit

Tidak bisa dipungkiri kehadiran serangga sangatlah penting, namun perlu kalian ketahui bahwasanya tidak semua jenis serangga akan memberikan dampak yang baik bagi tanaman.

Hal itu karena, tidak semua spesies serangga mampu membantu berlangsungnya proses fotosintesis pada tanaman.

Bahkan ada banyak sekali jenis serangga yang datang menghampiri tanaman namun ujung-ujungnya hanya menjadi parasit saja.

Oleh karena itu, penting rasanya untuk menjauhkan tanaman dari jenis serangga parasit tersebut dengan cara memberikan obat pembasmi hama.

Meski efektif untuk mengusir atau menghalau datangnya serangga parasit, akan tetapi kamu tidak boleh menggunakan obat pembasmi hama secara membabi buta, ya!

Sebab dikhawatirkan dapat mengganggu terhadap kesuburan bunga yang kalian tanam.


4. Potong Ranting Secara Teratur

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa dengan memotong ranting pada tanaman hias akan menghilangkan nilai keindahan serta nilai estetik dari tanaman hias tersebut.

Padahal, kegiatan tersebut sebetulnya sangat perlu untuk diupayakan agar proses pertumbuhan tanaman dapat berlangsung dengan baik dan lancar.


5. Beri Pupuk Alami

Perlu kalian ketahui pupuk alami sangat dibutuhkan oleh tanaman pada fase pertumbuhan.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk memberikan pupuk alami ke dalam tanah, ya!

Salah satu pupuk alami yang bisa kalian coba yaitu pupuk kompos yang sangat baik dalam membantu menggemburkan tanah dan tanaman.


****


Jadi itulah pembahasan mengenai macam macam bunga hias untuk mempercantik halaman rumah lengkap dengan cara merawatnya.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar tanaman hias hanya di BlogDaffa.com, oke!