Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Calathea Lutea: Karakteristik hingga Cara Merawat Tanaman Hias Cantik Mirip Pohon Pisang!

Bila dilihat sepintas calathea lutea memiliki daun dengan bentuk menyerupai daun pisang. Dengan karakteristik tersebut, maka tak heran apabila banyak orang yang ingin menanam serta merawat tanaman calathea ini di pekarangan rumah. Yuk, kupas lebih jauh mengenai serba-serbi calathea lutea lebih detail di bawah ini!

Tak heran jika tanaman calathea lutea semakin dicari oleh banyak orang, sebab tanaman satu ini mampu menghadirkan nuansa tropis pada eksterior rumah.

Bagi sebagian orang sering menggunakan calathea lutia atau sering disebut dengan cuban cigar ataupun pompano Ini untuk dijadikan sebagai elemen dekorasi hidup untuk menambah tampilan eksterior hunian mereka menjadi lebih cantik.

Ciri khas paling identik dari calathea lutea terdapat pada ukuran daun yang lebar berwarna cerah serta memiliki bentuk yang tidak biasa menjadikan alasan utama bagi orang-orang menyukai tanaman ini.

Nah, untuk lebih jelasnya Blog Daffa sudah merangkum mengenai serba-serbi tentang informasi mengenai tanaman calathea lutea khusu untuk mu.

Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!


Karakteristik Calathea Lutea

Karakteristik Calathea Lutea


1. Bentuk Daun yang Unik

Bentuk daun calathea lutea

Ciri khas paling identik dari jenis calathea ini terletak pada daunnya yang lebar, melipat, dan berwarna hijau cerah.

Karena bentuk daunnya itulah yang membuat tampilan dari tanaman ini terlihat sangat anggun khususnya untuk dijadikan sebagai dekorasi eksterior rumah.

Selain itu, tangkai daun yang tumbuh memanjang mampu menambahkan kesan calathea lutea sangat melambangkan tampilan tropis yang sangat menyegarkan.


2. Berkontribusi terhadap Suplai Udara Bersih

Siapa sangka dibalik tampilannya yang cantik dan menyegarkan, ternyata tanaman pisang-pisangan ini mempunyai segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, loh!

Tak hanya dapat digunakan sebagai tanaman hias saja, calathea lutea juga berperan aktif terhadap ketersediaan udara bersih di lingkungan sekitar rumah, loh!

Dengan demikian, tanaman hias ini juga sangat cocok untuk ditanam di daerah perkotaan yang memiliki tingkat polutan dan kebisingan tinggi.


3. Pertumbuhan Mencapai 3 Meter

Pertumbuhan Calathea Lutea

Tanaman satu ini juga dapat tumbuh tinggi, bahkan hingga ketinggian 3 meter, loh!

Tak hanya bagian batangnya saja, bagian daun yang berukuran lebar juga dapat terus tumbuh hingga kisaran 40 - 50 cm.

Karena ukurannya yang tinggi dan berdaun lebar inilah yang membuat banyak orang menyebut calathea lutea dengan sebutan pohon pisang.


4. Sensitif terhadap Angin dan Asap

Siapa sangka tanaman yang mampu tumbuh tinggi ini ternyata sangat sensitif terhadap angin, asap kompor dan asap rokok, loh!

Oleh karena itu, jika kamu tertarik untuk menanam calathea lutea di rumah, usahakan untuk meletakkannya pada lingkungan yang tepat dan terhindar dari paparan asap.


5. Dapat Tumbuh di Media Pot dan Pekarangan Rumah

Pada dasarnya tanaman calathea lutea ini dapat tumbuh dengan baik dan berdaun cantik, meskipun di tanam pada pot ataupun langsung di pekarangan rumah.

Hanya saja lokasi atau penempatan tanaman ini harus terkena sinar matahari secara langsung setiap harinya.

Karena memiliki daun yang indah, jadi sudah tidak heran apabila tanaman pisang calathea ini seringkali digunakan sebagai pembatas taman atau sebagai penghias pekarangan rumah.



Cara Merawat Calathea Lutea

Cara Merawat Calathea Lutea


1. Siapkan Media Tanam dan Pot

Dalam merawat calathea lutea di rumah, hal yang perlu kalian perhatikan adalah media tanamnya.

Diantara berbagai macam jenis media tanam yang dapat dipakai untuk menanam tanaman hias.

Media tanam berikut ini yang harus kamu siapkan agar calathea lutea dapat tumbuh dengan subur:

  • Campuran tanah subur.
  • Tanah gambut yang dicampur dengan kurang lebih sekitar ⅓ sekam bakar.
  • Sekam bakar.
  • Akar pakis.

Bahan-bahan yang sudah kami sebutkan di atas, memiliki peran yang sangat baik untuk meningkatkan sistem drainase.


2.  Campurkan Media Tanam

Setelah mencampurkan beberapa bahan yang sudah kamu siapkan sebelumnya, maka tambahkan pupuk kandang atau pupuk kompos dan sekam padi atau pakis.

Dalam mencampur ketiga media tanam tersebut gunakanlah perbandingan 2:2:1, kemudian masukan ke dalam pot.

Ketika menggabungkan campuran tanah, perlu kamu ingat bahwa tanaman ini sangat menyukai tanah yang sedikit lembab namun tidak tergenang.

Maka dari itu, kamu memerlukan campuran yang dapat menahan air, akan tetapi juga dapat mengalirkan air dengan cepat ketika kelembaban media tanam berlebihan.

Selain itu, hal yang perlu kamu perhatikan adalah tanah yang digunakan sebagai media tanam sudah terbebas dari bebatuan kecil misalnya seperti kerikil.


3. Siram Media Tanam

Tahap selanjutnya, kamu harus menyiram media tanam yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

Hal ini tak terlepas dari sifat alamiah calathea lutea yang sangat menyukai media tanam yang lembab dan subur.

Selain itu, kamu juga harus melubangi terlebih dahulu bagian dasar pot, hal itu bertujuan agar air tidak menggenang di dalam tanah.

Sebab air yang menggenang di dalam media tanam bisa mengakibatkan akar tanaman menjadi mudah busuk.


4. Waktu Pemberian Pupuk

Hal yang perlu kamu ketahui dalam menanam calathea lutea yaitu kapan waktu yang paling tepat untuk pemberian pupuk.

Pemberian pupuk pada tanaman calathea pada masa awal tanam dapat dilakukan setelah satu bulan pasca tanam.

Selanjutnya, kamu dapat memupuk tanaman ini kembali setiap 3 bulan sekali atau 2 Minggu sekali, hal itu menyesuaikan dengan kondisi atau tingkat kesuburan dari tanaman calathea lutea yang sedang kamu rawat di rumah.

Tak hanya itu saja, ketika usia tanaman menginjak umur 6 bulan, sebaiknya segeralah untuk mengganti pot atau wadah dari media tanam calathea lutea supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik dan subur.

Lakukan pergantian pot atau wadah dari media tanam setiap 6 bulan sekali, oke!


***


Nah, itulah beberapa informasi mengenai serba-serbi calathea lutea mulai dari karakteristik hingga cara merawat calathea lutea di rumah.

Daripada cuman dibaca sendiri lalu ditinggalkan begitu saja, lebih baik kamu share artikel mengenal calathea lutea ini ke sosial media mu, agar kamu bisa membantu teman-temanmu yang tengah membutuhkan informasi terkait cara merawat dan menanam calathea lutea di rumah.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar tanaman hias hanya di BlogDaffa.com, oke!