Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Jenis Tanaman Bonsai Terbaik | Dilengkapi Tips Perawatan

Di dunia ini terdapat beraneka ragam jenis tanaman hias yang dapat dijadikan sebagai hiasan rumah. Salah satu tanaman hias populer adalah bonsai.

Bagi kalian pecinta tanaman hias tentunya sudah tidak asing lagi bila mendengar bonsai, bukan?

Bonsai sendiri merupakan sebuah miniatur pohon tua yang sengaja dikerdilkan dan ditanam mengguanakan pot.

Bisa dikatakan bahwa bonsai adalah sebuah versi miniatur dari pohon besar dengan tampilan unik yang terdapat di alam liar.

Tak hanya dapat difungsikan sebagai elemen dekorasi saja, bonsai juga bisa dijadikan sebagai media pembelajaran.

Apabila kamu tertarik untuk memelihara bonsai di rumah, tak ada salahnya untuk menengok beberapa jenis tanaman bonsai di bawah ini.


Jenis Tanaman Bonsai untuk Menghias Rumah

Jenis-jenis Bonsai Terpopuler


1. Bonsai Adenium

Bonsai Adenium

Adenium atau seringkali disebut dengan Kamboja Jepang ini ternyata tanaman hias bunga yang berasal dari Afrika dan Arab.

Adenium sangat identik dengan bunganya yang mempunyai warna unik nan mempesona.

Bunga adenium memiliki warna ungu yang dilengkapi dengan corak putih, dengan demikian keberadaan tanaman hias ini tentunya akan membantu hunian mu tampak jauh lebih berwarna.


2. Bonsai Bougainville

Bonsai Bougainville

Bougenville atau yang populer dipanggil dengan nama bunga kertas merupakan salah satu tanaman hias favorit yang sangat mudah di jumpai di halaman masyarakat Indonesia.

Warna merah muda keunguan merupakan ciri khas yang paling melekat pada bunga bougainville yang membuatnya tampak cantik dan sangat cocok untuk digunakan sebagai penambah nilai estetika pada rumah.


3. Bonsai Azalea

Bonsai Azalea

Azalea merupakan tanaman hias bunga yang berasal dari negeri sakura.

Bunga Azalea atau dengan nama latin Rhododendron indicum mempunyai warna merah muda yang sangat memukau bagi siapa saja yang melihatnya.

Jenis bonsai Azalea ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai elemen dekorasi pada interior ataupun eksterior rumah.


4. Bonsai Asam Belanda

Bonsai Asam Belanda

Apabila kamu seorang penggemar tanaman bonsai, bisa dipastikan kamu tidak akan merasa asing dengan bonsai asam Belanda ini, bukan?

Asam Belanda atau biasa disebut dengan julukan asem londo merupakan salah satu jenis pohon peneduh dengan daunnya yang amat rindang.

Meski bagian batang serta cabang asam Belanda ini tumbuh tidak beraturan, bukan berarti jenis bonsai ini tidak menarik, ya!

Karena pertumbuhan pada batang serta cabang tak beraturan inilah yang membuat bonsai asam Belanda di nilai memiliki seni dengan daya tarik tersendiri, sehingga tak sedikit orang terpikat olehnya.

Bahkan keunggulan dari bonsai asam Belanda yaitu tanaman ini lebih mudah untuk dirawat karena tanaman ini tidak manja dan rewel sehingga tidak menuntut perlakuan khusus.

Dengan demikian jenis bonsai asam Belanda ini sangat cocok untuk kamu pelihara di rumah.


5. Bonsai Asam Jawa

Bonsai Asam Jawa

Tak hanya asam Belanda saja, pasalnya masih ada salah satu jenis tanaman bonsai terbaik di Indonesia, yaitu asam Jawa.

Pohon asam Jawa sangat tepat untuk dijadikan sebagai bahan bonsai, mengingat tanaman ini memiliki struktur batang kuat dan kokoh yang membuatnya mudah dibentuk dengan pola tertentu tanpa khawatir batangnya akan patah.

Ada hal lain yang membuat alasan kenapa banyak orang memilih asam Jawa sebagai bonsai tak lain karena proses pembentukan serta perawatannya relatif lebih mudah dibandingkan jenis lainnya.

Boleh dikatakan siapa saja baik yang sudah berpengalaman atau bahkan yang masih minim pengetahuan akan bonsai bisa dengan mudah mengerdilkan pohon asam Jawa, loh!


6. Bonsai Beringin

Bonsai Beringin

Jenis tanaman bonsai selanjutnya bisa dikatakan jauh lebih populer bila dibandingkan dengan bonsai asam Jawa ataupun asam Belanda.

Hal itu karena jenis bonsai beringin memiliki keunggulan yakni tidak gampang mati, mempunyai umur panjang, dan bentuk seta ukurannya cenderung ke besar dibandingkan dengan tanaman hias lainnya.

Faktor utama yang mempengaruhi tanaman beringin tidak mudah mati tak lain karena memiliki kemampuan yang sangat bagus dalam beradaptasi dengan berbagai macam kondisi lingkungan barunya.

Selain itu, ada suatu hal yang menjadikan bonsai beringin ini terlihat sangat menarik yaitu terletak pada bagian batang serta akarnya yang terkesan mempunyai nilai atraktif.


7. Bonsai Kimeng

Bonsai Kimeng

Kimeng sejatinya masih satu keluarga dengan tanaman beringin dengan karakteristik sangat mudah tumbuh.

Meski dalam keluarga beringin, akan tetapi kimeng mempunyai perbedaan dengan jenis pohon beringin pada umumnya yakni terletak pada bagian batang serta ranting berwarna putih terang.

Apabila tanaman kimeng mendapatkan perawatan yang baik dan benar, tidak menutup kemungkinan ia dapat tumbuh besar serta memiliki bentuk eksotik.

Dengan demikian akan membuat bonsai kimeng memiliki daya tarik tersendiri yang dapat meningkatkan harga jualnya.



8. Bonsai Cemara Udang

Bonsai Cemara Udang

Ciri khas yang menjadi karakteristik dari Cemara udang yaitu ujung daunnya lancip serta memiliki batang yang besar.

Cemara udang juga kerap disebut dengan nama cemara jarum.

Dengan karakteristik yang dimiliki oleh cemara udang membuatnya terlihat lebih menarik dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai dekorasi untuk mempercantik tampilan rumah.


9. Bonsai Jeruk Kingkit

Bonsai Jeruk Kingkit

Jenis bonsai satu ini tergolong sangat populer di kalangan penggemar tanaman bonsai dalam pot dangkal.

Salah satu alasan yang menjadikan bonsai jeruk Kingkit cukup populer tak lain karena jenis pohon satu ini sangat ideal untuk dibentuk menjadi bonsai berkualitas tinggi.


10. Bonsai Kelapa

Bonsai Kelapa

Bonsai kelapa merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup populer untuk dijadikan sebagai tanaman hias bonsai.

Adapun berbagai jenis kelapa yang bisa dijadikan sebagai bonsai adalah kelapa gading merah, kelapa gading susu, dan kelapa albino.

Jenis kelapa gading albino sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias pengganti tanaman palem di taman karena memiliki warna putih yang sangat kontras.

Kelapa gading merah yang dibekali warna merah kekuningan sangat tepat untuk dijadikan tanaman hias pelengkap warna taman di rumah.


11. Bonsai Wisteria

Bonsai Wisteria

Tanaman Wisteria adalah tanaman hias rambat tahan panas yang diberkati warna yang sangat memukau, sehingga tanaman hias satu ini sangat tepat untuk dijadikan sebagai bonsai untuk mempercantik tampilan rumah mu.

Sedangkan cara merawat bonsai Wisteria terbilang cukup mudah, karena kamu hanya perlu mengganti media tanamnya secara teratur agar tanaman hias yang kamu rawat tidak mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh hama tanaman.


12. Bonsai Delima

Bonsai Delima

Siapa sangka ternyata tanaman buah delima bisa dijadikan bonsai yang sangat memukau, loh!

Manfaat lain dari memelihara bonsai delima tak hanya mampu memperindah tampilan rumah saja, melainkan ketika ia berbuah kamu bisa mengambil buahnya untuk di olah menjadi jus atau bahkan rujak yang sangat lezat.


Cara Merawat Bonsai

Rasanya kurang lengkap bagi kamu jika hanya mengetahui jenis-jenis bonsai populer saja tanpa mengetahui bagaimana cara merawat bonsai agar tahan lama dan panjang umur.

Berikut beberapa cara merawat tanaman bonsai di rumah yang perlu kalian semua ketahui!


1. Penggantian Pot

Pada umumnya bonsai kerap di tanam menggunakan pot dangkal.

Oleh sebab itu, bonsai memerlukan pergantian pot agar dapat merangsang pertumbuhan akar baru.

Pergantian pot diperlukan agar tanaman bisa tetap tumbuh dengan baik.

Selain itu, hal yang musti kamu perhatikan yakni kamu harus menggunakan pot yang mempunyai lubang pada bagian dasarnya.

Hal itu ditunjukkan untuk mempermudah aliran air sisa penyiraman yang berlebih agar tidak menyebabkan bonsai mu terendam.

Apabila kamu tetap memakai pot yang tidak memiliki lubang, maka bisa saja bonsai mu mengalami pembusukan pada akarnya.


2. Penyiraman

Ketika musim hujan kamu hanya perlu menyiram tanaman sebanyak 2 kali dalam sehari tepatnya pada pagi dan sore hari.

Sementara saat musim kemarau tiba, kamu harus menyiram tanaman bonsai milikmu lebih sering, serta jangan lupa untuk membasahi permukaan daunnya.

Metode ini dilakukan untuk mengantisipasi tanaman mengalami kekeringan yang bisa berakibat fatal yaitu kematian.

Namun ada hal yang harus kalian ketahui setelah membasahi daun bonsai jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung, sebab kondisi daun basah yang terkena sinar matahari bisa mengakibatkan daun bonsai menjadi hangus terbakar.


3. Penjemuran

Penjemuran merupakan salah satu faktor kunci sukses agar bonsai yang kamu rawat dapat tumbuh dengan sehat serta berumur panjang.

Meski demikian, kamu juga harus memperhatikan intensitas cahaya matahari yang tepat untuk tanaman bonsai mu, jika tidak, maka hal ini dapat menyebabkan kerusakan fatal pada bonsai.

Waktu yang tepat untuk menjemur bonsai yakni ketika usia tanaman menginjak 2 Minggu pasca tanam.

Durasi penyinaran sebaiknya antara 1 hingga 3 jam.

Setelah melewati masa-masa tersebut, kamu bisa menambah durasi penyiraman secara bertahap.


4. Pemupukan

Pemupukan pada bonsai dilakukan dengan tujuan supaya tanaman mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan agar mampu bertahan hidup hingga puluhan atau bahkan ratusan tahun lamanya.

Cara memupuk bonsai cenderung berbeda bila dibandingkan dengan pemupukan tanaman pada umumnya, sebab kamu harus menghindari tanaman tumbuh terlalu subur.

Apabila bonsai dengan sangat subur, maka hal itu dapat menghilangkan nilai seni dari pohon kerdil itu sendiri.

Berilah pupuk dengan perpaduan antara bahan organik misalnya seperti kotoran ayam dan kambing tiap bulan sekali, mengguanakan takaran yang sesuai, ya.

Selain itu, kamu juga harus memberinya pupuk untuk menunjang kesehatan daun bonsai sebanyak 3 kali dalam sebulan.


5. Pembasmian Hama

Usahakan untuk menghindari tanaman terserang hama, sebab apabila bonsai sudah terlanjur terkena hama dan tidak segera mendapatkan penanganan, sebagai hasilnya tanaman bonsai yang kamu rawat akan mengalami kerusakan yang cukup fatal.

Hama yang paling sering dijumpai menyerang bonsai biasanya adalah ulat dan wereng coklat.

Cara menanggulangi hama pada bonsai yaitu kamu harus menyemprotkan cairan insektisida pada tanaman yang terjangkit hama.


****


Nah, itulah beberapa informasi mengenai jenis-jenis tanaman bonsai populer lengkap dengan cara merawatnya.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar tanaman hias hanya di BlogDaffa.com, oke!