Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis Bonsai Tanaman Liar Yang Bisa Kamu Miliki Di Rumah!

Tahukah kamu ternyata tanaman liar yang seringkali kita jumpai tumbuh di berbagai wilayah Indonesia dapat kamu buat menjadi bonsai yang sangat unik dan menarik, loh! Yuk, lihat beberapa bonsai tanaman liar yang cantik di bawah ini!

Biasanya pohon yang kerap dijadikan sebagai bonsai adalah jenis pohon dengan usia hidup lama dan tahan terhadap berbagai macam kondisi yang menyakitkan selama proses pembuatannya.

Proses paling menyakitkan yang bakal dialami oleh pohon ketika di bonsai diantaranya seperti pemotongan, tekuk an, dan ditanam dalam wadah yang sempit.

Dari beberapa kriteria tersebut, siapa sangka ternyata ada banyak sekali jenis pohon liar yang tumbuh di Indonesia dengan karakteristik tersebut.

Lantas apa saja sih, tanaman liar yang ada dijadikan bonsai?

Yuk, cari informasi lengkapnya mengenai bonsai tanaman liar cantik yang bisa kamu miliki di rumah!


Jenis Bonsai Tanaman Liar

Jenis bonsai tanaman liar di Indonesia


1. Waru

Bonsai pohon waru

Siapa sangka pohon waru yang kerap kita jumpai tumbuh di tepi pantai, sungai, dan rawa-rawa ini bisa di rubah menjadi bonsai yang unik, loh!

Seperti yang sudah kita semua ketahui bahwasanya waru merupakan salah satu jenis tanaman liar yang dapat dengan mudah untuk dibuat menjadi bonsai tanaman liar yang cantik dan mempesona.

Bahkan salah satu bonsai waru milik Su wen-Hong sudah pernah menjuarai pameran bonsai Hwa Fong Show tepatnya di tahun 2009 silam, berkat tampilannya yang sangat cantik.

Berkat skill dan ketekunan yang tinggi, Su wen-Hong mampu menyulap pohon waru yang terkenal dengan rantingnya yang padat dan cenderung sulit dibentuk, menjadi bonsai yang indah dan menawan.


2. Kaca piring

Bonsai pohon kaca piring

Pohon kacapiring atau dengan nama latin cape jasmine dapat tumbuh di beberapa daerah di Indonesia.

Keunikan dari bonsai tanaman liar kaca piring ini terletak pada bentuk batangnya yang nampak anggun serta bagian daunnya yang tumbuh rapat serta tebal.


3. Hokianti

Bonsai hokianti


Pohon hokianti kerap dianggap sebagai gulma oleh masyarakat Indonesia, sebab ia seringkali tumbuh di sembarang tempat.

Pohon hokianti ini bisa dikatakan sebagai tanaman liar karena ia dapat tumbuh di berbagai tempat misalnya di tepian pagar atau bahkan di halaman rumah.

Walaupun sering dianggap sebagai gulma ataupun tanaman liar, ternyata pohon hokianti setelah melalui proses membuat bonsai yang baik dan benar, bonsai satu ini tak kalah cantiknya dengan tanaman bonsai pada umumnya, loh!


4. Jambu Biji

Bonsai jambu biji


Jambu biji tergolong tanaman yang tumbuh liar di Indonesia, hal ini bisa terjadi karena biji nya yang kerap kali dibuang oleh manusia ataupun binatang pemakan buah membuatnya tumbuh di sembarang tempat.

Biasanya pohon jambu biji kerap dijumpai di area lahan kering dan persawahan.

Namun, dibalik itu semua siapa sangka bahwa pohon jambu biji juga bisa di ubah menjadi bonsai siluet atau bonsai tanpa daun dengan tampilan yang elegan.

Berkat rantingnya yang tumbuh rimbun inilah yang menjadikan bonsai jambu biji nampak lebih unik bila dibandingkan dengan jenis tanaman bonsai lainnya.



5. Kemuning

Bonsai pohon kemuning


Pohon kemuning sangat identik dengan aroma wangi bunganya yang semerbak ketika bermekaran ini, ternyata juga dapat di rubah menjadi bonsai kemuning yang eksotis untuk di pelihara dalam pot dangkal.

Salah satu jenis tanaman liar yang mudah tumbuh di berbagai daerah di Indonesia selanjutnya yang bisa di ubah menjadi bonsai yakni pohon kemuning.

Ciri khas paling mencolok dari bonsai kemuning yang sudah berusia tua dapat ditandai pada bagian batang utamanya berukuran besar dan cenderung terlihat keropos di berbagai sisinya.

Keunggulan lain dari bonsai kemuning yakni ketika pohon ini sedang berbunga ataupun berbuah ia akan terlihat lebih estetis dan lebih elok, loh!


6. Delima

Bonsai delima

Selain mempunyai buah yang berkhasiat, siapa sangka pohon delima juga dapat dirubah menjadi bonsai hias, loh!

Salah satu keunggulan dari bonsai delima yaitu kamu bisa membeli bakalan bonsai delima di toko yang menjual berbagai jenis tanaman hias.


7. Kamelia

Bonsai bunga Kamelia

Bunga Kamelia biasanya sering dijadikan sebagai tanaman hias pagar oleh masyarakat Indonesia pada umumnya.

Mulai saat ini bunga kamelia tak hanya sebatas tanaman pagar semata, melainkan dapat di jual dengan harga yang sangat fantastis, loh!

Bahkan jika pohon Kamelia ini berada pada orang yang tepat atau mempunyai skill dalam merawat tanaman bonsai, tentu saja bukan suatu hal yang mustahil bila pohon satu ini dapat di sulap menjadi miniatur pohon tua dengan tampilan yang sangat memukau berkat hadirnya bunganya yang cantik nan mempesona.


8. Pitaloka

Bonsai Pitaloka atau bonsai serut merah


Loropitalum atau Chinese Fringe Flower merupakan salah satu jenis tanaman daun merah yang lumayan populer di Indonesia.

Di Indonesia sendiri tanaman satu ini kerap kali disebut dengan nama serut merah atau Pitaloka.

Karena warna daunnya yang merah menyala mampu mengubah tanaman satu ini menjadi salah satu bonsai tanaman liar Indonesia yang sangat menawan berkat warna daunnya yang menyala.


9. Anting Putri

Bonsai anting putri

Pohon anting putri di alam liar mampu tumbuh hingga berukuran sedang dengan perpaduan bunganya berwarna putih berbentuk bintang menjuntai.

Tak sedikit orang yang menyukai anting putri karena memiliki bunga yang sangat indah ketika bermekaran.

Selain itu, pohon liar satu ini merupakan tanaman paling favorit untuk dijadikan sebagai bonsai di Asia Tenggara termasuk negara kita Indonesia.


10. Santigi

Bonsai pohon santigi


Pohon santigi sering kita jumpai tumbuh di daerah pesisir pantai Indonesia.

Meski sering tumbuh liar dan mudah untuk ditemukan, ternyata pohon santigi tergolong dalam jenis tanaman liar terbaik untuk di ubah menjadi bonsai, loh!

Bonsai pohon santigi nampak unik dengan bagian batangnya yang sangat estetik serta dedaunannya tumbuh rimbun.


Cara Membuat Bonsai Tanaman Liar

Berikut ada beberapa metode dalam membuat bonsai tanaman liar di rumah yang bisa kalian ikuti panduannya di bawah ini:

  • Langkah pertama kalian harus menyiapkan beberapa alat serta bahan yang diperlukan untuk membuat bonsai tanaman liar.
  • Selanjutnya siapkan media tanam bonsai yang terbuat dari campuran bahan-bahan seperti pasir, tanah, kompos, humus, dan pupuk kandang.
  • Selanjutnya bungkus tanaman liar yang hendak dijadikan sebagai bonsai menggunakan plastik, lalu tunggu hasil dari menyemai tanaman selama kurang lebih 2 hingga 3 bulan lamanya.
  • Tahap selanjutnya yaitu merawat bonsai tanaman liar supaya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. 


***


Nah, itulah beberapa informasi mengenai jenis-jenis bonsai tanaman liar di Indonesia yang dapat kami sampaikan.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar tanaman hias hanya di Blog Daffa, oke!