Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Membersihkan Akuarium Air Tawar dari Kerak dan Kotoran

Selain dapat merusak pemandangan di dalam rumah, kondisi akuarium kotor juga berpotensi mengganggu serta membahayakan kehidupan ikan hias yang ada di dalamnya. Apabila sudah terlanjur demikian, langsung saja ikuti cara membersihkan akuarium air tawar yang ampuh berikut ini, ya!

Keberadaan lumut, kerak serta kotoran ikan yang mengendap bisa membuat air menjadi keruh dan akan mengurangi kandungan oksigen di dalam akuarium.

Kotoran ikan yang tercampur dengan lumut dalam jumlah banyak bisa dipastikan dapat merusak pemandangan, bukan?

Selain itu, ikan-ikan yang hidup di dalamnya juga kesulitan untuk bernafas dan tidak menutup kemungkinan mereka akan mati.

Oleh karena itu untuk mengatasi masalah akuarium yang kotor akibat banyaknya kotoran ikan dan lumut yang mengumpul, silahkan simak penjelasan lengkap tentang tata cara membersihkan akuarium air tawar di dalam rumah.


Tahapan & Cara Membersihkan Akuarium Air Tawar

Cara membersihkan akuarium air tawar


1. Keluarkan Dekorasi dari Akuarium

Keluarkan dekorasi dari akuarium

Biasanya baik itu akuarium air tawar ataupun air laut tak hanya di isi oleh ikan hias yang cantik dan menggemaskan saja, melainkan ada beberapa dekorasi sebagai penunjang keindahan dari akuarium tersebut.

Akuarium air tawar biasanya terdapat dekorasi seperti batu-batuan, kerikil, dan tanaman akuarium asli ataupun plastik, serta beberapa hiasan lainnya.

Setelah mengeluarkan ikan hias, lalu keluarkan semua dekorasi yang ada di dalam akuarium tersebut dan di letakkan dalam ember terpisah, ya.

Selanjutnya dekorasi tersebut cuci hingga bersih atau paling tidak kotoran dan lumut yang menempel di permukaan hiasan akuarium itu hilang.


2. Bersihkan Permukaan Kaca Akuarium

Bersihkan Permukaan Kaca Akuarium

Untuk membersihkan permukaan kaca akuarium kamu bisa menggunakan spons atau sikat halus dengan cara menggosokkan secara perlahan.

Namun, jika metode di atas dirasa sangat ribet dan susah, maka kamu bisa menggunakan alat khusus pembersih akuarium air tawar yang bisa kalian dapatkan di toko ikan hias atau olshop.

Bentuk dari alat pembersih akuarium air tawar seperti penghapus namun dilengkapi dengan magnet yang melekat pada permukaan alat pembersih akuarium tersebut.


3. Bersihkan Bagian Dasar Akuarium

Bersihkan Bagian Dasar Akuarium

Seusai membersihkan lumut yang menempel pada permukaan kaca, tahap membersihkan akuarium air tawar selanjutnya yaitu mengeluarkan kotoran yang mengendap di dalam air.

Biasanya proses mengeluarkan kotoran jauh lebih muda jika sebelumnya kamu mengendapkan kotoran tersebut di bagian dasar akuarium.

Oleh sebab itu, setelah mengeluarkan ikan hias beserta seluruh elemen dekorasi, tunggulah beberapa saat hingga kotoran yang menempel di permukaan akuarium berjatuhan ke bawah.

Selanjutnya, siapkan selang panjang dan sebuah ember, kemudian masukan selang tersebut hingga menyentuh dasar akuarium.

Sedot bagian ujung selang dan masukan ke dalam ember supaya air kotor terkumpul di dalamnya.

Sambil menunggu air habis, arahkan ujung selang ke tempat yang berkumpulnya kotoran ikan.

Lakukan kegiatan ini hingga semua kotoran yang ada di dalam akuarium sampai habis tak tersisa.


4. Cara Membersihkan Akuarium dari Kerak

Cara Membersihkan Akuarium dari Kerak

Kerak akan terlihat dengan jelas ketika seluruh air beserta kotoran terkuras habis dari akuarium air tawar.

Kerak yang menempel pada permukaan kaca akuarium sangat mengganggu pemandangan dan bila diabaikan begitu saja maka akan semakin membesar.

Oleh karena itu, setelah menguras akuarium segera bersihkan kerak tersebut sebelum menjadi lebih besar.

Cara membersihkan kerak yang menempel pada akuarium yaitu dengan menggosokkan bahan yang mengandung zat abratif tepat pada bagian kaca yang terkena kerak.

Untuk membersihkan kerak yang menempel di kaca akuarium kamu juga bisa memakai bahan-bahan alami, misalnya seperti jeruk nipis dan soda kue.

Cara membersihkan kerak pada akuarium air tawar menggunakan bahan alami yaitu belah jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu taburkan bubuk soda kue tepat di atas daging jeruk.

Selanjutnya, gosokan pada kerak yang menempel di akuarium, diamkan beberapa saat supaya bahan alami tersebut beraksi, selanjutnya bilas memakai air bersih.


5. Mengganti Air Akuarium

Mengganti Air Akuarium

Setelah melewati serangkaian panjang proses di atas, selanjutnya masukkan air bersih dari kran menggunakan selang ke dalam akuarium air tawar milik mu.

Namun, sebelum mengisi akuarium menggunakan air baru, pastikan kamu sudah menyusun kembali dekorasi atau hiasan akuarium, seperti batu-batuan, tanaman, serta beberapa hiasan lainnya.

Isilah akuarium sampai ketinggian yang sesuai dengan keinginan, Pastikan sebelum memasukkan ikan hias, air di dalamnya sudah tenang, ya.

Sebagai catatan tambahan: apabila akuarium air tawar milikmu rutin dibersihkan, kamu hanya perlu mengganti air akuarium dengan air baru sebanyak 15% sekali dalam sebulan.

Namun, apabila terakhir kali kamu membersihkan akuarium 2 bulan yang lalu, maka kamu perlu mengganti 25 - 50% airnya.


6. Bersihkan Filter Akuarium

Bersihkan Filter Akuarium

Selain membersihkan akuarium, membersihkan filter akuarium air tawar juga tak kalah pentingnya, loh!

Apabila akuarium air tawar milikmu terdapat tumpukan kotoran yang banyak, hal itu menandakan filter akuarium tidak bekerja sebagaimana fungsinya.

Oleh karena itu, untuk mengembalikan performa serta kinerja filter akuarium, maka kamu perlu menggantikannya bahan saringan paling tidak sebulan sekali.


***


Jadi itulah beberapa penjelasan mengenai cara membersihkan akuarium air tawar yang bisa kalian ikuti di rumah.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar akuarium hanya di BlogDaffa.com, ya!