Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina [99% Akurat + Paten]

Bagi kicau mania seantero Nusantara pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama jalak suren, kan? Jalak suren merupakan burung yang masih satu keluarga dengan stumidae kini mulai lambat laun menjadi primadona di kalangan kicau mania. Hal itu ditunjukkan oleh permintaan pasar yang kian melonjak setiap harinya, alhasil nama jalak suren kian populer dan santer dibicarakan.

Faktor lain yang bisa membuat jalak suren kian tenar tak lain karena semakin. banyaknya kontes gantangan khusus jalak suren semakin banyak diadakan di daerah-daerah yang ada di Indonesia.

Menanggapi kepopuleran jalak suren, banyak orang yang mengaku sudah memprediksikannya sejak lama. Hal itu karena burung kicauan satu ini memiliki kualitas gacoran yang tidak bisa dianggap enteng. Bahkan tak sedikit penghobi yang menuturkan bahwa kicauan dari jalak suren tergolong sangat nyaring dan indah.

Selain itu, jalak suren terkenal karena kemampuannya dalam menirukan suara gacoran burung lain. Bahkan tak jarang burung kicau satu ini juga mampu menirukan suara manusia, ya kemampuan ini mirip sekali dengan burung beo.

Tak berhenti sampai di situ saja, jalak suren di alam liar juga sangat berguna dalam bidang pertanian. Pasalnya mereka gemar memangsa hama yang kerap menyerang tanaman dikala musim panen hampir tiba.

Berbicara soal jalak suren, rasanya ada yang kurang apabila Kicaumania belum tahu cara membedakan jalak suren jantan dan betina untuk ternak ataupun sebagai jagoan kontes, kalian wajib mengetahui soal perbedaan jenis kelamin jalan suren secara detail dan mendalam. Hal itu bertujuan supaya kamu tidak kesulitan ketika ingin membedakan jalak suren jantan dan betina secara tepat, akurat dan paten.

Pada dasarnya cara membedakan jalak suren jantan dan betina itu tidaklah sulit. Hanya saja bagi pemula tentu akan mengalami kesulitan karena berbagai kendala dan minimnya pengetahuan.

Khusus buat kamu yang tengah kesulitan dan tengah mencari cara membedakan jalak suren jantan dan betina, alangkah baiknya kamu simak ulasan singkat di bawah ini!


Cara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina

Cara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina

Berbicara soal kemampuan burung dalam mengeluarkan suara gacoran, tentu saja jalak suren jantan jauh lebih mahir dibandingkan jalak suren betina. Oleh sebab itu, apabila kamu tertarik untuk membeli jalak suren untuk jagoan kontes, ada baiknya kamu harus bisa menentukan jenis kelamin jalak suren dan mengetahui bagaiman cara membedakan jalak suren jantan dan betina yang hendak kalian beli.

Pasalnya, ketika kamu sudah mengetahui perbedaannya, bisa dipastikan kamu dapat dengan mudah untuk membedakan jalak suren jantan dan betina. Tanpa harus repot-repot meminta bantuan teman ketika sedang mencari jalak suren.

Bahkan berkat kemampuan tersebut kamu bisa terhindar dari perbuatan oknum penjual yang nakal yang sering menjerumuskan ke dalam pilihan yang salah, sebab kamu sudah bisa membedakan antara jalak suren jantan dan betina.

Nah, untuk lebih jelasnya silahkan ciri-ciri jalak suren jantan dan betina di bawah ini!


Ciri-ciri Jalak Suren Jantan

Biasanya Kicaumania seringkali mencari jalak suren jantan dengan tujuan untuk diikut sertakan dalam ajang kontes atau perlombaan. Baik itu ajang lomba kecantikan ataupun kicauan.

Oleh karena itu, pastikan kamu membeli pejantan yang benar, jangan sampai kamu rela merogoh kocek dalam-dalam namun hal itu justru tidak sesuai dengan kriteria yang kamu cari.

Nah, untuk mengantisipasi hal itu tidak terjadi pada mu, silahkan simak ciri-ciri dan cara membedakan jalak suren jantan untuk kontes di bawah ini!

  1. Jalak suren jantan memiliki bentuk tubuh yang panjang dan cenderung tampak lonjong.
  2. Apabila kamu mengamati postur tubuhnya, jalak suren jantan biasanya memiliki ukuran tubuh relatif lebih besar dibandingkan jalak suren betina.
  3. Bentuk paruh dari jalak suren jantan terlihat lebih panjang dan kokoh.
  4. Jalak suren jantan memiliki bentuk kepala lebih besar dan terlihat agak bulat.
  5. Jalak suren jantan memiliki warna yang cerah dan tampak begitu jelas pada bagian kulit atas mata.
  6. Jalak suren jantan memiliki warna hitam yang mengkilap pada bagian bulu kepala, dada, dan juga punggung.
  7. Jalak suren jantan mempunyai ekor relatif panjang dan tampak bulu-bulu ekor tersebut menyatu.
  8. Burung jalak suren jantan juga memiliki bulu berwarna putih bersih pada bagian bawah tubuhnya.
  9. Ketika sedang mengembang burung jalak suren jantan, terlihat memiliki jambul kepala yang panjang dan lebar.
  10. Bentuk kaki jalak suren jantan relatif lebih panjang dan tampak kokoh.
  11. Suara kicauan jalak suren jantan terdengar lantang dan bervariasi.

Bagaimana sudah ingat mengenai ciri-ciri jalak suren jantan di atas? Jika belum silahkan catat agar tidak lupa saat dibutuhkan di kemudian hari.

Apabila kamu kurang yakin mengenai ciri-ciri jalak suren jantan yang sudah kami paparkan di atas, silahkan praktekan atau paling tidak tanyakan kepada teman mu yang sudah ahli.

Bisa dikatakan hampir sebagian besar dari mereka berpedoman pada ciri-ciri yang sudah kami sebutkan di atas.

Pasalnya, metode di atas sudah banyak diaplikasikan oleh kicau mania seantero Nusantara, mulai dari pemula bahkan sampai senior sekaligus.

Nah, setelah mengetahui ciri-ciri jalak suren jantan, kini tiba waktunya untuk kamu mengetahui ciri-ciri jalak suren betina.

Pada dasarnya, ciri-ciri jalak suren betina terbilang simpel atau bahasa mudahnya ciri jalak suren betina merupakan kebalikan dari ciri-ciri jalak suren jantan.

Namun, untuk memperdalam pengetahuan mu mengenai ciri-ciri jalak suren betina bisa kalian simak poin-poin berikut ini!


Ciri-ciri Jalak Suren Betina

Biasanya banyak penggemar burung mencari jalak suren betina dengan tujuan sebagai calon indukan atau ternak jalak suren. Tentunya bagi setiap orang ingin sukses dalam ternak burung jalak suren. Salah satu faktor penunjang kesuksesan beternak burung jalak suren, yaitu dengan cara membeli jalak suren jantan dan betina. Jangan sampai kamu membeli burung jalak suren sesama jenis kelaminnya bisa dipastikan kamu akan gagal dalam beternak.

Oleh sebab itu, kamu harus memilih dengan benar bahwa burung tersebut memang betina, ya.

Caranya kalian hanya perlu memperhatikan ciri-ciri jalak suren betina dengan teliti. Kamu bisa menyimak ciri-ciri jalak suren betina yang sudah dijamin akurat di bawah ini.

  1. Jalak suren betina cenderung memiliki kepala yang tampak lebih ramping.
  2. Untuk ukuran tubuhnya, jalak suren betina cenderung lebih kecil dibandingkan jalak suren jantan.
  3. Biasanya jalak suren betina memiliki paruh pendek.
  4. Warna jalak suren betina cenderung lebih kusam baik itu warna hitam ataupun putihnya.
  5. Bulu putih yang terletak dibawah tubuhnya nampak kusam.
  6. Jalak suren betina mempunyai bentuk jari-jari lebih pendek.
  7. Kebanyakan jalak suren betina mempunyai warna pucat dan tampak memudar pada bagian kulit atasnya.
  8. Ekor jalak suren betina terlihat pendek dan halus.
  9. Ketika burung jalak suren betina sedang mengembang, maka bagian jambul di kepalanya terlihat pendek dan tidak melebar.
  10. Ciri khas suara kicauan jalak suren betina identik dengan nada tinggi dan banyak di isi oleh suara tembakan yang melengking.

Jadi setelah kamu mengetahui cara membedakan jalak suren betina dan jantan, itu tandanya kamu sudah siap untuk terjun dalam bidang ternak burung, atau hanya sekedar mencari burung pejantan untuk keperluan kontes saja.

Sebagai catatan tambahan kamu perlu mengasah keterampilan mu dalam mengenali perbedaan jalak suren jantan dan betina. Hal itu bertujuan untuk mengasah kemampuan yang dimiliki mu semakin berkembang. Jika kamu sudah lihai, maka sekali lihat saja kamu sudah mengetahui jenis kelamin dari burung jalak suren tersebut.

Berkat kemampuan yang kamu miliki tersebut, diharapkan kedepannya kamu bisa menjadi ladang bisnis.

Baik itu bisnis ternak jalak suren, atau jual pejantan jalak suren khusus lomba saja. Tentu hal ini bukan tanpa sebab, cobalah tengok permintaan pasar akan burung jalak suren kian melonjak bukan?

Tentu saja, karena permintaan pasar yang berkata demikian ini merupakan kesempatan emas, dan peluang bisnis yang menjanjikan, loh!

Paling tidak kamu bisa memperoleh uang tambahan dari hobi yang kalian jalankan. Bukankah pekerjaan paling menyenangkan ialah hobi yang menghasilkan?


***


Jadi itulah pembahasan mengenai perbedaan jalak suren jantan dan betina yang wajib kamu ketahui.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar burung kicauan hanya di BlogDaffa.com, ya!