Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukan Hoaks, Ini 7 Manfaat Buah Tin yang Dibahas dalam Al Quran

Dalam agama Islam, buah tin diyakini mempunyai manfaat yang sangat istimewa, karena nama buah ini tercantum dalam kitab suci Al-Qur'an. Bagaimana bisa?

Seperti yang tertulis dalam kitab suci Al-Qur'an Allah SWT berfirman:

"Demi (buah) tin dan (buah) zaitun" Al-Qur'an surat At-Tin (95:1).

Sedangkan Rasullullah sendiri pernah mengulas mengenai manfaat buah tin yang terdapat pada hadits :

"Sekiranya ada buah-buahan yang turun dari surga, maka itulah buah tin. Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji.

Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok". ( Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma'aad).

Sedangkan menurut Ilmiah, buah tin memang terbukti sangat berkhasiat karena banyak mengandung nutrisi di dalamnya.

Buah tin atau dengan nama latin Ficus Carica ini bahkan disebut sebagai "superfood" karena kaya akan kandungan serat tinggi, rendah kalori, dan non lemak.

Nah, berikut ini beberapa manfaat buah tin yang terdapat dalam Al-Qur'an yang sangat baik untuk kesehatan tubuh sebagaimana yang telah kami rangkum dari beberapa sumber.


7 Manfaat Buah Tin yang Ada dalam Al-Qur'an

Manfaat Buah Tin yang Ada dalam Al-Qur'an


1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah tin yang pertama yakni dapat melancarkan pencernaan karena mengandung serat tinggi dalam daging buahnya.

Seperti yang kita ketahui, kandungan serat inilah yang dapat membantu tubuh untuk bisa menyerap banyak air sehingga sistem pencernaan menjadi lebih baik.

Selain itu kandungan seperti zat pektin yang terdapat pada buah tin terbukti ampuh untuk menutrisi usus besar dan usus kecil dengan sangat baik.


2. Mengontrol Berat Badan

Apabila kamu sedang menjalankan program diet untuk menggapai berat badan yang ideal dengan banyak mengonsumsi buah-buahan, jangan lewatkan buah tin ke dalam daftar menu harian mu, ya.

Hal itu karena, tiap 100 gram buah tin hanya mengandung 74 kalori tentunya sangat baik dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalankan program diet sehat.

Selain itu, manfaat buah tin lainnya bisa diperoleh dari kandungan mineral, vitamin, dan zat pigmen yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan kulit serta metabolisme tubuh.


3. Mengatasi Diabetes

Ekstrak buah dan daun tin diklaim mampu memproduksi insulin sekaligus sekaligus dapat memproduksi zat anti diabetes lainnya.

Zat tersebut adalah zat yang berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan penyakit diabetes supaya tidak bertambah parah.

Dengan demikian tentunya tak aneh bila buah tin kerap dijadikan sebagai cemilan lezat dan sehat yang mempunyai manfaat untuk mengobati penyakit diabetes.


4. Meningkatkan Kesuburan

Buah tin kaya akan kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan sudah terbukti ampuh mampu menjaga serta meningkatkan kualitas dan kesehatan sperma.

Kondisi demikian membuat sperma semakin berkualitas dan setiap sel-selnya terhindar dari kerusakan.

Nah, agar mendapatkan manfaat buah tin ini, kamu bisa mengonsumsinya dengan berbagai macam cara mulai dengan mengonsumsi buahnya secara langsung ataupun yang sudah diolah menjadi ekstrak.

Namun, hal yang perlu kamu ingat ketika mengonsumsi buah tin jangan sampai dibarengi zat kimia dan zat tambahan lainnya.



5. Menurunkan Kolesterol

Dalam tiap 100 gram daging buah tin diperkirakan mengandung 680 mg potasium, 162 mg kalsium, dan 2,039 mg zat besi.

Siapa sangka kadar serat yang sangat tinggi dalam buah tin tak hanya mampu membantu melancarkan pencernaan saja, melainkan juga dapat membantu menurunkan kolesterol.

Sebagai hasilnya kolesterol dalam tubuh bisa menurun karena terlarut serta ikut terbuang bersama zat-zat eksresi.


6. Mengobati Disfungsi Seksual

Manfaat buah tin untuk mengobati disfungsi sudah tidak perlu diragukan lagi.

Hal itu karena, sejak dahulu buah tin sudah menjadi salah satu obat yang paling direkomendasikan untuk mengatasi masalah disfungsi seksual.

Semua itu berasal dari tingginya kandungan vitamin serta mineral baik untuk tubuh yang terdapat pada buah tin.


7. Menambah Gairah Seksual

Manfaat buah tin dalam masalah seksual tak hanya mampu membantu mengatasi disfungsi seksual saja, namun masih ada manfaat lainnya seperti menambah gairah seksual.

Dengan demikian, tentu sudah tidak mengherankan bila kita menilik sejarah masyarakat Arab lampau menggunakan buah tin sebagai obat kejantanan pria.

Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat buah tin sebagai penambah gairah seksual dapat dilakukan dengan metode merendam buah tin kedalam segelas susu selama satu malam dan diminum pada keesokan harinya.

Cara tersebut diyakini mampu memberikan energi serta stamina tambahan bagi vitalitas yang tinggi pada waktu malam harinya.


***


Nah, itulah beberapa manfaat buah tin untuk kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar kesehatan hanya di BlogDaffa.com