Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Bunga Hias Paling Bau di Dunia | Aromanya Amat Menyengat!

Umumnya bunga hias memiliki aroma wangi yang menenangkan, namun siapa sangka ternyata ada beberapa jenis bunga hias yang beraroma paling busuk di dunia, loh!

Meski memiliki tampilan yang indah untuk dipandang, namun jangan sekali-kali kamu coba-coba untuk menghirup aromanya!

Hal itu karena aroma semerbak dari jenis bunga ini baunya sangat busuk, dan ada pula yang menyerupai bau mayat, loh!

Oleh karena itu, jangan pernah sekali-kali mencoba menghirup aromanya, jika kamu tidak ingin kelabakan dibuatnya.

Penasaran apa saja varian bunga beroaroma busuk tersebut?

Berikut ini beberapa jenis bunga beraroma busuk yang ada di dunia.


7 Jenis Bunga Hias Terbau di Dunia

Jenis Bunga Hias Terbau di Dunia


7. Stapelia Gigantea

Stapelia Gigantea

Jenis bunga berbau busuk pertama berasal dari wilayah Afrika Timur.

Stapelia Gigantea selain identik dengan aromanya yang busuk, siapa sangka ia juga dibekali tampilan indah dan mempesona.

Tak sedikit yang beranggapan tentang aroma tak sedap dari bunga satu ini sangat mirip dengan bau daging yang sudah busuk.

Meski aromanya sangat menyengat dan mengangguk hidung, ternyata aroma tersebut sangat berguna bagi tanaman untuk melakukan proses penyerbukan.

Sama halnya dnegan tanaman pada umumnya, proses penyerbukan sangat bergantung pada serangga.

Berkat aroma tak sedap yang dikeluarkan, tentu hal ini dapat mempermudah tanaman mengundang serangga-serangga untuk datang menjumpainya.

Walaupun bunga stapelia Gigantea terkenal dengan aromanya yang busuk, namun masih ada segelintir orang yang menjadikannya sebagai bunga hias di rumah.


6. Dracunculus Vulgaris

Dracunculus Vulgaris

Sepintas mendengar namanya saja sudah terlihat sangar, ya?

Begitulah memang kenyataannya jenis bunga hias berbau busuk yang berasal dari West Coast, Oregon, California, dan Washington ini.

Meski sudah menyandang nama sangar, siapa sangka bunga berbau busuk ini ternyata masih mempunyai sebutan lain seperti lili bau, lili ular, lili Voodoo, naga hitam, dan juga dragonwort.

Sama persis dengan bunga yang sudah kami sebutkan sebelumnya, bunga ini juga memiliki aroma yang mirip sekali dengan daging busuk.


Baca juga: 13 Jenis Tanaman Hias Outdoor yang Harus Kamu Tanam untuk Mempercantik Suasana Rumah!


5. Rafflesia Arnoldi

Tanaman langka Bunga Padma Raksasa

Nah, buat kalian ada gak nih yang belum tahu bunga raflesia Arnoldi ini?

Jenis bunga hias berbau busuk satu ini juga menyandang gelar yang tak kalah kerennya dengan bunga-bunga beraroma busuk lainnya yaitu bunga bangkai.

Pemberian nama tersebut bukan dilakukan secara asal-asalan, namun penyematan nama tersebut sebagai isyarat bahwa aroma bunga ini memang sama persis dengan aroma bangkai.

Tak hanya dianggap sebagai salah satu bunga terbau di dunia, bunga raflesia Arnoldi masuk dalam kategori bunga terbesar sedunia, loh!


4. Eastern Skunk Cabbage

Eastern Skunk Cabbage

Jenis bunga berbau busuk selanjutnya datang dari daratan Amerika Utara yang banyak didominasi oleh lahan basah.

Eastern Skunk Cabbage merupakan salah satu spesies bunga paling bau di dunia yang sudah terkenal berkat baunya yang menyengat sangat tajam.

Tak jauh berbeda dengan bunga bau busuk lainnya, bunga satu ini juga menjadikan aroma busuknya sebagai pemikat hewan-hewan kecil seperti lalat.

Meskipun aromanya sangat busuk, siapa sangka bunga tergolong unik karena memiliki manfaat lain yakni dapat mengobati penyakit mulai dari batuk bahkan sampai epilepsi.


3. Hydrona Africana

Hydrona Africana

Setelah dari pedalaman Amerika Utara, kita akan beranjak pergi menyebrang jauh ke sebuah dataran yang berada di wilayah Afrika.

Pasalnya di benua Afrika juga terdapat satu spesies bunga terbau di dunia yang namanya tak kalah aneh ketika kita mendengarnya, yaitu hydrona Africana.

Kabarnya, bunga hydrona Africana ini mempunyai aroma yang jauh lebih parah busuknya bahkan lebih bau ketimbang kotoran sekalipun.

Karena baunya yang sangat menyengat tajam dan tak tertahankan inilah yang membuat manusia enggan untuk mendekatinya.

Hanya serangga-serangga penyerbuk yang mau mendekat karena tertarik dengan aroma busuk bunga ini.


2. Dead Horse Arum Lily

Dead Horse Arum Lily

Mendengar namanya saja mungkin kita akan berpikir bunga ini memiliki kaitan yang erat pada hewan, karena nama yang tersemat mengandung unsur nama hewan. Namun sejatinya bunga beraroma paling busuk ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan hewan, loh!

Memang bila dilihat sepintas bentuk jenis bunga hias berbau busuk ini mirip seperti tapal kuda, namun hal itu tidak begitu nampak dengan jelas.

Menurut penelitian aroma busuk dari bunga dead Horse Arum Lily konon katanya jauh lebih parah dibandingkan dengan bau hydrona Africana.

Untung saja, bunga ini hanya tumbuh di daerah Crosica dan kepulauan Balearic saja.


1. Titan Arum

Tumbuhan langka Bunga Bangkai

Jenis bunga berbau busuk tak hanya dijuluki sebagai bunga bangkai saja, melainkan ada pula yang dijuluki sebagai bunga mayat.

Julukan bunga mayat ini jatuh pada bunga Titan Arum, hal itu karena bau yang dihasilkan oleh bunga satu ini sangatlah mirip dengan bau mayat yang telah lama membusuk.

Bunga ini banyak dijumpai di wilayah hutan hujan Sumatra, Indonesia dan termasuk dalam jenis bunga tak berbatang terbesar di dunia.

Untungnya, bunga Titan Arum ini hanya akan mengeluarkan bau busuk tak tertahankan ketika sedang mekar saja.


Baca juga: 8 Jenis Tanaman Hias Yang Diprediksi Akan Booming Di Tahun 2021. Apa Sajakah Itu?


Jadi itulah pembahasan mengenai jenis-jenis bunga paling bau busuk di dunia.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar tanaman hias hanya di BlogDaffa.com, ya!