Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Jenis Tanaman Hias Outdoor yang Harus Kamu Tanam untuk Mempercantik Suasana Rumah!

Pada dasarnya tanaman hias outdoor tak hanya berfungsi sebagai elemen untuk mempercantik halaman rumah saja. Selain itu dengan menanam tanaman hias outdoor di pekarangan mampu membuat suasana rumah semakin segar, cerah, dan indah alami.

Terlebih lagi jika kamu menanam tanaman hias outdoor terdiri dari beranekaragam jenis, dengan hal ini bisa dipastikan mampu membuat kondisi taman di rumah semakin indah berkat kehadiran bunga yang beranekaragam warnanya.

Selain itu terdapat banyak sekali jenis tanaman hias outdoor yang dapat kamu pilih sesuai dengan selera serta konsep desain taman yang kamu punya.

Nah, sebagai gambaran berikut 13 jenis tanaman hias outdoor yang bisa dijadikan referensi untuk kamu tanam di halaman rumah.


13 Tanaman Hias Outdoor untuk Mempercantik Rumah

Jenis-jenis tanaman hias outdoor


1. Bunga Geranium (Tapak Dara)

Bunga Geranium tanaman hias outdoor

Jenis tanaman hias outdoor yang pertama adalah bunga geranium atau lebih akrab disapa dengan nama tapak dara.

Tak hanya mempunyai beranekaragam warna saja, ternyata bunga geranium sering kali dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan minyak wangi.

Tanaman hias outdoor bunga geranium ini sangat cocok ditanam di wilayah dengan iklim tropis seperti Indonesia, sebab ia termasuk dalam jenis tanaman hias tahan panas sehingga dapat dengan mudah untuk beradaptasi pada lingkungan dengan iklim tropis.

Selain itu bunga geranium juga bisa kalian manfaatkan sebagai tanaman pengusir nyamuk alami.


2. Pohon Cemara

Tanaman hias outdoor cemara


Jenis tanaman hias outdoor yang kedua tak jauh berbeda dengan tanaman pertama, yaitu sama-sama cocok untuk ditanam di daerah tropis karena dapat tumbuh di lingkungan panas.

Pohon cemara paling tidak memiliki 70 jenis yang beragam mulai dari ukurannya yang kecil bahkan hingga besar.

Dengan keberagaman jenis ini tentu saja membuat mu lebih leluasa dalam menentukan pilihan jenis pohon cemara apa yang sesuai dengan kebutuhan serta luas taman di rumah mu.

Dari sekian banyak jenis pohon Cemara ada beberapa yang cukup populer serta banyak di tanam diantaranya seperti Cemara udang, Cemara natal, cemara kipas, dan cemara inoki.


3. Bunga Gaillardia

Tanaman hias outdoor Bunga Gaillardia


Sepintas tanaman bunga Gaillardia tampak seperti bunga matahari.

Hal itu karena bunga Gaillardia masih satu keluarga dengan bunga matahari (Asteraceae atau Compositae).

Bunga Gaillardia sendiri berasal dari benua Amerika atau kerap disapa dengan nama firewheel atau bisa juga blanketflower.


4. Bayam Hias (Amaranthus tricolor)

Tanaman bayam hias outdoor


Walaupun tanaman hias outdoor ini mempunyai nama dengan jenis sayuran, akan tetapi bayam satu ini adalah tanaman hias.

Bayam hias identik dengan tampilan serta warna yang sangat mencolok dengan perpaduan dari warna kuning, hijau dan merah.

Selain itu bayam hias satu ini juga terkenal mampu tumbuh dengan baik meski di lingkungan dengan suhu tinggi, misalnya di tanam di ruang terbuka yang banyak menerima paparan sinar matahari langsung.


5. Bambu Hias (Dracanea sanderiana)

Tanaman Bambu Hias (Dracanea sanderiana) outdoor


Jenis tanaman hias outdoor selanjutnya sudah masyhur dan sudah banyak di tanam orang karena diyakini sebagai salah satu jenis tanaman hias pembawa keberuntungan.

Tanaman hias ini sangat berbeda dengan tanaman bambu pada umumnya, sebab bambu hias ini memiliki ukuran batang cenderung lebih kecil dan jauh lebih pendek dari bambu biasanya.

Kendati demikian tanaman bambu hias ini hanya mampu tumbuh maksimal dengan ketinggian hanya 3 meter saja.

Bahkan tak sedikit orang sering memanfaatkan tanaman bambu hias ini sebagai penahan angin dan tanaman peredam suara bising di luar halaman rumah.


6. Tanaman Hias Abromeitiella chlorantha

Tanaman Hias Outdoor Abromeitiella chlorantha


Bagi siapapun yang baru pertama kali melihat tanaman hias ini pasti akan mengira sebagai tanaman lidah buaya.

Hal itu karena tanaman hias ini mempunyai warna hijau dengan bercak putih serta tumbuh duri disekitarnya.

Tak sedikit orang menyukai tanaman outdoor satu ini karena sangat mudah dalam segi penanaman maupun perawatannya.


7. Tanaman Hias Kaktus

Tanaman Hias Outdoor Kaktus


Diantara sobat Blog Daffa siapa nih yang belum tahu tanaman kaktus?

Tentu kalian semua sudah cukup familiar, kan?

Pasalnya kaktus sangat identik dengan tanaman gurun yang tandus dan gersang, sehingga membuatnya sangat cocok untuk ditanam di daerah tropis.

Selain mudah untuk dirawat, ternyata tanaman kaktus ini juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias, sebab ia memiliki berbagai macam jenisnya.

Beberapa jenis kaktus yang seringkali dijadikan sebagai tanaman hias diantaranya seperti kaktus centong, Kaktus panda dan kaktus anggur.



8. Bunga Euphorbia

Tanaman hias outdoor Bunga Euphorbia


Siapa sangka ternyata bunga euphorbia beberapa waktu yang lalu pernah menjadi salah satu tanaman populer di Indonesia yang mempunyai nilai jual sangat fantastis, loh!

Selain pernah populer di masanya, bunga euphorbia ini mempunyai spesies yang sangat banyak bahkan mencapai dua ribuan spesies dengan warna yang sangat beragam mulai dari merah, hijau, ungu, dan cokelat.

Tak hanya dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias saja, faktanya bunga euphorbia juga bisa kalian gunakan sebagai kandang ternak, bahkan juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan lilin, loh!


9. Bunga Kertas (Bougenville)

Tanaman Bunga Kertas (Bougenville) outdoor


Jenis tanaman hias outdoor selanjutnya tergolong sangat mudah untuk dijumpai bahkan tak jarang bisa kalian temukan tumbuh di pinggir jalan, loh!

Hal itu karena bunga kertas atau sering disebut dengan Bougenville termasuk dalam kategori tanaman hias tahan terhadap paparan sinar matahari secara langsung.

Nah, untuk merawat bunga kertas sendiri terbilang sangat mudah, simpel dan tentunya tidak menguras kantong mu.


10. Bunga Tabebuya

Tanaman outdoor Bunga Tabebuya


Bunga Tabebuya ini pernah menjadi buah bibir masyarakat khususnya kota Surabaya, karena banyak orang yang menanam tanaman ini di sekitar kota.

Walaupun tanaman ini seringkali dianggap menyerupai bunga sakura, akan tetapi sejatinya tanaman hias ini berasal dari negara Brazil.

Selain bentuknya yang mirip dengan bunga sakura, bunga Tabebuya mempunyai tampilan yang mencolok dan sangat terang dengan beragam warna mulai merah, kuning, dan juga putih.


11. Bunga Pentas

Tanaman outdoor Bunga Pentas


Sepintas bila kalian amati bunga pentas yang mempunyai warna merah muda atau pink, sangat mirip sekali dengan bunga Soka.

Kalian tidak perlu meragukan lagi mengenai tingkat popularitas bunga pentas ini untuk dijadikan sebagai tanaman hias outdoor.

Mengingat tanaman hias ini adalah opsi terbaik dan kerap kali digunakan sebagai salah satu penghias taman di rumah.

Tak hanya itu saja, manfaat bunga pentas juga dapat digunakan untuk mengusir hama tanaman misalnya seperti ulat, dan kutu kebul.

Dengan demikian kamu tidak perlu pusing untuk memikirkan bagaimana cara melindungi tanaman hias lainnya dari serangan hama tanaman.


12. Bunga Saliara

Tanaman outdoor Bunga Saliara


Bunga Saliara atau seringkali disebut dengan nama lantana camara atau bunga tembelek.

Tumbuhan dengan kelopak bunga yang sangat cantik ini ternyata masih satu keluarga dengan Verbenaceae yang berasal dari daerah tropis di wilayah Amerika Selatan dan tengah.

Kecantikan dari bunga Saliara terletak pada bagian kelopak bunga yang memiliki beragam warna serta mampu mengeluarkan aroma wangi yang sangat khas.

Oleh sebab itu tak ayal apabila bunga Saliara ini sangat tepat untuk digunakan sebagai penghias kebun ataupun taman dengan ukuran yang cukup luas.


13. Kembang Sepatu

Tanaman hias outdoor Bunga Saliara


Karena keberadaan bunga sepatu yang mudah untuk dijumpai, maka tak heran apabila banyak orang sering mengabaikan keindahan dari bunga satu ini.

Padahal, kembang sepatu bisa kalian gunakan sebagai salah satu tanaman hias outdoor untuk menghiasi halaman atau kebun di rumah mu, loh!

Kamu tak perlu risau mengenai perawatan bunga sepatu, pasalnya tanaman hias outdoor ini sangat tangguh bila ditanam di luar rumah.

Sebab bunga kembang sepatu cukup andal untuk beradaptasi dalam berbagai kondisi cuaca.


***


Nah, itulah beberapa informasi mengenai jenis-jenis tanaman hias outdoor yang dapat kamu jadikan sebagai referensi untuk menghiasai halaman rumah mu.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar tanaman hias hanya di BlogDaffa.com, ya!