Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Jenis Tanaman Hias Akar yang Bisa Dijadikan Bonsai

Apakah kamu sedang mencari informasi tentang jenis tanaman hias yang menarik untuk di rawat di rumah? Tak ada salahnya untuk mencoba jenis tanaman hias akar berikut ini!

Perlu kalian ketahui bahwasanya tanaman hias tak melulu soal keindahan kelopak bunganya saja, namun ada juga jenis tanaman hias yang menawarkan keindahan akarnya.

Oleh karena itu, tanaman hias akar merupakan salah satu tanaman yang menonjolkan keindahan pada bagian akarnya.

Biasanya tanaman hias akar ini bisa kalian dapatkan setelah melalui teknik bonsai, yakni sebuah teknik mengerdilkan tanaman supaya mendapatkan miniatur pohon tua seperti di alam.

Nah, bagi kamu yang berniat ingin menambah ragam koleksi tanaman hias di rumah, Tak usah ragu untuk menambahkan jenis tanaman hias satu ini, ya!

Berikut jenis tanaman hias akar yang mampu mempercantik tampilan rumah mu.


6 Jenis Tanaman Hias Akar Bonsai

Jenis Tanaman Hias Akar Bonsai


1. Bonsai Beringin

Cara menanam bonsai beringin

Bonsai beringin merupakan salah satu jenis tanaman hias paling primadona karena tampilannya yang sangat unik.

Meski dalam bentuk mini, bonsai beringin tak jauh berbeda dengan tanaman asli yang ada didalam liar, yaitu memiliki akar gantung yang sangat menarik.

Tak cukup sampai disitu saja, tanaman hias ini juga memiliki akar yang tampak meliuk-liuk dengan nilai seni tinggi. Sehingga harga jualnya sangatlah mahal dipasaran.

Walaupun memiliki tampilan yang indah dan mempesona, akan tetapi tanaman sangat tidak dianjurkan untuk orang awam atau masih pemula dalam merawat tanaman hias.

Hal itu karena, dalam merawat bonsai beringin dibutuhkan perawatan ekstra teliti, telaten dan keahlian supaya mampu menghasilkan bonsai maksimal.


2. Adenium

Bonsai Adenium

Adenium atau seringkali disebut dengan nama Kamboja Jepang ini merupakan salah satu jenis tanaman hias akar yang banyak sekali penggemarnya.

Satu hal yang membuat tanaman Adenium banyak diminati orang tak lain karena bentuk akarnya yang unik dan mudah untuk dibentuk menjadi bonsai.

Tak hanya bagian akarnya saja yang tampak begitu indah, ternyata Adenium juga memiliki kelopak bunga yang tak kalah cantik dengan Kamboja pada umumnya.

Tak jarang penggemar bunga Adenium melakukan sambung pucuk dengan jenis Adenium lainnya, guna mendapatkan warna kelopak bunga yang beragam. Sehingga tanaman ini akan tampak jauh lebih cantik karena terdapat lebih dari satu jenis warna dalam satu pohon.


3. Karet Kebo

Bonsai karet Kebo

Karet Kebo atau dengan nama latin ficus elastica merupakan salah satu ragam tanaman hias akar yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai bonsai.

Biasanya para penggemar bonsai sering memotong bagian akar tanaman karet Kebo guna mendapatkan bentuk sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Karet Kebo tergolong tanaman yang kuat meskipun sudah dipotong akarnya dia tetap hidup dan tumbuh dengan baik bahkan bagian akar yang sudah dipotong dapat tumbuh kembali dalam waktu yang cepat dan singkat.

Oleh karena itu, sudah tak aneh bila akar tanaman ini bisa kalian potong dan bentuk sedemikian rupa hingga memperoleh hasil sesuai yang kalian harapkan.


4. Bougenville

Bonsai Bougainville

Bougenville atau sering disebut dengan bunga kertas ini biasanya sering dikenali sebagai tanaman hias rambat dengan bunga yang sangat indah, namun siapa sangka tanaman hias satu ini juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias akar dengan teknik bonsai, loh!

Biasanya bougainville yang akan dijadikan sebagai tanaman bonsai sudah direkayasa sedemikian rupa supaya bisa tumbuh dengan baik di atas permukaan tanah.

Apabila tanaman akar ini sudah berhasil kalian buat menjadi sebuah bonsai, Bougenville dapat mempercantik rumah mu berkat bunganya yang sangat cantik dan enak untuk dipandang.


5. Azalea

Bonsai Azalea

Mungkin bagi sebagian orang masih asing mendengar tanaman hias dengan nama 'Azalea'.

Siapa sangka tanaman hias bunga ini juga bisa kalian ubah bentuk akarnya. Sehingga dapat menghasilkan tanaman hias akar yang sangat unik dan indah.

Walau demikian, untuk membuatnya sebagai tanaman hias akar yang indah memerlukan proses panjang yang bisa memakan waktu lama dan membutuhkan ketelatenan serta keuletan ekstra, ya.

Tak hanya dikaruniai bentuk akar unik saja, faktanya Azalea ini juga diberkati kelopak bunga yang sangat indah bahkan keindahannya tak kalah dengan bunga Adenium dan bougainville, loh!


6. Ulmus Cina

Bonsai ulmus Cina

Sejatinya di alam liar ulmus Cina mampu tumbuh dengan ketinggian mencapai 10 meter di atas permukaan tanah, loh!

Meski begitu, dengan teknik bonsai tanaman ini bisa kalian ubah menjadi tanaman hias dalam pot mini yang amat mempesona dengan bentuk akar yang sangat unik.

Satu hal yang menarik dari tanaman ulmus Cina ini terletak pada cara merawatnya yang terbilang cukup mudah dan simpel. Hal itu karena tanaman akar ini mempunyai ketahanan yang sangat kuat sehingga mampu bertahan hidup meski dengan berbagai macam kondisi cuaca.


***


Jadi itulah pembahasan mengenai jenis-jenis tanaman hias akar yang bisa dijadikan sebagai Bonsai di rumah.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar tanaman hias hanya di BlogDaffa.com, ya!