Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Ciri Perkutut Lokal yang Bagus Dipelihara

Seperti namanya perkutut lokal merupakan burung endemik Indonesia yang berasal dari hutan. Hal tersebut menjadikan perkutut lokal begitu digemari oleh Kung Mania. Sebab, perkutut lokal memiliki katuranggan atau cirimathi yang sangat bagus untuk dipelihara. Selain itu, mitos perkutut lokal sering dipercaya mampu mendatangkan rezeki, keberuntungan dan hal-hal lainnya.

Bagi sebagian orang yang mempercayai hal-hal yang berbau mistis tentu saja akan memilih perkutut lokal sebagai hewan peliharaan.

Namun, terlepas dari itu semua burung perkutut lokal cenderung memiliki kualitas yang kurang, sebab suara perkutut lokal terdengar begitu pelan dan tipis.

Meski memiliki kualitas suara yang kurang, akan tetapi perkutut lokal memiliki irama yang terdengar cepat dengan suara kung patah-patah.

Jika dinilai dari segi suaranya, para kung mania lebih condong memilih Perkutut Bangkok yang dianugerahi suara besar dan terdengar ngebass.

Namun, tak sedikit pula para kung mania yang begitu jatuh hati terhadap perkutut lokal karena memiliki hal-hal mistis.

Membahas tentang perkutut lokal, sebetulnya ciri-ciri perkutut lokal yang bagus dan gacor seperti apa ya?

Berikut ini adalah rangkuman mengenai cara memilih bakalan perkutut lokal yang bagus!


Ciri-ciri Perkutut Lokal yang Bagus

Ciri-ciri Perkutut Lokal yang Bagus


1. Kepala Perkutut Besar

Bila kalian amati dengan seksama, pasti kamu juga akan menyimpulkan bahwasanya perkutut lokal cenderung memiliki kepala jauh lebih besar dibandingkan dengan jenis lainnya.

Ukuran kepala yang besar seringkali dikaitkan dengan ukuran otaknya yang besar dan pintar.


2. Hidung Perkutut Besar

Selain kepala, ternyata hidung dari perkutut lokal juga tampak besar. Katuranggan dari tersebut dapat diartikan bahwa perkutut lokal mempunyai nafas yang kuat sehingga mampu manggung dengan durasi lebih panjang.


3. Ukuran Tubuh Perkutut Besar

Ciri-ciri burung perkutut lokal yang bagus bisa dilihat dari ukuran tubuhnya yang besar.

Pasalnya, badan perkutut yang besar menandakan bahwa fisiknya sangat kuat untuk manggung di saat lomba.


4. Pupur Abu-abu

Pupur abu-abu yang terdapat pada bagian atas paruh melebar hingga bagian atas mata, ciri khas tersebut hanya dimiliki oleh perkutut lokal yang bagus saja.

Jadi kecil kemungkinan ciri-ciri tersebut dapat dijumpai pada jenis perkutut lainnya, ya!


5. Paruh Perkutut Panjang

Biasanya perkutut lokal yang bagus mempunyai paruh yang panjang. Jika perkutut memiliki paruh panjang hal itu menandakan burung tersebut rajin berbunyi.


6. Bola Mata Bulat

Perkutut lokal yang bagus yaitu memiliki bola mata bulat dengan sorot mata tajam dan tampak lebar. Ciri-ciri tersebut membuktikan bahwa burung perkutut sering melihat burung lain atau mangsa dari kejauhan di dalam hutan.


7. Lingkar Garis Hitam Tegas

Bagian lurik atau lingkar garis hitam perkutut lokal yang bagus selalu terlihat jelas dan tegas. Mungkin ciri tersebut dapat kalian jumpai pada jenis perkutut lain.


8. Leher Abu-abu

Burung perkutut lokal memiliki bulu berwarna abu-abu terang pada bagian leher dengan corak yang melebar.


9. Punggung Agak Menonjol

Apabila kalian amati dari samping, maka perkutut lokal yang berkualitas akan tampak bagian punggungnya sedikit menonjol ke atas menyerupai punuk onta.


10. Dada Melengkung ke Dalam

Untuk bagian dada perkutut lokal yang bagus justru kebalikannya dari bagian punggung, yakni cenderung melengkung kedalam.


11. Bulu Ekor Panjang

Sedangkan untuk bagian ekornya memiliki ukuran yang panjang, semakin panjang bulu ekornya, maka akan semakin bagus pula kualitas burung perkutut lokal tersebut.


12. Fisik Lebih Gagah

Apabila kalian amati secara keseluruhan, maka bagian fisik perkutut lokal jauh lebih gagah dan proporsional.


13. Warna Kaki Perkutut Lokal

Ciri-ciri Perkutut Lokal yang Bagus bisa kalian amati pada bagian kakinya akan nampak lebih pendek dengan warna keunguan atau merah kehitaman.


****


Jadi, itulah pembahasan mengenai ciri-ciri perkutut lokal yang bagus untuk dipelihara di rumah. Sedangkan untuk masalah mitos perkutut lokal, kamu boleh mempercayai ataupun tidak.

Hanya saja burung perkutut lokal memiliki katuranggan atau cirimathi yang bagus untuk dipelihara.

Hal itu sudah terbukti sampai saat ini tak sedikit orang yang memelihara burung perkutut lokal hasil dari tangkapan hutan.

Akan tetapi, karena seringkali ditangkap, perkutut lokal asli hutan menjadi kian menurun drastis.

Sehingga kondisi tersebut membuat perkutut lokal asli hutan sangat sulit untuk di dapatkan.

Tak sedikit orang yang memelihara perkutut lokal hasil dari penangkaran. Pasalnya, ternak perkutut lokal jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan berburu langsung di hutan.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar binatang peliharaan hanya di BlogDaffa.com, ya!