Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Manfaat Tanaman Bonsai untuk Kesehatan dan Kehidupan yang jarang diketahui!

Bonsai merupakan tanaman hias atau bisa juga disebut sebagai miniatur dari pohon besar yang sudah berusia ratusan tahun. Selain mempunyai tampilan yang indah, ternyata tanaman bonsai menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan, loh!

Karya seni mengerdilkan pohon ini telah ada cukup lama dan diperkirakan berusia ribuan tahun, teknik membuat bonsai ini berasal dari salah satu kebudayaan di negara Jepang.

Tujuan dari pembuatan bonsai tak lain ialah untuk mendapatkan miniatur pohon besar yang berumur tua dengan bentuk yang lebih mungil.

Sementara tujuan akhir bagi para penggiat tanaman bonsai tak hanya sebagai miniatur saja melainkan sebagai subjek artistik.

Subjek tersebut difungsikan sebagai kontemplasi serta refleksi dari berbagai macam jenis tanaman yang ada di alam liar.

Karena memiliki bentuk yang mungil membuat bonsai sangat cocok untuk digunakan sebagai elemen dekorasi untuk mempercantik hunian minimalis mu, loh!

Berikut Beberapa Manfaat Tanaman Bonsai bagi Pemiliknya:

  • Mampu mengurangi stres
  • Ketika kamu merawat bonsai, maka tubuh mu akan dituntut untuk banyak bergerak
  • Mampu merangsang kinerja otak kanan mu agar terus bekerja
  • Mengasah sisi sensitif dalam diri seseorang
  • Membantu meningkatkan ketajaman ingatanmu
  • Memberikan pelajaran tentang ketekunan dalam menjalani kehidupan
  • Membantu membersihkan udara disekitar lingkungan rumah
  • Bisa menjadi teman paling setia di masa tua
  • Bonsai merupakan salah satu tanaman yang memiliki nilai artistik dan unik

11 Manfaat Tanaman Bonsai Untuk Kesehatan

Manfaat bonsai bagi kesehatan tubuh


1. Tanaman Bonsai Mampu Mengurangi Stres

Apakah kamu sudah mengetahui fakta bahwasanya tanaman bonsai populer sebagai salah satu tanaman yang mampu meredakan stress?

Karena fakta inilah yang membuat banyak orang memajang bonsai baik itu di rumah ataupun di kantor.

Sebab dengan mengamati keindahan dari tanaman bonsai ini mampu membuat nafas mu menjadi lebih tenang dan mampu menciptakan hawa yang tenang.

Bahkan bagi masyarakat Jepang seseorang yang suka membuat bonsai dianggap sebagai salah satu hobi yang sangat mengagumkan, loh!


2. Membuatmu Banyak Bergerak Ketika Merawat Bonsai

Dengan merawat bonsai sendiri di rumah, tidak menuntut kemungkinan bahwa kamu akan dituntut untuk lebih banyak bergerak ketika sedang merawatnya.

Hal itu karena kamu akan memotong setiap bagian yang keluar ataupun tak sesuai dengan bentuk bonsai yang telah kamu rencanakan.

Walaupun intensitas pergerakan tubuh mu terbilang cukup rendah, akan tetapi hal ini tentu saja memaksa anggota tubuhmu terus bergerak, bukan?

Dengan tubuh yang sering bergerak inilah yang membantu tubuh mu menjadi lebih sehat, dibandingkan hanya duduk berdiam diri atau rebahan saja.

Selain memotong beberapa bagian yang tidak kamu inginkan, dalam merawat tanaman bonsai kamu juga dituntut untuk melakukan aktivitas fisik lainnya seperti menyiram tanaman, menyiangi tanaman dan memupuk tanaman bonsai agar tumbuh subur.


3. Mengasah Otak Kanan Agar Tetap Bekerja

Dalam merawat bonsai, tak hanya bagian otot dalam tubuhmu saja yang berkerja, melainkan otak mu secara tidak langsung akan terasah dengan sendirinya.

Dalam hal ini otak bagian kanan yang memiliki tanggung jawab atas sisi kreativitas seseorang.

Hal itu karena dalam menanam bonsai, kamu akan mengalami beberapa kemungkinan tak terduga yang bisa kamu alami.

Khususnya hal-hal yang bersangkutan dengan pohon kerdil satu ini ya.

Pasalnya kamu bisa berimajinasi mengenai cara-cara perawatan tanaman bonsai supaya dapat tumbuh eksotik seperti apa yang kamu inginkan.


4. Merawat Tanaman Bonsai akan Mengasah Sisi Sensitif dalam Diri Kita

Untuk memperoleh tanaman bonsai yang indah, tentunya memerlukan proses pembuatan yang tidak mudah.

Oleh karena itu dalam merawat bonsai memerlukan kesadaran penuh layaknya kamu sedang merawat anak.

Pasalnya kamu juga harus memperhatikan serta peka terhadap kebutuhan dan tempat dimana ia tumbuh.

Dalam hal ini secara tidak langsung tanaman bonsai akan membantu mengasah sensitivitas mu dalam menjalani kehidupan sehari-hari.


5. Menjaga Daya Ingat mu Tetap Tajam

Bisa dikatakan memori atau ingatan seseorang adalah jiwa dari dirinya sendiri.

Sebab tanpa adanya ingatan dalam diri seseorang, maka kita hanya sebatas kulit dan daging yang berjalan kosong tanpa memiliki tujuan hidup.

Meski demikian, dengan seiring bertambahnya usia kemampuan mengingat seseorang akan mengalami penurunan.

Oleh karena itu, agar daya ingat mu tidak mengalami penurunan drastis, kamu dapat menanggulangi nya dengan merawat tanaman bonsai atau jenis tanaman hias lainnya.


6. Tanaman Bonsai Mengajarkanmu akan Ketekunan dalam Menjalani Kehidupan

Tanaman bonsai yang tumbuh indah telah melewati berbagai proses ataupun rintangan hidup yang sangat menyakitkan.

Sebab mereka akan di potong, dililit serta di ikat memakai kawat dan dipaksa untuk terus hidup dengan bentuk yang sudah ditentukan oleh pemiliknya.

Meski mengalami berbagai macam perlakuan yang menyakitkan, bonsai akan terus hidup di wadah yang sempit, kecil dan dangkal.

Dari proses inilah kita dapat mengambil pelajaran bahwasanya seseorang yang sudah banyak melewati berbagai rintangan yang menyakitkan dan tetap berjuang untuk menggapai mimpi yang mereka idamkan.

Jauh lebih baik ketimbang orang yang hanya berpangku tangan dan terus berhayal untuk mendapatkan mimpinya tersebut.

Pasalnya luka dalam pertempuran dan perjuangan merupakan sesuatu yang dapat membuatmu menjadi lebih bersinar dari dalam.



7. Bonsai dapat Membersihkan Udara di Dalam Rumah

Memang tidak bisa dipungkiri dengan memelihara tanaman indoor secara tidak langsung akan membantu meningkatkan kualitas udara di dalam rumah.

Meski tanaman tersebut mempunyai ukuran kecil dan mungil tetap saja ia sangat efektif untuk membantu polutan di dalam ruangan.

Selain mampu menyerap polutan berbahaya di dalam ruangan, berkat hadirnya tanaman hias di dalam ruangan juga akan membuat matamu menjadi lebih segar karena memandang daun yang berwarna hijau segar dan tampilan nya yang sangat memukau.


8. Tanaman Bonsai bisa Menjadi Teman Paling Setia di Masa Tua

Apabila tanaman bonsai mu mendapatkan perawatan yang benar, bukan hal yang mustahil jika ia mampu bertahan hidup lebih dari satu dekade lamanya, loh!

Dengan demikian tanaman ini secara tidak langsung akan setia menemani hari-harimu hingga masa tua tiba.

Bahkan ada beberapa tanaman bonsai yang terus hidup selama ratusan tahun lamanya, meski pemilik awalnya sudah tiada.

Karena usianya mampu bertahan hidup lama, membuat tanaman bonsai di negeri Jepang seringkali di wariskan ke generasi berikutnya, bahkan dianggap sebagai pusaka keluarga.


9. Tanaman Hias Artistik dan Unik

Tak jauh berbeda dengan manusia, tanaman hias juga mempunyai ciri khas dan karakteristik nya masing-masing.

Meski mendapatkan perlakuan serta perawatan yang sama bagusnya, sejauh ini belum ada tanaman bonsai yang mempunyai bentuk serta tumbuh menyerupai bonsai lainnya.

Tentu saja, karena sifatnya inilah yang akan membuat bonsai menjadi salah satu jenis tanaman hias yang kaya dengan nilai artistik dan unik.


***


Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat tanaman bonsai bagi kesehatan serta kehidupan kita yang belum diketahui banyak orang.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar tanaman hias hanya di BlogDaffa.com, oke!