Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan | Dilengkapi Cara Mengolah

Sering di buang dan diabaikan begitu saja, siapa sangka manfaat biji alpukat sangat mengejutkan dan belum diketahui oleh banyak orang.

Biji dari buah alpukat atau buah yang populer dijadikan bahan dasar minuman seperti jus, smoothie, dan sebagainya memiliki khasiat serta manfaat yang baik untuk kesehatan, loh!

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa biji alpukat tidak mempunyai manfaat dan dibuang begitu saja setelah diambil daging buahnya.

Asal kalian tahu, manfaat biji alpukat ternyata tidak kalah dengan bagian daging buahnya, loh!

Hal itu karena biji alpukat diberkati kandungan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, sehingga biji alpukat sangat berkhasiat untuk mengatasi penyakit seperti maag bahkan bisa dimanfaatkan sebagai obat awet muda.

Penasaran apa saja manfaat biji alpukat tersebut?

Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!


Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan

Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan


1. Mengatasi Maag

Maag merupakan salah satu penyakit zaman modern yang dapat mengganggu aktivitas bagi setiap orang yang menderita.

Seseorang yang menderita maag akan mengalami rasa sakit tak tertahankan di area sekitar ulu hati, sehingga dengan timbulnya rasa sakit tersebut bisa mengakibatkan penderita maag menjadi lemas dan muntah.

Nah, untuk mengatasi Maag kamu bisa memanfaatkan biji alpukat sebagai obat herbal.

Untuk cara pengolahan serta cara mengonsumsi biji alpukat sebagai obat dan mengikuti metode yang akan kami jelaskan di bawah.


2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Dalam biji alpukat kaya akan kandungan antioksidan, sehingga tidak aneh bila biji alpukat bisa dimanfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Jumlah antioksidan dalam biji alpukat mencapai sekitar 70%, bisa dipastikan dengan mengonsumsi biji alpukat radikal bebas akan pergi menjauh dari tubuh mu.


3. Meredakan Peradangan

Apabila kamu menderita peradangan pada tubuh, maka kamu dapat mengonsumsi langsung ekstrak biji alpukat sebagai salah satu metode alternatif mengatasi peradangan dalam tubuh.

Hal itu karena di dalam biji alpukat terkandung antiinflamasi yang sangat efektif untuk mencegah serta membantu mengatasi perdagangan dalam tubuh.


4. Mengatasi Sembelit

Bagi kamu yang mengalami susah buang air besar atau menderita sembelit.

Kalian tidak perlu cemas, ya.

Pasalnya manfaat biji alpukat diketahui mampu menyembuhkan sembelit.

Tak hanya efektif untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh saja, manfaat biji alpukat juga sangat baik untuk menjaga kesehatan usus mu, loh!



5. Menghilangkan Jerawat

Dengan munculnya jerawat di wajah, memang tidak bisa dipungkiri bahwasanya ia mampu mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang, bukan?

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya masker yang berbahan dasar biji alpukat sangat efektif untuk membantu mengatasi jerawat pada wajah.

Nah, untuk membuat masker wajah dari biji alpukat bisa kalian simak di bawah ini:

  1. Parit biji alpukat.
  2. Campurkan dengan bubuk tanah liat.
  3. Tambahkan air bersih.
  4. Oleskan campuran yang sudah kamu buat pada wajah.
  5. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih, lalu oleskan krim pelembab wajah.


6. Menurunkan Berat Badan

Manfaat biji alpukat selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk membantu menurunkan berat badan.

Hal itu bisa terjadi karena di dalam biji alpukat kaya akan kandungan serat alami yang mampu membuat mu merasa kenyang dalam waktu lama.

Apabila kamu mengonsumsi biji alpukat dengan rutin, bukan hal yang tak mungkin jika berat badan mu akan turun secara signifikan.


7. Mencegah Kanker

Diantara berbagai macam kebaikan yang sudah kamu uraikan di atas, ternyata masih ada manfaat biji alpukat yang sangat baik untuk membantu mencegah sel kanker dalam tubuh.

Pasalnya, kandungan antioksidan tinggi pada biji alpukat mampu mencegah pembentukan sel kanker akibat kerusakan sistem sel dalam tubuh.

Selain itu, kandungan flavonoid yang tersimpan dalam biji alpukat juga diyakini efektif untuk meredam pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.


Cara Mengonsumsi Biji Alpukat

Nah, setelah mengetahui beberapa manfaat dari biji alpukat, kini tiba saatnya untuk membahas mengenai cara mengonsumsi biji alpukat yang akan kami jelaskan di bawah ini!

  1. Keringkan biji alpukat menggunakan oven dengan suhu 120 derajat Celcius selama kurang lebih 2 jam.
  2. Setelah kering potong-potong, kemudian haluskan menggunakan blender sampai menjadi bubuk.
  3. Bubuk tersebut bisa kamu tuangkan dalam smoothie, oatmeal, teh dan berbagai jenis hidangan yang kamu sukai. Selain itu, kamu dapat mengonsumsi ekstrak biji alpukat tersebut memakai air hangat dengan cara masukan ½ sendok teh bubuk biji alpukat ke dalam cangkir, lalu seduh menggunakan air panas.

Eeeiiiits.... Jangan keburu diminum, ya. Sebaiknya tunggu kurang lebih 10 menit atau hingga bubuk biji alpukat mengendap di bagian bawah cangkir.


***


Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat biji alpukat yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar kesehatan hanya di BlogDaffa.com