Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Algae Eater Atau Ikan Pembersih Aquascape Terbaik

Ketika membuat aquascape di rumah tak jarang penghobi seringkali di khawatir dengan pertumbuhan alga di dalam akuarium yang dapat merusak keindahan serta nilai keunikan dari tema aquascape yang berhasil kamu ciptakan. Namun, kamu tidak perlu cemas, sebab kami akan mengulas jenis alga eater atau ikan pembersih aquascape. Apakah kamu sudah tahu apa saja jenisnya?

Menata aquascape merupakan hobi yang sangat menyenangkan untuk mengisi waktu luang di rumah.

Sebab, dalam hobi ini kamu tidak hanya fokus dalam menentukan ikan hias saja, melainkan kamu juga harus menetapkan setting yang akan kamu bangun.

Semakin banyak kamu meluangkan waktu untuk membangun hobi ini, tentunya akan lebih detail lagi hasil aquascape yang kamu bangun.

Setelah berhasil membangun aquascape, tentu kamu juga dituntut untuk mempertahankan keindahan dari landskap yang sudah kamu ciptakan, yaitu dengan rajin membersihkan.

Dalam proses membersihkan aquascape kamu tidak perlu repot-repot harus menguras akuarium, loh!

Pasalnya ada beberapa jenis ikan yang bisa kalian pelihara untuk membantu menjaga kebersihan di dalam aquascape mu, sebab mereka akan memakan lumut, alga, dan Tanin.

Nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak rangkuman di bawah ini!


Alga Eater atau Ikan Pembersih Aquascape Terbaik

Alga Eater atau Ikan Pembersih Aquascape Terbaik


1. Ikan CAE (Chinese Alga Eater)

Ikan Chinese Alga Eater

Ikan CAE atau yang kerap disebut dengan lemon alga eater merupakan salah satu jenis ikan pemakan lumut dengan bentuk tubuhnya yang menyerupai buah lemon.

Di habitat aslinya ikan pemakan ganggang atau lumut ini dapat tumbuh mencapai 28 cm.


2. Ikan SAE (Siamase Alga Eater)

Siamase Alga Eater

Boleh dikatakan ikan hias satu ini cukup populer mengingat ia sangat ulung dalam membersihkan aquascape dari serangan lumut.

Keunggulan lain dari siamase alga eater yakni sifatnya yang sangat ramah sehingga dapat disatukan dengan ikan hias lainnya.

Ikan SAE ini tergolong ikan omnivora, sebab selain makan ganggang dan lumut, ternyata dia juga mau makan cacing pipih yang kerap muncul di dalam aquascape.

Keberadaan cacing pipih tentu bukan hal yang remeh, pasalnya cacing tersebut juga dapat mengganggu ekosistem di dalam aquascape.


3. Ikan Otocinclus

Ikan Otocinclus

Ikan Otocinclus ini termasuk alga eater yang paling banyak di cari, karena ukuran badannya yang relatif kecil.

Walaupun ukuran tubuhnya yang terbilang kecil, siapa sangka ikan ini memiliki etos kerja yang mumpuni dalam membersihkan lumut di dalam aquascape, loh!

Keunggulan lain dari ikan Otocinclus yaitu sifatnya yang ramah dan bersahabat membuatnya sangat cocok untuk disatukan dengan ikan kecil lainnya seperti neon tetra, cardinal, dan udang hias.


4. Ikan Pleco (Plecostomus)

Ikan Pleco (Plecostomus)

Pleco merupakan salah satu jenis ikan yang masih berkerabat dekat dengan ikan sapu-sapu ini terkenal berkat keahliannya dalam membasmi alga.

Meski demikian, ikan pembersih aquascape ini juga berpotensi memakan tanaman yang ada di dalam akuarium, loh!

Maka dari itu, jika kamu tertarik untuk memelihara ikan pleco di dalam aquascape, pastikan kamu memilih yang masih kecil.

Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya serangan pada tanaman aquascape yang kamu miliki.


5. Ikan Brushmouth

Ikan Brushmouth

Alga eater satu ini masih satu spesies dengan ikan pleco ini ternyata sangat efektif dalam membantu menghilangkan lumut atau green spot.

Selain itu, alga eater ini tergolong ikan yang bersahabat dan sangat mudah ditemukan di Indonesia.


6. Ikan Corydoras

Ikan hias corydoras Panda

Corydoras merupakan spesies ikan yang berasal dari Amerika Selatan ini ternyata masih satu kerabat dekat dengan lele hias, loh!

Keunggulan dari ikan corydoras selain sifatnya yang pendiam, siapa sangka ia dapat membantu mu dalam membersihkan alga dan sisa-sisa makanan ikan lain yang berada di dasar akuarium.


7. Ikan Molly

Ikan hias molly

Molly merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat mudah untuk dipelihara dan mudah kalian temukan di pasaran.

Ikan molly sendiri termasuk ikan omnivora atau pemakan segala tak terkecuali lumut, alga dan ganggang.

Selain itu, ikan molly ini sangat efektif untuk mengatasi kayu aquascape yang berlendir.

Hal itu dapat terjadi karena ikan molly tergolong menyukai tanin atau getah kayu yang masih menempel.

Selain itu, kamu dapat memilih berbagai jenis ikan molly yang cantik dan mudah dipelihara.


8. Ikan Platy

Ikan hias platy

Tak jauh berbeda dengan ikan molly, jenis alga eater ini sangat menyukai makanan layaknya ikan molly, diantaranya seperti alga, lumut bahkan hingga tannin.

Salah satu nilai plus dan menjadi daya tarik dari ikan platy yakni tampilannya unik dengan corak serta warna tubuhnya yang amat indah, selain itu ikan platy dapat dengan mudah berbaur dengan ikan hias lainnya.


9. Udang Amano

Udang Amano

Siapa sangka selain ikan, ternyata kamu juga dapat menghias aquascape dengan memelihara udang pemakan alga, loh!

Kelebihan dari memelihara udang hias Amano di dalam akuarium tak hanya mampu membersihkan dari alga, melainkan ia juga mau memakan sisa-sisa makanan dari ikan hias yang berada di dalam aquascape.


10. Twig Catfish

Twig Catfish

Twig catfish atau ikan dengan nama latin Farlowella acus ini begitu menyukai berbagai macam jenis alga yang tumbuh di dalam aquascape.

Meski demikian, untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya tetap terjaga kamu harus memberikan suplemen tambahan misalnya seperti tablet ganggang Spirulina tiap 2 - 3 kali dalam seminggu.

Selain itu, ikan twig catfish ini mampu tumbuh hingga 20 cm.


***


Jadi itulah pembahasan mengenai jenis-jenis alga eater atau ikan pembersih aquascape yang perlu kalian ketahui.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar aquascape hanya di BlogDaffa.com, ya!