Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 7 Tips Berkebun Di Rooftop Rumah Dengan Lahan Terbatas. Ciptakan Taman Yang Berbeda!

Berkebun di rooftop bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang tepat jika kamu tinggal di lahan yang terbatas. Akan tetapi, sebelum melakukannya, sebaiknya kamu perlu mengetahui bagaimana tips berkebun di rooftop untuk menghindari kesalahan.

Tinggal di daerah perkotaan memang sangat identik dengan istilah hutan beton, khususnya di kota besar.

Sehingga sangat minim lahan hijau, terlebih lagi untuk rumah pribadi yang mempunyai lahan terbatas.

Karena minimnya lahan yang di miliki, tentu membuat taman di halaman rumah merupakan suatu hal yang sangat tidak mungkin.

Oleh karena itu, taman rooftop bisa menjadi salah satu pilihan alternatif terbaik  bagi kamu yang menginginkan area hijau di rumah.

Walaupun demikian, cara pembuatan taman di rooftop memerlukan perlakuan serta perawatan yang berbeda dengan taman pada umumnya.

Ada beberapa hal yang harus mendapatkan perhatian khusus ketika kamu hendak membuat taman di rooftop rumah.

Nah, berikut ini tips berkebun di rooftop rumah yang dapat kamu lakukan.


Tips Berkebun di Rooftop Rumah

Tips Berkebun di Rooftop Rumah


1. Buatlah Perencanaan yang Matang

Buatlah Perencanaan yang Matang

Tips berkebun di rooftop rumah yang harus kamu pakai adalah membuat perencanaan yang matang.

Perencanaan itu mencakup semua hal yang berkaitan dengan kebun ataupun taman yang hendak kalian buat.

Mulai dari kekuatan bangunan untuk menopang beban, pemilihan media dalam berkebun, sistem drainase, bahkan hingga pemilihan tanaman.

Salah satu hal yang tidak boleh kamu tinggalkan dalam membuat perencanaan kebun di rooftop rumah yakni membuat desain kebun yang akan kamu buat nantinya.


2. Konsultasi dengan Arsitek

Berkebun pada rooftop rumah, kamu tidak boleh melakukannya dengan sembarangan, melainkan kamu perlu mengetahui bahwasanya struktur atau kerangka rumahmu kuat untuk menopang beban yang begitu berat.

Nah, untuk mengetahui hal tersebut dengan pasti, maka kamu perlu berkonsultasi dengan building engineering atau arsitek yang membangun rumah mu dulu.

Namun, jika hal itu terbilang tidak memungkinkan, sebagai pilihan alternatif paling tepat untuk membuat kebun di rooftop rumah yakni dengan membuat sebuah taman dengan bobot seminimal mungkin.


3. Perhatikan Penggunaan Tanah

Nah, untuk menumbuhkan tanaman di rooftop rumah, tentunya kamu juga harus memilih jenis tanah yang sesuai, sebab kondisi ini sangat berbeda dengan menanam tanaman langsung di halaman rumah, loh ya!

Pasalnya taman yang terletak di rooftop rumah, cenderung memiliki aerasi yang sedikit.

Kondisi demikian, kamu perlu menggunakan campuran media tanam yang tepat supaya tanaman mu mampu tumbuh secara maksimal.


4. Pertimbangkan Pemilihan Pot dan Wadah

Pertimbangkan Pemilihan Pot dan Wadah

Tak sekedar media tanam, kamu juga perlu mempertimbangkan penggunaan pot atau wadah media tanam yang tepat.

Tak hanya itu saja, kamu juga perlu memperhatikan pot atau wadah yang cocok dengan jenis tanaman serta kemampuan struktur bangunan dalam menerima beban yang berat.


5. Siapkan Drainase yang Baik

Tak bisa dipungkiri setiap taman tentunya memerlukan drainase yang bagus, terlebih lagi untuk taman yang terletak pada rooftop rumah.

Hal yang musti kalian perhatikan yaitu pastikan setiap pot atau wadah yang kalian pakai untuk menanam memiliki lubang drainase yang baik di bagain bawah, ya!


6. Pilihlah Jenis Lantai yang Tepat

Pilihlah Jenis Lantai yang Tepat

Hal yang perlu kamu ketahui bahwasanya berkebun pada rooftop rumah tak sekedar menanam tanaman saja, akan tetapi kamu juga harus memastikan bahwa kehadiran taman tersebut mampu menjadikan tempat yang nyaman pula.

Sebagai contoh misalnya dengan membuat taman di rooftop bisa kalian gunakan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu luang mu atau bisa juga sebagai tempat keluarga berkumpul, dan lain sebagainya.

Nah, untuk memaksimalkan fungsi taman, kamu juga perlu menentukan jenis lantai yang tepat sehingga mampu bersinergi dengan taman yang kamu buat.

Salah satu pilihan material lantai yang menarik untuk kalian gunakan ialah lantai kayu yang dipakai sebagai pelapis lantai di rooftop rumah.


7. Pilih Jenis Tanaman yang Sesuai

Pilih Jenis Tanaman yang Sesuai

Tips berkebun di rooftop yang perlu kalian ketahui yaitu memilih jenis tanaman yang tepat.

Ketika sedang menentukan jenis tanaman, hal yang perlu kalian ketahui apakah tanaman tersebut memerlukan pertumbuhan akar yang dalam atau tidak.

Jika iya, maka kamu membutuhkan pot dengan ukuran besar dan media tanam yang lumayan dalam pula.

Akan tetapi, jika kamu menghendaki tanaman yang mudah di rawat, kamu perlu mempertimbangkan tanaman hias bunga.


****


Demikian informasi mengenai tips berkebun di rooftop rumah dengan lahan yang terbatas.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar tanaman hanya di BlogDaffa.com, ya!