Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis Kayu Aquascape yang Paling Sering Digunakan

Apakah kamu sedang mencari jenis kayu aquascape yang menarik? Berikut ini kami akan menyajikan nama-nama kayu populer digunakan dalam pembuatan aquascape.

Berbicara tentang membuat aquascape tentu saja tak lepas dari material untuk membentuk desain meliputi kayu, koral, karang dan batu aquascape.

Setiap material yang digunakan tentunya memiliki fungsi krusial dalam pembentukan aquascape, terutama kayu.

Keberadaan kayu di dalam aquascape memiliki peran penting terutama sebagai media tumbuh untuk beberapa jenis tanaman air.

Supaya aquascape yang kamu ciptakan dapat tampil memukau, maka pilihlah jenis kayu yang benar-benar tepat untuk memenuhi kebutuhan mu.

Berikut rekomendasi jenis-jenis kayu aquascape yang bisa kalian pilih!


Jenis Kayu untuk Aquascape

Jenis Kayu untuk Aquascape


1. Kayu Rasamala

Kayu Rasamala aquascape

Salah satu jenis kayu aquascape yang paling populer digunakan adalah kayu rasamala.

Karakteristik dari kayu Rasamala yaitu memiliki banyak cabang, ramping, melengkung, dengan warna kemerahan.

Hal itu karena kayu rasamala dianugerahi warna kemerahan yang mampu memberikan kesan eksotis pada aquascape tanpa harus mencemari air di dalamnya.

Harga kayu rasamala sangatlah terjangkau, yakni dijual sekitar Rp 15-50 ribu.


2. Kayu Bakau

Kayu Bakau aquascape

Jenis kayu yang paling sering digunakan dalam pembuatan aquascape berikutnya adalah kayu bakau atau driftwood.

Seusai dengan namanya, kayu jenis ini diperoleh dari pohon bakau yang biasa kalian temukan di daerah pesisir pantai.

Walaupun kayu bakau memiliki tampilan yang menarik, hanya saja kayu aquascape ini mempunyai kekurangan yaitu adanya kandungan tanin tinggi yang bisa membuat warna air menjadi kekuningan.

Harga kayu bakau dijual sekitar Rp 60-200 ribu, tergantung dari ukuran serta kualitas kayu tersebut.


3. Kayu Santigi

>Kayu Santigi aquascape

Apabila kamu sedang mencari kayu aquascape dengan tampilan eksotis dan aman untuk digunakan, maka kayu santigi bisa menjadi solusi paling tepat untuk kalian pilih.

Tak hanya itu saja, kelebihan dari kayu santigi yakni bisa kalian gunakan sebagai replika tanaman bonsai dalam aquascaping, karena memiliki batang tebal dan lekukan yang indah.

Hanya saja harga kayu santigi cukup mahal, yaitu sekitar Rp 100-350 ribu.


4. Kayu Senggani

Kayu Senggani aquascape

Bagi kamu yang sedang mencari jenis kayu untuk aquascape dengan karakteristik seperti akar yang menjuntai di dalam air, maka kayu senggani sangat cocok untuk kamu pilih.

Tak hanya bisa digunakan sebagai hiasan, kayu senggani ini dipercaya efektif untuk menurunkan kadar pH dalam air.

Harga kayu senggani kecil biasanya dijual sekitar Rp 15-50 ribu, sedangkan untuk yang berukuran besar dijual mulai Rp 100-200 ribuan.


5. Kayu Maponi

Kayu Maponi aquascape

Untuk kamu yang sedang membuat aquascape atau sudah memiliki aquascape berukuran besar, kayu maponi ini bisa kalian pilih.

Pasalnya kayu yang berasal dari daerah Afrika Selatan ini memiliki struktur padat dan kokoh, sehingga sangat sering digunakan oleh pegiat aquascape di luar negeri.

Hanya saja harga kayu Maponi ini sangat mahal karena termasuk jenis kayu impor, sehingga kayu aquascape ini dijual hingga jutaan rupiah.


6. Kayu Kopi

Kayu Kopi aquascape

Kayu atau akar pohon kopi dapat dijadikan sebagai pilihan kayu yang menarik untuk kamu gunakan dalam pembuatan aquascape.

Selain itu, harga kayu kopi ini sangat terjangkau, dengan tampilan serta yang memukau.


7. Kayu Jambu Biji

Kayu Jambu Biji aquascape

Bagi kamu yang sedang mencari kayu aquascape ekonomis, bahkan bisa kalian temukan secara cuma-cuma di sekitar rumah, yaitu kayu jambu biji.

Tak hanya mudah dan murah, jenis kayu aquascape ini sangat mudah ditumbuhi oleh lumut.

Hanya saja, kamu perlu mengolah kayu ini terlebih dahulu sebelum digunakan, yaitu dengan cara mengelupas bagian kulit, lalu rebus dan dijemur hingga kering.


8. Kayu Jati

Kayu Jati aquascape

Siapa sangka jenis kayu yang seringkali dipakai sebagai bahan pembuatan furniture ini bisa kalian juga bisa gunakan sebagai aquascape.

Meski, memiliki tekstur yang kokoh, tak sedikit pecinta aquascape kurang tertarik dengan kayu jati karena sulit tenggelam.

Sebenarnya kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara merendam kayu jati dalam waktu yang lama atau bisa juga dengan memberi pemberat agar bisa tenggelam sempurna.


9. Kayu Hornwood

Kayu Hornwood aquascape

Kayu hornwood merupakan jenis kayu aquascape populer dan banyak dicari, loh!

Salah satu faktor yang mempengaruhi kepopuleran kayu aquascape ini tak lain, karena dikenakan ke publik oleh pencetus aquascape, yaitu Takashi Amano.

Harga kayu hornwood di jual mulai mulai Rp 30-100 ribuan.


10. Kayu Rambutan

Bagi kamu yang mencari kayu aquascape dengan karakteristik kokoh dan mudah untuk didapatkan, maka kayu rambutan bisa memenuhi kebutuhan mu itu.

Hanya saja, jika kamu ingin menggunakannya sebagai kayu aquascape, maka kamu perlu mengolahnya terlebih dahulu sebelum digunakan.

Cara mengolah kayu rambutan untuk aquascape yaitu dengan mengupas kulit kayu, lalu menjemurnya di bawah terik matahari hingga kering, kemudian direbus rendam dan dikeringkan kembali.


11. Kayu Asem

Salah satu jenis kayu aquascape yang sangat mudah untuk kalian dapatkan adalah kayu asem.

Karena memiliki bentuk serta tekstur yang unik, tak sedikit pecinta aquascape sering memanfaatkan bagian akar dan ranting pohon asem.


***


Jadi, itulah pembahasan mengenai jenis-jenis kayu aquascape yang paling banyak digunakan oleh para pecinta aquascape.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar aquascape hanya di BlogDaffa.com, ya!