Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Inspirasi Desain dan Sistem Instalasi Hidroponik yang Dapat Kamu Coba di Rumah

Sistem instalasi hidroponik tak hanya bisa dibeli saja, melainkan kamu dapat merakitnya secara mandiri secara mudah di rumah, loh! Bahkan alat dan bahan yang diperlukan bisa kamu temukan cukup mudah di toko material terdekat. Penasaran seperti apa? Langsung saja simak inspirasi desainnya di bawah ini!

Hidroponik merupakan sebuah metode bercocok tanam tanpa memerlukan media tumbuh dari tanah.

Selain itu, metode menanam hidroponik cukup efisien dalam menekan jumlah pengeluaran untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi pada tanaman.

Bercocok tanam menggunakan teknik hidroponik terkenal dengan keleluasaan nya ketika menanam sayuran, dengan kata lain metode ini sangat direkomendasikan untuk siapa saja yang hendak memulai bertanam secara hidroponik bahkan untuk pemula sekalipun.

Walaupun teknik hidroponik dibilang sangat gampang, namun untuk instalasi hidroponik sendiri sangat membutuhkan perhatian, loh ya.

Pasalnya, supaya tanaman mampu tumbuh dengan baik dan subur, tentu saja tak luput dari instalasi serta sistem hidroponik yang baik juga, kan?

Bagi kamu yang hendak membuat instalasi hidroponik sendiri di rumah, yuk simak mengenai ulasan sistem dan cara instalasinya di artikel ini!


8 Inspirasi Sistem Instalasi Hidroponik

Inspirasi Sistem Instalasi Hidroponik


1. Instalasi Hidroponik NFT

Instalasi Hidroponik NFT

Hidroponik sistem nutrien film technique atau populer dengan sebutan NFT merupakan salah satu cara menanam hidroponik yang menggunakan sistem sirkulasi nutrisi.

Metode ini umumnya melakukan sirkulasi nutrisi dengan aliran tipis.

Hal itu bertujuan agar tanaman mendapatkan air, nutrisi, dan oksigen dalam waktu bersamaan lewat pipa pada bagian bawah tanaman.

Metode hidroponik satu ini sangat efektif dan efisien karena mampu menghemat waktu, dan tenaga.


2. Hidroponik Wick System

Hidroponik Wick System

Wick sistem merupakan cara menanam hidroponik sederhana dan mudah dilakukan di rumah.

Prinsip kerja hidroponik Wick System yakni meletakkan tanaman pada sebuah wadah di tempat yang dapat menampung air beserta larutan pupuk dan penyubur tanaman.

Sekarang ini terdapat beberapa jenis pupuk hidroponik yang bisa kamu beli atau bahkan membuat nutrisi hidroponik sendiri di rumah.

Sistem hidroponik ini bisa kamu buat secara mandiri dengan mudah hanya bermodalkan media tanam berupa tali atau kain wol (kapiler) serta wadah yang berbahan dasar plastik.

Tali atau kain difungsikan sebagai sumbu untuk menyerap air dan nutrisi sama halnya dengan spons yang langsung mengantarkan air beserta nutrisi tersebut ke tanaman yang dibudidayakan.


3. Sistem Aeroponik

Sistem Aeroponik

Sistem Aeroponik merupakan metode menanam hidroponik dengan cara menyemprotkan air dan nutrisi hingga berkabut langsung menuju akar tanaman.

Cara menanam hidroponik satu ini tergolong sulit dan memakan biaya yang cukup mahal untuk instalasinya.

Meskipun tergolong mahal, keunggulan sistem Aeroponik ini justru tidak membutuhkan tempat yang luas.


4. Instalasi Hidroponik Drip System

Instalasi Hidroponik Drip System

Drip System merupakan salah satu teknik menanam hidroponik yang mengusung sistem aerasi untuk mengalirkan air yang sudah dicampur dengan nutrisi.

Prinsip kerja dari drip System yaitu dengan meneteskan pupuk dan penyubur tanaman langsung pada akar serta batang tanaman secara berkala.

Cara ini terbilang cukup kompleks mengingat kamu harus mengontrol agar hasil aerasi yang berlebihan mampu terbuang. Dengan demikian tanaman akan terhindar dari pembusukan yang disebabkan oleh kebanyakan nutrisi.

Selain itu, dengan drip sistem ini kamu juga dapat menanam tanaman yang berukuran besar sekalipun, hal itu lantaran sistem ini tidak banyak memakan tempat untuk mengalirkan air pada bagian bawah wadah.



5. Metode EEB & FLOW

Metode EEB & FLOW

EEB & Flow System merupakan teknik hidroponik yang menggunakan timer atau pengatur waktu.

Timer berguna untuk mengatur waktu yang sudah ditetapkan untuk mengaliri air yang sudah dicampur dengan nutrisi ke tanaman.

Metode ini juga memerlukan tabung untuk menampung aliran air yang berlebihan, sehingga tidak berdampak pada kerusakan tanaman yang kamu budidayakan.


6. Metode Bubleponic

Metode Bubleponic

Bubleponic merupakan salah satu cara menanam hidroponik yang mengandalkan gelembung-gelembung udara yang diperoleh dari sistem aerasi, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik karena tercukupi kebutuhan oksigennya.

Dengan metode bubleponic ini menempatkan akar tetap terendam oleh air yang sudah dicampur dengan nutrisi, sehingga tanaman mampu tumbuh dengan subur.


7. Instalasi Hidroponik Fertigasi

Instalasi Hidroponik Fertigasi

Teknik hidroponik Fertigasi merupakan metode menanam tanaman dengan cara mengalirkan air yang sudah dicampur dengan nutrisi dan unsur hara lewat saluran irigasi.

Dalam sistem hidroponik Fertigasi ini mampu menekan biaya pemupukan tanaman, hal itu karena proses pemupukan tanaman dilakukan secara serentak saat proses penyiraman tanaman berlangsung.

Selain itu, biaya pembelian pupuk juga jauh lebih sedikit, mengingat sistem instalasi hidroponik Fertigasi jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sistem lainnya.

Hal itu disebabkan tanaman hanya menerima suplai pupuk dalam jumlah sedikit, namun secara terus-menerus.


8. Sistem Deep Water Culture

Sistem Deep Water Culture

Deep Water Culture System merupakan salah satu metode dan instalasi hidroponik yang cukup populer serta banyak digunakan.

Pasalnya, cara menanam hidroponik rakit apung cukup mudah dan tidak rumit untuk dibuat.

Proses pembuatannya cukup mudah, karena kamu hanya perlu memastikan agar akar tanaman tetap berada didalam air, sehingga tanaman dapat tumbuh baik dan subur.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan oksigen pada tanaman, maka kamu bisa memasang aerator pada bagian dasar wadah atau tempat penampungan air dan nutrisi.

Dengan cara ini diklaim mampu menyuplai kebutuhan setiap tanaman dan mampu membagi oksigen antar tanaman jauh lebih efektif dan efisien.


***


Nah, itulah beberapa desain hidroponik yang bisa dijadikan inspirasi.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar hidroponik hanya di BlogDaffa.com, oke!