Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Jenis Lampu Aquascape Terbaik untuk Ikan dan Tanaman Aquascape

Patut kalian semua ketahui bahwasanya akuarium sangat memerlukan pencahayaan yang baik untuk menyokong pertumbuhan ikan dan tanaman berjalan dengan baik. Hal ini juga berlaku pada aquascape yakni sebuah hobi yang memiliki tingkat kesulitan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan memelihara ikan di dalam akuarium biasa.

Seperti yang kita ketahui matahari merupakan salah satu sumber cahaya yang paling dibutuhkan oleh semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini, termasuk ikan dan tanaman yang ada di dalam aquascape.

Nah, untuk menggantikan peran sinar matahari di dalam aquascape milikmu, maka kamu bisa menggantinya dengan lampu aquascape.

Dalam dunia aquascape sendiri ada banyak sekali jenis lampu aquascape yang sering digunakan, diantaranya seperti metal halide, T5-flourescent, dan lampu LED.

Nah, bagi kamu yang ingin memberikan pencahayaan yang baik bagi ikan dan tanaman air mu, silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!


Jenis Lampu Aquascape yang Perlu Kalian Ketahui

Jenis Lampu Aquascape yang Perlu Kalian Ketahui


1. Lampu Metal Halide

Jenis Lampu Aquascape Metal Halide

Lampu aquascape metal halide memang tidak begitu terang menyinari, pasalnya cahaya yang dihasilkan hanya berkisar antara 100 - 400 Watt, saja.

Oleh sebab itu, jenis lampu aquascape ini sangat direkomendasikan untuk aquascape yang dangkal.

Cahaya yang dihasilkan dari lampu Metal Halida ini bersumber dari logam Halida yang dicampur dengan uap merkuri.

Penggunaan lampu aquascape ini mampu memberikan efek yang berkilau di dalam akuarium, sebab cahaya yang dihasilkan mampu menembus air.

Kelebihan Lampu Aquascape Metal Halide

Apabila lampu Metal Halide ini digunakan pada akuarium dangkal, maka cahaya yang dihasilkan sangatlah terang.

Selain dapat digunakan pada akuarium dangkal, ternyata lampu aquascape metal halide ini juga efektif untuk akuarium yang dalam, loh!

Kekurangan Lampu Aquascape Metal Halide

Salah satu kekurangan dari lampu aquascape metal halide yaitu menghasilkan panas tinggi, sehingga peletakannya juga harus disesuaikan dengan memberikan jarak yang agak jauh baik itu dari tanaman ataupun ikan hias aquascape.

Apabila kamu mengabaikannya, tidak menutup kemungkinan kesehatan dari ikan hias dan tanaman aquascape di dalamnya akan terganggu.

Selain itu, suhu air di dalam akuarium tentunya akan mengalami peningkatan secara signifikan, dan biaya perawatannya jauh lebih boros bila dibandingkan dengan memakai lampu aquascape lainnya.


2. T5-FLOURESCENT

Jenis lampu aquascape T5-FLOURESCENT

Bila dibandingkan dengan lampu metal halide, teknologi dari lampu aquascape T5-FLOURESCENT bisa dikatakan jauh lebih modern.

Aquascape: Sentuhan Estetika Alam di Dalam Akuarium

Selain itu, desain dari lampu T5 jauh lebih tipis dan terang bila dibandingkan dengan lampu T8.

Kamu tidak perlu khawatir ada bagian aquascape yang tidak terkena cahaya, karena Watt nya yang tinggi membuat lampu aquascape T5-FLOURESCENT ini mampu mendistribusikan cahaya keseluruhan permukaan di dalam akuarium. Sehingga kamu tidak perlu cemas akan pertumbuhan ikan dan tanaman air di dalamnya.

Berkat cahaya yang dihasilkan mampu menyebar secara merata, membuat aquascape jauh lebih indah dan mencolok.

Kelebihan dari Lampu Aquascape T5-FLOURESCENT

Berkat cahaya yang dihasilkan mampu menyinari secara keseluruhan bagian akuarium membuat lampu ini sangat cocok untuk digunakan pada aquascape.

Selain itu, lampu aquascape satu ini cenderung memiliki ukuran yang kecil, dan kamu juga bisa menentukan nilai lumens sesuai kebutuhan, mengigat dipasaran tersedia banyak jenisnya.

Kekurangan dari Lampu Aquascape T5-FLOURESCENT

Kekurangan dari lampu aquascape ini adalah bohlam nya harus sering diganti, dengan demikian biaya perawatan yang harus dikeluarkan cukup mahal.


3. Lampu LED

Jenis lampu LED untuk aquascape

Bisa dikatakan tak sedikit para pecinta aquascape cenderung memilih lampu ini, pasalnya lampu LED dibekali teknologi terbaru dan super canggih.

Cahaya yang dihasilkan juga dari lampu aquascape jenis ini sangat rata sehingga pertumbuhan tanaman dan ikan hias aquascape di dalamnya akan berlangsung dengan sangat baik.

Tak berhenti sampai di situ saja, lampu aquascape ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan dibekali teknologi yang jauh lebih canggih serta modern dibandingkan dengan jenis lampu metal halide dan T5-FLOURESCENT.

Selain itu, lampu LED juga dapat memberikan efek cahaya yang lebih baik bila dipadukan dengan lensa tank.

Kelebihan dari Lampu LED

Walaupun Watt yang dikonsumsi oleh lampu LED terbilang kecil, namun kualitas cahaya yang dihasilkan sangat baik, loh!

Karena Watt dari lampu aquascape ini kecil, membuat penggunaan daya listrik jauh lebih hemat dibandingkan dengan jenis lampu lainnya.

Selain itu, lampu LED memiliki umur yang panjang sehingga ia tidak perlu repot-repot melakukan pergantian lampu, dan lampu aquascape ini juga tidak menghasilkan panas sehingga tidak akan mempengaruhi ekosistem di dalam akuarium.

Kekurangan dari Lampu LED

Salah satu faktor yang paling banyak diungkapkan mengenai lampu LED untuk aquascape tak lain biaya instalasi awal yang cukup mahal.


***


Jadi itulah pembahasan mengenai jenis-jenis lampu aquascape yang paling sering digunakan.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar aquascape hanya di BlogDaffa.com, ya!