Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hindari 5 Menu Sahur Ini Kalau Kamu Tidak Ingin Cepat Lapar!

Saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan apakah kamu kerap mengalami mudah lapar? Hal itu bisa terjadi karena kamu asal memilih menu sahur yang hanya dapat membuat perutmu terasa kenyang saja.

Nah, untuk mengatasi cepat lapar dan ibadah puasa Ramadhan mu berlangsung dengan baik, maka kamu perlu memperhatikan menu apa saja yang baik untuk dikonsumsi saat sahur.

Hal itu karena tidak semua jenis makanan yang mempunyai rasa yang lezat serta nikmat di mulut cocok untuk dijadikan sebagai santapan sahur puasa ramadhan.

Apabila kamu ingin kuat dalam menunaikan ibadah puasa secara penuh tanpa adanya bolong-bolong, kamu memerlukan makanan yang kaya akan kandungan serat dan nutrisi di dalamnya.

Lalu, menu sahur apa saja yang wajib kamu hindari supaya tidak mudah lapar di siang hari?


Menu Sahur yang Bikin Perutmu Cepat Lapar

Menu Sahur yang Bikin Perutmu Cepat Lapar


1. Roti

Roti salah satu menu sahur yang dapat membuat perutmu terasa cepat lapar

Sejatinya roti merupakan salah satu menu sarapan terbaik sebagai pengganti nasi, khususnya bagi kamu yang tengah menjalankan program diet sehat.

Walaupun demikian, sebaiknya kamu harus menghindari roti sebagai menu sahur mu, sebab makanan ini dapat membuatmu merasa cepat lapar di siang hari.

Pada dasarnya roti dan nasi adalah jenis makanan yang sama, sebab kedua makanan tersebut mengandung karbohidrat sederhana.

Hanya saja, roti sudah banyak melewati serentetan pengolahan panjang, sehingga kandungan di dalam roti jauh lebih cepat dicerna oleh tubuh.


2. Tinggi Kandungan Garam

Tinggi Kandungan Garam

Menurut sebuah penelitian bahwasanya makanan yang tinggi akan kandungan garam dipercaya mampu membuat tubuh menjadi cepat lapar.

Tak hanya itu saja, kadar garam yang tinggi pada makanan juga dapat meningkatkan resiko dehidrasi yang akan membuat mu merasa cepat haus.

Dari pernyataan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bersama apabila kamu tidak ingin cepat lapar dan haus ketika sedang berpuasa, sebaiknya menghindari makanan yang tinggi akan kadar garam.


3. Makanan Berlemak

Makanan Berlemak

Memang tidak bisa dipungkiri betapa susahnya untuk menolak kelezatan serta kenikmatan sajian makanan yang kaya akan kandungan lemak, misalnya seperti ayam goreng ataupun kentang goreng bukanlah perkara yang mudah, bukan?

Meskipun makanan tersebut menawarkan rasa yang nikmat, ada hal yang perlu kalian semua ketahui bahwasanya jenis makanan tersebut mengandung lemak jenuh yang berpotensi membuat lambung bermasalah.

Terlalu sering atau terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dapat membuat perut menjadi begah serta dapat menyebabkan penyakit maag atau GERD.



4. Makanan Manis

Makanan Manis

Ketika waktu berbuka tiba kita disunnahkan untuk mengonsumsi makanan yang manis, namun hal itu tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sahur, ya!

Menyantap makanan ataupun minuman yang banyak kandungan gula ketika sahur bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

Karena meningkatnya kadar gula dalam tubuh inilah yang membuat makanan manis dapat membuat tubuhmu merasa cepat lapar ketika dimakan saat sahur.


5. Makanan Pedas

Makanan Manis

Apakah kamu tipe orang yang hobi menyantap makanan pedas? Sebaiknya kamu hindari kebiasaan mengonsumsi menu makanan pedas tersebut ketika sahur, ya. Sebab makanan pedas dapat membuat perutmu terasa tidak nyaman saat di pagi hari bahkan hingga sore hari.

Sebab, saat kamu mengonsumsi makanan pedas akan membuat asam lambung dalam perut menjadi tinggi dan berpotensi mengalami sakit perut.

Selain sakit perut, mengonsumsi makanan pedas saat sahur juga berpotensi terkena diare.

Nah, ketika kamu terkena diare bisa dipastikan seluruh tubuh mu akan terasa lemas.

Hal itu bisa terjadi karena tubuh mu mengalami dehidrasi berat sebab terlalu banyak kehilangan cairan dalam tubuh.


***


Nah, itulah beberapa informasi mengenai jenis-jenis menu sahur yang dapat membuat perutmu terasa cepat lapar.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar kuliner hanya di BlogDaffa.com, oke!