Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi serta 7 Hal yang Wajib Kamu Ketahui!

Seperti yang sudah kita ketahui bahwasanya perbedaan cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi sekilas memang kurang jelas bagi sebagian kicau mania. Meski demikian, tak sedikit orang yang bisa melihat perbedaan tersebut dengan jelas.

Hal ini memang tergolong lumrah dan bisa dimaklumi mengingat di Indonesia sendiri terdapat 5 jenis burung cucak ijo, diantara ke-lima jenis tersebut burung yang populer adalah jenis cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi.

Bisa dikatakan untuk saat ini burung cucak ijo adalah salah satu burung populer dikalangan kolektor.

Hal paling utama yang menjadi daya tarik burung cucak ijo sendiri terdapat pada suara kicauannya yang terdengar sangat khas.

Tak cukup sampai disitu saja, burung cantik ini ternyata masih mempunyai daya tarik lain, seperti terdapat banyaknya ragam atau jenis burung tersebut yang mempunyai ciri khas masing-masing.

Salah satu daya tarik paling memukau yaitu terletak pada harga jual dari burung ini. Khusus untuk jenis burung cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi bisa dikatakan harga jualnya lumayan tinggi.

Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya demi mendapatkan burung cucak ijo yang bisa diternakkan dan anakan yang dihasilkan dari penangkaran tersebut di jual kembali ke pasaran.

Tak sedikit dari para penghobi burung kicauan yang mulai terjun untuk menggeluti bidang bisnis peternakan cucak ijo.

Mungkin kamu salah satu orang yang tertarik juga untuk mencoba budidaya cucak ijo di rumah?

Nah, hanya sekedar saran dari kami, apabila kalian ingin menangkar burung cucak ijo, sebaiknya kalian ternak saja burung cucak ijo Banyuwangi, karena memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya.

Hal yang terpenting sebelum beternak cucak ijo di rumah, apakah kamu sudah mengetahui tentang perbedaan cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi?

Nah, untuk mempermudah kalian yang belum begitu faham mengenai perbedaan antara cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi, maka kalian cukup simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini, ya!


7 Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi

Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi

Jenis cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi merupakan jenis cucak ijo paling populer dibandingkan dengan jenis lainnya.

Salah satu faktor yang menjadikan burung ini begitu diminati tak lain karena memiliki bentuk serta warna bulu yang indah dan sangat khas.

Faktor lainnya yang membantu mendongkrak popularitas serta harga jual dari burung cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi tak lain terletak pada kicaunya yang terdengar begitu lantang dan gacor.

Terlebih lagi jika cucak ijo yang kita miliki telah menyabet gelar juara dalam lomba kicau, wah... Bisa dipastikan kita akan panen pundi-pundi rupiah, dong!

Khusus bagi kamu yang masih pemula dan ingin tahu lebih detail mengenai perbedaan antara cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi, bisa langsung simak 7 ulasan lengkap tentang perbedaan keduanya yang dapat dijadikan sebagai patokan sebelum membeli burung.


1. Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi dari Postur Tubuh

Salah satu perbedaan antara cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi yang bisa kalian amati ialah dari segi postur tubuhnya.

Pasalnya terdapat ciri-ciri khas yang sangat identik dari cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi apabila kamu teliti serta jeli.

Pastinya kamu akan menemukan beberapa perbedaan tersebut, diantaranya seperti ini:

  • Bila diamati dari segi fisiknya cucak ijo Banyuwangi cenderung lebih panjang jika dibandingkan dengan postur tubuh cucak ijo Kalimantan.
  • Fisik cucak ijo Banyuwangi nampak lebih lentur, sehingga ketika dilihat dengan teliti akan nampak tubuhnya sedikit melengkung.
  • Sementara untuk jenis cucak ijo Kalimantan, biasanya memiliki postur tubuh relatif lebih pendek dengan badan yang tampak lurus.

Dengan memahami kriteria bentuk tubuhnya saja bisa dipastikan kamu dapat dengan mudah mengetahui perbedaan antara kedua jenis burung tersebut.

Terlebih lagi jika kamu sudah terbiasa mengamatinya, pasti kamu jauh lebih mudah membedakannya meskipun kamu hanya melihat sekilas pandang saja.


2. Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi Ketika Ngeroll

Tak hanya bisa diamati dari segi postur tubuhnya saja, melainkan kita juga bisa membedakan cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi ketika burung tersebut sedang ngeroll.

Ngeroll merupakan sebuah kemampuan yang diperlihatkan oleh burung kicauan ketika sedang berkicau secara sambung-menyambung.

Sehingga kicauannya terdengar seolah-olah menjadi lama dan seakan-akan tidak putus.

  • Jenis cucak ijo Banyuwangi mempunyai ciri khas paling identik dan tidak dimiliki oleh jenis cucak ijo lainnya, yaitu ketika burung cucak ijo Banyuwangi ini tengah ngentrok maka ia akan menaikkan jambul di kepalanya.
  • Sepintas adegan tersebut seperti menunjukkan bahwa cucak ijo Banyuwangi jauh lebih atraktif dan gentle dibandingkan burung cucak ijo lainnya.
  • Dalam konteks ini, kita tidak akan pernah menemukannya pada burung cucak ijo Kalimantan.
  • Pasalnya, burung cucak ijo Kalimantan nampak sama meskipun ia sedang ngeroll ataupun tidak, jambul pada kepalanya tidak akan pernah kalian lihat.

Bagi sebagian orang juga menganggap bahwa cucak ijo yang mampu menunjukkan jambulnya tampak jauh lebih indah dan menawan.

Mungkin karena hal ini pula yang menjadi alasan utama mengapa sebagian besar orang jauh lebih memilih cucak ijo Banyuwangi dibandingkan dengan cucak ijo Kalimantan.


3. Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi dari Warna Tubuh

Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi selanjutnya yang bisa kalian amati yaitu dari warna bulu pada tubuhnya.

Sama halnya dengan nama yang tersemat pada burung ini, bahwasanya burung ini memiliki warna yang dominan yaitu hijau.

Meski demikian, jika kita amati dengan teliti tentunya kita akan menemukan perbedaan warna yang terdapat pada tiap-tiap burung cucak ijo, loh!

  • Sebagai contoh misalnya burung cucak ijo Banyuwangi cenderung memiliki bulu dengan warna yang dominan hijau tua atau hijau gelap.
  • Sementara untuk Cucak Ijo Kalimantan justru memiliki warna hijau terang bahkan sampai terlihat kekuningan.

Nah, untuk menemukan perbedaan warna bulunya, kamu perlu mengamatinya dengan teliti, ya.

Supaya lebih mudah kamu bisa membandingkan perbedaan warna tubuh burung tersebut dengan cara membandingkannya secara langsung.


4. Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi dari Karakteristik Ekornya

Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi dapat di identifikasi melalui bentuk ekornya.

Sebab diantara kedua jenis cucak ijo ini mempunyai karakteristik ekor yang berbeda.

  • Jenis cucak ijo Banyuwangi mempunyai ekor jauh lebih panjang dan nampak lentur (tidak kaku).
  • Tak hanya itu, bulu ekornya nampak lurus dan tidak melengkung.
  • Sedangkan untuk jenis Kalimantan mempunyai ciri-ciri sebaliknya. Ukuran ekornya cenderung lebih pendek, akan tetapi tampak lebih lentur jika dibanding dengan cucak ijo Banyuwangi.
  • Karena memiliki ekor yang lentur, sehingga secara sepintas membuat ekornya terlihat sedikit lebih melengkung.

Sebagai masukan saja, alangkah baiknya selain dengan melihat kamu harus mencoba memegangnya.

Karena jika kita hanya mengandalkan penglihatan saja, cenderung lebih sulit untuk membedakan ciri-ciri tersebut. Lain halnya bila kamu meraba secara langsung.

Pasalnya ketika kamu memegangnya secara langsung kamu bisa merasakan apakah ekor burung tersebut tergolong lentur ataupun tidak. Dengan demikian tentu saja proses membedakannya jauh lebih mudah dibandingkan dengan sekedar mengamati saja.



5. Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi dari Suara Kicauannya

Perbedaan antara Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi berikut ini bukan dinilai dari ciri-ciri fisiknya, melainkan dinilai melalui suara kicauannya.

Apabila kita bandingkan dari segi karakteristik kicauannya, nampaknya burung cucak ijo Banyuwangi jauh lebih unggul.

  • Cucak ijo Banyuwangi cenderung memiliki tipe suara jauh lebih bervariatif, dan irama yang dihasilkan dari suara kicauannya terdengar lebih panjang.
  • Karakteristik kicauan dari jenis burung cucak ijo Banyuwangi akan lebih menonjol dan dapat terlihat lebih jelas ketika burung dalam posisi di adu dalam suatu ajang perlombaan burung kicauan.
  • Sementara untuk jenis cucak ijo Kalimantan mempunyai karakteristik sebaliknya, jika dinilai dari segi kicaunya menurut sebagian para penghobi menganggap bahwa jenis Kalimantan berada pada level yang lebih rendah bila dibandingkan dengan jenis Banyuwangi.
  • Pasalnya jenis Kalimantan cenderung terlebih monoton, kurang bervariasi dan terdengar seolah-olah itu-itu saja.
  • Irama nada dari suara kicauannya cenderung lebih pendek.

Meski demikian, ada satu hal yang perlu kita semua ketahui bahwasanya karakteristik dari suara burung cucak ijo dapat dibentuk melalui pelatihan serta perawatan yang baik.

Oleh sebab itu, tidak menutup kemungkinan bila cucak ijo Kalimantan yang mendapat metode pelatihan dan perawatan yang baik bisa lebih unggul dari cucak ijo Banyuwangi yang tidak terlatih.

Dengan demikian, untuk membedakan dua jenis burung cucak ijo ini bila dilihat dari segi suara kicauannya tergolong sangat sulit.

Pasalnya kalian dituntut untuk jauh lebih peka ketika sedang mendengarkan suara kicauannya.

Selain itu kamu juga perlu menggali informasi mengenai latar belakang dari mana burung tersebut berasal.

Apakah burung tersebut sudah terlatih ataupun sebaliknya.


6. Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi Berdasarkan Posisi Saat Berkicau

Tak hanya dapat dibedakan melalui suara kicauannya saja, kamu juga dapat mengamati perbedaan burung tersebut melalui posisi kedua burung tersebut ketika sedang berkicau.

Artinya kamu perlu mengawasi gerak-gerik burung tersebut ketika mereka tengah berkicau.

  • Cucak ijo jenis Banyuwangi biasannya cenderung lebih atraktif ketika sedang berkicau. Sebab burung ini tidak dapat diam ketika mereka sedang berkicau.
  • Cucak ijo Banyuwangi terlihat aktif dengan berpindah-pindah posisi, atau paling tidak ia akan menggerakkan anggota badan yang lain.
  • Sementara untuk Cucak Ijo jenis Kalimantan biasanya mereka tidak seaktif dan selincah cucak ijo Banyuwangi.
  • Ketika sedang berkicau burung cucak ijo Kalimantan cenderung tidak banyak gerak, bahkan tak jarang mereka hanya berdiam diri di tempatnya bertengger.

Nah, dari perbedaan tersebut kamu perlu memperhatikan perbedaan tersebut dengan saksama.

Terlebih pada setiap gerakan dari kedua jenis burung cucak ijo ini.

Setelah kamu amati secara teliti dengan menerapkan ciri-ciri di atas, tentunya kamu akan segera menemukan perbedaannya dengan cepat dan mudah.


7. Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi Berdasarkan Standar Harga

Mungkin diantara beberapa perbedaan yang sudah kami jabarkan pada tulisan sebelumnya, perbedaan yang terakhir ini merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu.

Jika diamati dari standar harga, cucak ijo Banyuwangi mempunyai harga yang relatif lebih mahal bila dibandingkan dengan jenis cucak ijo Kalimantan.

Tentunya hal tersebut berbanding lurus dengan kualitas burung tersebut, loh ya!

Berdasarkan menurut pengamatan dari beberapa peneliti burung, cucak ijo Banyuwangi bisa dikatakan jauh lebih unggul, khususnya terletak pada keunikan yang termasuk ke dalam serangkaian ciri-ciri di atas.

Berikut ini merupakan kisaran dan daftar harga dari kedua jenis burung cucak ijo menurut data terbaru.

Jenis Cucak Ijo Kalimantan

  • Cucak ijo Kalimantan bakalan: Rp 550.00,- hingga Rp 750.000,- an.
  • Cucak ijo Kalimantan dewasa: Rp 650.000,- hingga Rp 1 jutaan.
  • Cucak ijo Kalimantan berprestasi: Rp 1 juta hingga Rp 3jutaan.

Jenis Cucak Ijo Banyuwangi

  • Cucak ijo Banyuwangi bakalan: Rp 800.000 - Rp 1.200.00 an.
  • Cucak ijo Banyuwangi dewasa: Rp 1.000.000 - Rp 2.000.000 an.
  • Cucak ijo Banyuwangi berprestasi: Rp 1.500.000 - Rp 5.000.000 an.

Nah, dari segi harga yang ditawarkan pada daftar di atas, sudah sangat jelas perbedaannya bukan?

Oleh sebab itu, dari segi harganya saja sudah bisa menjadi patokan tambahan untuk membedakan antara dua jenis cucak ijo ini.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu menanyakan terlebih dahulu kepada penjualannya mengenai jenis cucak ijo yang ia tawarkan.

Akan tetapi, jauh lebih baik lagi bila kamu terlebih dahulu mencari harga pasarannya yang terbaru.

Hal itu bertujuan supaya kalian tetap up to date mengenai harga dan tentunya tidak ketinggalan akan informasi seputar cucak ijo secara umum.


****


Jadi, itulah pembahasan mengenai 7 perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi yang perlu kalian ketahui.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar burung kicauan hanya di BlogDaffa.com, ya!