Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Jenis Ikan Sapu Sapu Hias yang Bisa Kalian Pelihara. Warnanya Cantik dan Memukau!

Siapa sangka jenis ikan sapu-sapu hias ternyata cukup banyak, loh! Masing-masing memiliki keunikan serta keindahan tersendiri dan sangatlah cocok untuk dipelihara di dalam akuarium. Simak apa saja jenisnya di sini!

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa ikan sapu sapu tak layak untuk dijadikan  sebagai binatang peliharaan baik itu di dalam akuarium ataupun aquascape.

Hal itu karena ikan dengan nama latin Hypostomus Plecostomus atau pleco diyakini tidak memiliki tampilan yang menawan layaknya jenis ikan hias pada umumnya.

Terlepas dari pendapat tersebut, siapa sangka ada beberapa jenis ikan sapu sapu hias yang memiliki bentuk cantik dan sangat cocok untuk kalian pelihara sebagai penghuni akuarium di rumahmu.

Di samping itu, jenis ikan hias ini juga punya manfaat besar bagi akuarium.

Hal itu karena, ikan sapu sapu sangat senang memakan alga atau rumput yang menempel dan tumbuh pada kaca akuarium.

Berkat kelebihan yang dimiliki oleh ikan hias ini, kami sangat merekomendasikan untuk kalian pelihara.

Pasalnya melalui artikel ini kami akan membahas mengenai jenis-jenis ikan sapu sapu hias yang cantik dan layak untuk menjadi penghuni baru akuarium ataupun aquascape di rumah.


8 Jenis Ikan Sapu Sapu Hias

Jenis Ikan Sapu Sapu Hias


1. Golden Royal Line

Ikan sapu sapu hias Golden Royal Line

Jenis ikan sapu sapu hias pertama adalah golden royal line.

Golden royal line sangat berbeda dengan ikan sapu sapu pada umumnya, sebab ia memiliki warna hitam dengan pola garis horizontal keemasan.

Seandainya kamu memeliharanya di rumah, bisa dipastikan ia akan menyita perhatian mu, karena warna elegannya.


2. Xingu Baryancistrus

Jenis ikan sapu-sapu Xingu Baryancistrus

Jenis ikan sapu sapu hias selanjutnya adalah xingu Baryancistrus atau ikan yang memiliki ciri khas warna hitam pekat dengan pola bintik-bintik kuning yang menyebar ke seluruh permukaan tubuhnya.

Habitat asli dari ikan sapu sapu hias ini berasal dari sungai Amazon dan mereka mampu tumbuh antara 15 - 20 cm.

Berkat keunikan di tubuhnya, membuat ikan sapu-sapu ini sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari ikan hias.


3. Leopard Frog Pleco

Ikan sapu-sapu Leopard Frog Pleco

Hampir sama dengan jenis ikan sapu sapu sebelumnya, leopard frog pleco juga memiliki tampilan serta warna yang tak kalah menarik.

Pasalnya, leopard frog pleco memiliki warna yang amat khas, yakni warna putih kekuningan dengan pola garis hitam yang memukau.

Sementara untuk ukuran tubuhnya sendiri tidak begitu besar, hanya saja ia dapat tumbuh mencapai 11 cm.


4. Hypancistrus Zebra

Jenis ikan sapu-sapu Hypancistrus Zebra

Diantara ikan yang sudah kami sebutkan di atas, jenis ikan sapu sapu hias hypancistrus zebra memiliki harga pasar cukup mahal.

Bahkan menurut kabar yang beredar ikan sapu sapu hias ini hanya mampu tumbuh hingga 5 cm saja, meskipun ukurannya cukup kecil akan tetapi harganya sangat fantastis yaitu Rp 1,5 juta.

Hal itu sangatlah wajar, mengingat hypancistrus zebra merupakan salah satu jenis ikan sapu sapu cantik dengan pola warna layaknya zebra yaitu perpaduan hitam dan putih.

Selain itu, ikan sapu sapu hias ini sangat cocok untuk kalian pelihara bersama ikan hias lainnya, hal itu karena sifatnya yang lembut dan ramah serta mudah bergaul dengan ikan jenis lainnya.

Sementara untuk ukuran ikan sapu sapu hias ini relatif kecil, pasalnya ia hanya mampu tumbuh dengan ukuran rata-rata mencapai 7,5 cm.


5. Snowball Pleco

Jenis ikan sapu-sapu hias Snowball Pleco

Ciri khas yang paling identik dari ikan sapu sapu hias snowball Pleco yaitu perpaduan warna hitam dengan totol putih yang menyebar di seluruh permukaan tubuhnya.

Rata-rata ukuran dari ikan sapu sapu hias ini adalah 16 cm, meskipun demikian ikan snowball pleco ini tidak boleh disatukan dengan dengan ikan lainnya.

Hal itu karena ikan sapu sapu hias ini termasuk ke dalam ikan predator.


6. Bristlenose Pleco

Ikan sapu-sapu Bristlenose Pleco

Jenis ikan sapu sapu hias selanjutnya berasal dari Amerika Selatan.

Bristlenose pleco tak kalah cantik dengan jenis ikan lainnya, hal itu karena memiliki warna yang sangat unik dan sedap untuk dipandang.

Pada dasarnya ikan sapu sapu hias memiliki warna yang cukup beragam, mulai dari yang berwarna gelap, cokelat bahkan hingga krem.


7. Tiger Peckoltia

Jenis ikan sapu-sapu hias Tiger Peckoltia

Khusus untuk kamu yang sedang mencari ikan sapu sapu hias, namun bisa disatukan dengan ikan hias lainnya, maka tiger Peckoltia merupakan ikan pilihan yang tepat untuk kamu pelihara di rumah.

Selain dapat disatukan dengan ikan lainnya, keunggulan dari ikan sapu sapu hias ini mempunyai warna yang sangat cantik karena menyerupai warna harimau.

Ikan sapu-sapu hias ini ketika menginjak usia dewasa hanya berukuran 12 cm saja, oleh karena itu, ikan sapu sapu hias ini sangat layak untuk kamu pertimbangkan sebagai koleksi di rumah.


8. Green Phantom Pleco

Jenis ikan sapu-sapu hias Green Phantom Pleco

Bagi kamu yang suka dengan warna ikan hias yang mencolek, maka green phantom pleco mungkin bisa masuk dalam kategori pilihan mu.

Hal itu karena, ikan sapu sapu hias ini memiliki warna kehijauan dengan pola bintik-bintik yang menyebar di seluruh permukaan tubuhnya.

Untuk panjang dari ikan hias sapu sapu ini bisa mencapai 18 cm, sehingga sangat cocok untuk kamu pelihara pada akuarium yang miliki ukuran lumayan besar.


****


Jadi itulah pembahasan mengenai jenis-jenis ikan sapu sapu hias yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam menentukan pilihan mu.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar ikan hias hanya di BlogDaffa.com, ya!