Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tanaman Hias Cantik Pengusir Nyamuk Yang Paling Mudah Untuk Dipelihara di Rumah!

Nyamuk merupakan salah satu hewan paling menyebalkan, bukan?
Selain menggunakan obat, ternyata ada beberapa jenis tanaman hias yang mampu mengusir nyamuk dari rumah, loh!

Tak sedikit orang cenderung lebih memilih cara yang instan dalam rangka mengusir kehadiran nyamuk di rumah dibandingkan dengan memanfaatkan berbagai jenis tanaman hias untuk menghalau nyamuk datang ke rumah.

Tak bisa dipungkiri penggunaan obat-obatan pengusir nyamuk juga mempunyai efek samping yang berbahaya mengingat ada banyak sekali kandungan bahan kimia di dalamnya.

Padahal, bila di telusuri lebih jauh pemanfaatan tanaman hias indoor ataupun outdoor juga sangat efektif dalam mengusir nyamuk dari rumah.

Tidak percaya nih?

Silahkan simak ulasan berikut ini mengenai beberapa tanaman pengusir nyamuk alami yang sudah terbukti ampuh di bawah ini!


7 Tanaman Pengusir Nyamuk di Rumah yang Sudah Terbukti Paling Ampuh

Jenis tanaman pengusir nyamuk alami

1. Lavender

Bunga lavender tanaman pengusir nyamuk alami

Bunga lavender sudah lama terkenal sebagai salah satu tanaman pengusir nyamuk paling efektif dan sudah banyak di gunakan di seluruh penjuru dunia.

Hal itu karena bunga lavender mampu mengeluarkan aroma wangi yang menyegarkan dan sangat di sukai oleh manusia, namun aroma tersebut justru paling di benci keberadaanya oleh nyamuk.

Oleh sebab itu, tak ayal apabila obat nyamuk sering menggunakan lavender sebagai salah satu bahan campuran berkat aromanya mampu mengusir nyamuk.

Untuk mengusir nyamuk datang ke rumah mu, kamu bisa menanam bunga lavender baik menggunakan pot atau ditanamnya langsung pada tanah tepat di jendela kamar mu, ya!


2. Bunga Geranium

Bunga Geranium tanaman pengusir nyamuk alami


Bunga pengusir nyamuk selanjutnya yaitu bunga geranium, meski tanaman hias ini mempunyai beragam varian, akan tetapi semuanya memiliki khasiat yang sama yakni tanaman pengusir nyamuk alami.

Bunga geranium atau acap kali disebut dengan bunga tapak dara mengandung zat geraniol dan sitronelol yang memiliki aroma paling tidak disukai oleh nyamuk.

Dengan demikian kamu bisa memanfaatkan bunga geranium sebagai salah satu tanaman hias indoor ataupun outdoor yang mempunyai beragam manfaatnya.

Selain dapat digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk alami, ternyata bunga geranium juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu relaksasi dan obat stress alami.


3. Serai Wangi

Serai Wangi tanaman pengusir nyamuk alami


Tanaman serai selama ini kita kenal sebagai bumbu penyedap makanan ataupun minuman, ternyata serai juga dapat digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk alami.

Tanaman serai memiliki aroma yang paling tidak disukai oleh nyamuk, sehingga tak jarang serai kerap kali dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan losion anti nyamuk.

Kamu bisa menggunakan serai wangi ini sebagai koleksi tanaman hias outdoor bahkan kamu juga bisa memanfaatkan minyak serai untuk digunakan sebagai losion anti nyamuk alami.


4. Lemon Balm

Lemon balm tanaman pengusir nyamuk alami


Sejatinya lemon balm bukan tanaman hias indoor pengusir nyamuk, akan tetapi khasiatnya dalam mengusir nyamuk tidak boleh dianggap remeh, loh!

Pasalnya kandungan seperti sitronelol yang terdapat pada lemon balm merupakan salah satu zat yang paling tidak disukai oleh nyamuk.

Selain itu, kandungan nektar yang ada pada bunga lemon balm justru sangat disukai oleh kupu-kupu dan berbagai jenis hewan pemakan nektar lainnya.

Dengan demikian sudah tidak aneh apabila hewan pemakan nektar sering mengunjungi bunga lemon balm.



5 Catnip

Catnip tanaman pengusir nyamuk alami

Catnip atau Nepeta catari merupakan tanaman anti nyamuk outdoor yang tergolong sangat unik.

Pasalnya tanaman catnip ini mempunyai aroma yang sangat di sukai oleh kucing yang mampu membuatnya untuk tetap berada disampingnya, namun aroma tersebut justru sangat ditakuti oleh nyamuk.

Selain itu, tanaman catnip juga dapat di olah menjadi minyak esensial atau acap kali disebut dengan nepetalacton yang berkhasiat sangat ampuh dibandingkan dengan obat DEET (Diethyl-meta-toluamide).

Selain efektif sebagai pengusir nyamuk alami, ternyata catnip juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias outdoor, loh!

Namun ada hal yang musti kalian perhatikan jika ingin menanam catnip yaitu tempat penanamannya. Sebab tanaman catnip ini dapat tumbuh tinggi, sehingga bila diabaikan bisa menghalangi pemandangan.


6. Bunga Rosemary

Bunga Rosemary tanaman pengusir nyamuk alami

Sama halnya dengan tanaman pengusir nyamuk alami lainnya, bunga rosemary juga mampu mengeluarkan aroma yang sangat kuat dan aroma tersebut sangat dibenci oleh nyamuk.

Bunga pengusir nyamuk ini mempunyai tingkat daya tahan hidup yang sangat tinggi sehingga sangat cocok rasanya bila dijadikan salah satu tanaman anti nyamuk di dalam kamar.

Meski bunga rosemary ini memiliki daya tahan yang tinggi terhadap paparan sinar matahari, namun ia sangat tidak cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias outdoor.


7. Mosquito Plant

Mosquito Plant pengusir nyamuk alami

Sepintas dari namanya saja kita sudah bisa memastikan bahwasanya tanaman ini sangat efektif dalam mengusir nyamuk.

Bahkan menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Van Leeni, mosquito plant sangat efektif dalam membantu menurunkan kemampuan nyamuk dalam mendeteksi CO² (Karbondioksida).

Pada dasarnya ada beberapa jenis mosquito plant yang sudah cukup populer, meski demikian masih ada banyak jenis lainnya yang belum diketahui oleh khalayak ramai.

Salah satu diantaranya adalah southernwood yang kini cukup populer di negara Australia yang sangat efektif dalam mengusir nyamuk.


***


Nah, itulah beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk alami yang perlu kalian ketahui.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar tanaman hias hanya di BlogDaffa, oke!