Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Makanan Pencegah Kanker yang Terbukti Secara Ilmiah Penuh Khasiat

Tentu kita semuanya sudah mengetahui jika penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan di dunia. Nah untuk menghindari terkena penyakit ini, tak hanya dengan berolahraga dan istirahat yang cukup saja, akan tetapi kamu juga membutuhkan makanan pencegah penyakit kanker.

Menurut laporan dari World Heart Organization menuturkan bahwa penyakit kanker adalah penyebab kematian tertinggi di dunia di mana 1 dari 6 orang meninggal dunia karena penyakit ini.

Tak jarang kemunculan penyakit ini sulit terdeteksi gejala awalnya dan apabila sudah diketahui biasanya kondisi penyakitnya sudah berada dalam tahapan yang cenderung sudah parah.

Oleh sebab itu, untuk meminimalisir terjangkit penyakit kanker, maka kamu harus memulai menerapkan pola hidup sehat.

Cobalah untuk membiasakan diri untuk rajin berolahraga secara rutin, istirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan pencegah kanker yang sehat serta bergizi.

Nah, bagi kamu yang penasaran apa saja makanan yang dapat mencegah penyakit kanker dan telah terbukti secara ilmiah banyak khasiatnya.


10 Makanan Pencegah Kanker Penuh Khasiat yang Wajib Dikonsumsi

Makanan pencegah kanker banyak khasiat


1. Buah Beri

Buah beri pencegah kanker

Makanan pencegah kanker yang pertama adalah jenis buah beri.

Dari jenis buah beri ini terdapat beragam macamnya yang bisa kamu pilih, misalnya seperti blueberry, atau raspberi.

Dalam buah beri mengandung anthocyani, zat antioksidan yang mampu mencegah pertumbuhan berbagai jenis sel kanker.


2. Kunyit, Makanan Pencegah Kanker

Kunyit, Makanan Pencegah Kanker

Berdasarkan dari sebuah riset menunjukkan bahwa kurkumin, atau pigmen warna kuning yang terdapat pada kunyit mempunyai khasiat atau manfaat sebagai antikanker yang sangat mujarab.

Dalam The Truth About Cancer diketahui bahwa orang yang mengonsumsi kunyit 100-200 mg tiap hari memiliki risiko kanker yang lebih rendah. Lebih dari 2.000 penelitian menyatakan bahwa kunyit dapat mengatasi kanker payudara, prostat, hati, usus besar, dan lainnya.


3. Salmon

Daging Salmon pencegah kanker

Tak hanya terkenal sebagai hidangan makanan mewah dan mahal saja, faktanya salmon memiliki banyak manfaat yang sudah terbukti kemanjurannya.

Menurut dari sejumlah penelitian, salmon tergolong ke dalam makanan pencegah kanker yang wajib untuk dikonsumsi karena mengandung omega-3 dan vitamin D yang tinggi.

Kandungan tersebut dipercaya mampu menurunkan serta memperkecil peluang terkena penyakit kanker misalnya seperti penyakit kanker darah hingga 30 persen.


4. Jahe, Makanan Pencegah Kanker

Jahe, Makanan Pencegah Kanker

Selain kunyit, ternyata jahe juga masuk kedalam tanaman jenis rimpang yang mempunyai sifat antikanker yakni berkat adanya kandungan senyawa gingerol.

Molekul bioaktif yang terkandung dalam jahe sudah terbukti efektif untuk mengatasi berbagai jenis kanker misalnya seperti kanker hati, lambung, ovarium, kulit, dan prostat.


5. Brokoli

Brokoli makanan pencegah kanker

Apakah kamu sudah mengetahui bahwa makanan pencegah kanker satu ini seringkali disebut dengan superfood?

Hal itu disebabkan dalam brokoli memiliki kandungan serat tinggi yang mengandung sulforaphane yang memiliki sifat antikanker.

Zat ini diklaim mempunyai peran yang sangat krusial dalam menekan serta mampu menurunkan risiko terkena penyakit kanker bahkan hingga 75 persen.



6. Pak Choi

Pak Choi sayuran pencegah kanker

Pak Choi atau sering disebut dengan bok Choy ini ternyata masih satu kerabat dekat dengan jenis tanaman sayuran lainnya seperti brokoli dan kembang kol, loh!

Dalam konteks ini dapat disimpulkan bahwa pak Choi juga memiliki elemen antikanker yang tak jauh berbeda.

Menurut National Cancer Institute, famili sayuran ini bisa menurunkan risiko kanker paru-paru, prostat, usus, serta kanker payudara.


7. Kurma Pencegah Kanker

Kurma Pencegah Kanker

Buah kurma yang seringkali kita konsumsi saat lebaran atau bulan ramadhan ini ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, loh!

Tak ayal apabila kurma seringkali disebut-sebut sebagai salah satu makanan antikanker.

Hal itu lantaran adanya kandungan polyphenol yang dapat mencegah kanker.

Kandungan zat antikanker ini dikatakan banyak terdapat pada buah kurma dibandingkan dengan buah lainnya.


8. Alpukat, Makanan Pencegah Kanker

Alpukat, Makanan Pencegah Kanker

Bagi kamu yang suka mengonsumsi buah satu ini baik dengan memakannya langsung atau disajikan dalam berbagai bentuk hidangan lainnya seperti makanan ataupun minuman, yang jelas alpukat memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan.

Selain itu, buah alpukat juga sangat bagus untuk dijadikan sebagai sumber nutrisi bagi kamu yang tengah menjalankan program diet sehat alami.

Manfaat lainnya dari alpukat yaitu untuk menangkal penyakit kanker misalnya seperti kanker limfoma.


9. Keju, Makanan Pencegah Kanker

Keju, Makanan Pencegah Kanker

Beruntung bagi kamu yang hobi memakan keju, sebab keju sendiri tergolong salah satu jenis makanan pencegah kanker.

Dari sebuah studi kasus mendapati bahwa dalam keju padat terdapat kandungan alami yang mampu mencegah kanker kolorektral.

Akan tetapi, ada pula penelitian lain yang menyatakan justru sebaliknya, dan mengatakan mengonsumsi keju dalam jumlah sangat banyak malah meningkatkan resiko terkena penyakit kanker.


10. Apel, Buah Pencegah Kanker

Apel, Buah Pencegah Kanker

Di dalam buah apel mengandung banyak sekali nutrisi penting, misalnya seperti vitamin C, serat, dan potasium.

Dari sebuah penelitian memaparkan dengan mengonsumsi satu buah apel secara rutin setiap harinya ternyata mampu meminimalisir terkena risiko terkena penyakit kanker.


***


Nah, itulah beberapa informasi mengenai jenis-jenis makanan pencegah kanker yang wajib kamu ketahui.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar kesehatan hanya di BlogDaffa.com