Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Ide Bisnis Bulan Puasa Ini Bikin Kamu Jadi Jutawan!

Memang tidak bisa dipungkiri bahwasanya bulan puasa merupakan bulan yang paling dinanti-nanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Tak hanya sebagai sumber pahala paling banyak, ternyata bulan ramadhan sering dikaitkan dengan bulan penuh rejeki. Hal itu karena di bulan puasa akan muncul berbagai macam ide bisnis bulan puasa yang akan menuntun mu menjadi jutawan dadakan!

Ide bisnis bulan puasa mulai dari jualan menu takjil, bahkan ada pula peluang usaha membuat parsel lebaran, dan masih banyak lagi ragam bisnis yang amat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Nah, apabila kamu tertarik untuk memulai usaha di bulan suci ini, kebetulan BlogDaffa.com telah merangkum beberapa jenis ide bisnis bulan puasa yang sangat menguntungkan.

Penasaran apa saja jenis usaha bulan ramadhan?

Yuk, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!


Ide Bisnis Bulan Puasa yang Menjanjikan

Ide Bisnis Bulan Puasa yang Menjanjikan


1. Ide Bisnis Jualan Menu Takjil

Ide Bisnis Jualan Menu Takjil

Menjalankan puasa tanpa ada menu takjil saat berbuka bisa di ibaratkan seperti sayur tanpa garam.

Sebab mengonsumsi menu takjil saat berbuka puasa sudah menjadi tradisi yang sudah cukup lama serta banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya.

Tentu hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai momentum yang tepat untuk memulai usaha jualan takjil di bulan ramadhan ini, kan?

Nah, untuk memulai bisnis jualan takjil ada beberapa model yang bisa kamu terapkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menjual takjil dengan membuatnya sendiri di rumah.
  • Menjual takjil yang diproduksi orang lain.
  • Menjual takjil karya sendiri, kemudian menerima titipan berbagai menu takjil yang dibuat orang lain.

Nah, apabila kamu tertarik untuk memasarkan produk orang lain, hal paling penting dan perlu kamu lakukan ialah bagaimana cara memikirkan strategi promosi yang baik dan menguntungkan.


2. Membuka Katering Khusus Acara Buka Bersama

Membuka Katering Khusus Acara Buka Bersama

Salah satu tradisi saat bulan ramadhan yang tak pernah terlewatkan adalah acara buka bersama dengan teman, rekan kerja, atau bahkan keluarga.

Tentunya peluang usaha bulan puasa satu ini sangat sayang bila diabaikan begitu saja, khususnya bagi kamu atau teman dekat yang mempunyai keahlian dalam bidang memasak berbagai jenis makanan.


3. Berjualan Perlengkapan Sholat

Berjualan Perlengkapan Sholat

Seperti yang sudah kita semua ketahui bahwa di bulan ramadhan merupakan bulan yang paling banyak barokahnya untuk menunaikan ibadah.

Kondisi dimana meningkatnya keinginan masyarakat untuk melaksanakan ibadah tentu saja akan mempengaruhi permintaan perlengkapan sholat kian meningkat di pasaran.

Dengan tingginya permintaan pasar akan kebutuhan peralatan sholat tentu saja bisa menjadi peluang usaha bulan puasa yang sangat menguntungkan, bukan?

Di jaman modern seperti sekarang ini berjualan secara daring dapat menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang ingin terbebas dari biaya untuk sewa kios atau lapak.

Hal itu karena kamu hanya memerlukan foto produk perlengkapan sholat yang dibuat sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik, kamu sudah dapat meraup laba dengan jumlah yang sangat menggiurkan.


4. Berjualan Kurma

Ide bisnis bulan puasa jualan kurma

Bagi kalian semua pasti sudah tidak asing lagi dengan buah satu ini, kan?

Buah kurma merupakan salah satu menu takjil yang sangat favorit ketika datangnya bulan suci ramadhan.

Tentu saja hal ini tidak mengherankan apabila buah kurma seringkali menjadi ciri khas buah yang identik dijual saat bulan ramadhan tiba, karena saat bulan puasa permintaan buah satu ini bisa dikatakan mengaku peningkatan yang cukup tinggi dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Menjual buah kurma dibarengi dengan takjil di depan rumah merupakan salah satu ide bisnis bulan puasa paling brilian yang harus kamu coba.


5. Berjualan Kue Kering

Ide bisnis bulan puasa jualan kue kering

Ketika bulan puasa mendekati lebaran banyak orang yang sibuk mencari kue kering sebagai salah satu hidangan untuk menyambut para tamu yang akan bersilaturahmi ke rumah.

Menyuguhkan kue kering saat lebaran merupakan tradisi yang sudah berlangsung sejak dahulu untuk menyambut tamu yang hendak bersilaturahmi.

Sehingga rasanya kurang tepat apabila menyambut tamu di rumah tanpa adanya makanan atau kue lebaran yang di letakkan di atas meja.

Tentu saja kondisi ini sangat mempengaruhi permintaan pasar akan kue kering yang terus meningkat khususnya saat mendekati hari raya idul Fitri.

Kamu bisa memaksimalkan momentum ini sebagai peluang usaha bulan puasa yang sangat menjanjikan.

Apabila kamu tertarik untuk memasarkan kue kering ini secara online merupakan pilihan yang sangat tepat, mengingat orang jaman sekarang cenderung ingin instan dan tak ingin repot-repot keluar rumah hanya sekedar mencari kue lebaran.



6. Membuka Jasa Pembuatan Parsel Lebaran

Membuka Jasa Pembuatan Parsel Lebaran

Peluang usaha bulan puasa yang sangat menguntungkan selanjutnya yaitu membuka jasa pembuatan parsel lebaran.

Pasalnya, semakin mendekati hari raya idul Fitri banyak orang disibukan mencari jasa pembuatan parsel lebaran untuk dikirimkan ke sanak saudara yang berada jauh dari mereka.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk menggeluti jasa pembuatan parsel lebaran, kamu tidak membutuhkan persiapan yang ribet dan merepotkan, kok!

Kamu hanya membutuhkan beberapa  bahan yang diperlukan untuk membuat parsel saja, kemudian usahakan untuk menyusun serta mendekorasi parsel secantik dan semenarik mungkin, ya!


7. Berjualan Minuman Segar

Ide bisnis bulan puasa jualan minuman segar

Bagi siapa saja yang tengah menjalani ibadah puasa tidak akan pernah tergoda dengan apapun kecuali melihat minuman segar terlebih saat mendekati waktu buka puasa tiba.

Dengan melihat keringat yang menempel pada cup gelas minuman dingin saja mampu membuat mu terpikat untuk membelinya bukan?

Kesempatan bagus ini bisa kamu ambil sebagai momentum paling tepat untuk memulai bisnis minuman segar di depan rumah yang dibarengi dengan menjual takjil.


8. Berjualan Buah-buahan

Ide bisnis bulan puasa jualan buah-buahan

Buah-buahan merupakan menu favorit yang tidak boleh terlewat sebagai hidangan pembuka saat berbuka puasa.

Hal itu karena buah-buahan dapat diolah menjadi berbagai macam jenis menu takjil bahkan bisa dikonsumsi secara langsung.

Oleh sebab itu, tidak ayal apabila demand dari buah-buahan sangat tinggi ketika bulan puasa tiba.


9. Berjualan Ketupat

Ide bisnis bulan puasa jualan ketupat

Bisa dikatakan tidak semua orang mempunyai keahlian dalam membuat ketupat sendiri, meskipun demikian ada banyak sekali orang yang membutuhkannya saat bulan ramadhan tiba.

Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkan situasi ini sebagai peluang untuk menambah penghasilan mu.

Kamu bisa memulai jualan ketupat dengan membuatnya secara mandiri di rumah, atau bisa juga memasarkan ketupat milik orang lain.


10. Berjualan Kembang Api

Ide bisnis bulan puasa jualan kembang api

Di bulan yang penuh dengan perayaan ini, salah satu ide bisnis bulan puasa yang permintaannya terus meroket ialah berjualan Kembang api.

Memang untuk memulai bisnis jualan kembang api memerlukan modal yang lumayan banyak, akan tetapi di bulan puasa ini biasanya omset dari penjualan kembang api sendiri bisa mencapai dua kali lipat dari modal yang kamu keluarkan, loh!


***


Nah, itulah beberapa informasi mengenai beberapa ide bisnis bulan puasa yang dapat kami sampaikan.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar bisnis hanya di BlogDaffa.com, oke!