Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Paling Mudah Menanam Aglaonema agar Tumbuh Subur dan Berdaun Indah

Teruntuk kamu yang masih bingung tentang bagaimana cara menanam aglonema supaya dapat tumbuh subur dan berdaun indah? Nah, disini kami akan menjelaskan mengenai 4 metode menanam yang dapat kamu pilih sesuai sesuai dengan kemampuan serta kebutuhan mu, loh! Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Aglaonema atau seringkali dijuluki dengan nama Sri rejeki ini merupakan tanaman hias daun yang tengah populer di kalangan masyarakat luas.

Karena ketenaran dan tingginya permintaan pasar membuat harga tanaman aglonema ini dijual dengan harga mulai ratusan hingga jutaan rupiah, loh!

Dengan harga yang tinggi tersebut tak jarang orang untuk memilih membudidayakan aglonema secara mandiri di rumah mereka masing-masing, sebab hal ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis tanaman hias.

Nah, untuk metode pembudidayaan aglaonema dapat dilakukan dengan berbagai macam cara.

Dengan menerapkan metode penanaman serta perawatan aglonema yang baik dan tepat serta rutin setiap harinya, maka tak ayal jika kamu bisa memiliki tanaman yang tumbuh subur dan berdaun sangat indah.

Nah, untuk membantu serta memudahkan kamu dalam menanam aglaonema, yuk simak beberapa caranya di bawah ini!


4 Pilihan Cara Menanam Aglonema

Cara menanam aglaonema


1. Cara Menanam Aglaonema dari Biji

Cara menanam aglonema dari biji

Metode pertama yang bisa kamu terapkan di rumah ialah dengan cara menanam aglonema dari biji.

Nah, untuk lebih detailnya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu harus memilih biji yang dihasilkan oleh indukan yang sudah berumur atau sudah tua, hal itu bertujuan untuk mendapatkan anakan yang berkualitas unggul.
  • Tahap selanjutnya rendamlah biji aglaonema tersebut selama 2 - 3 jam sebelum di semai. Perendaman benih ditujukan untuk mempercepat proses berkecambah.


2. Menanam Aglonema dengan Cara Stek

Cara stek aglonema

Cara menanam aglaonema selanjutnya dapat dilakukan menggunakan metode stek pucuk pada indukan yang sudah berumur.

Nah, cara menanam stek pucuk aglaonema adalah sebagai berikut:

  • Tahap pertama sebelum melakukan stek pucuk pada aglaonema ialah memilih indukan dengan kriteria memiliki batang yang tampak kokoh dan minimal mempunyai 5 buah daun tersisa setelah diambil bagian pucuknya. Hal itu bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidup indukan aglonema setelah diambil bagian pucuk daunnya.
  • Selanjutnya potong pucuk daun aglonema dengan panjang antara 6 - 7 ruas daun, kemudian tanam pucuk tersebut pada media tanam, lalu letakkan di tempat yang teduh dan terbebas dari paparan sinar matahari secara langsung.



3. Menanam Aglonema dengan Cangkok

Cara cangkok aglonema

Cara menanam aglonema dengan metode mencangkok dapat diawali mulai dari pemilihan indukan.

Nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak cara mencangkok tanaman aglaonema di bawah ini:

  • Langkah pertama carilah indukan yang sudah berumur yang sudah berbatang kokoh serta berwarna kecoklatan.
  • Selanjutnya, kupas batang tersebut memakai pisau tajam hingga tampak bagian dalamnya yang berwarna putih dan bertekstur keras.
  • Kemudian balut bekas sayatan tadi mengguanakan campuran antara tanah, sekam, pasir malang, humus, dan pakis dengan skala perbandingan 1:5:2:2 dan bungkus memakai plastik.
  • Setelah terbungkus plastik rapi, maka tahap selanjutnya yaitu memberi lubang pada plastik tersebut, sebagai tempat sirkulasi udara serta sebagai media pertumbuhan akar tanaman.
  • Siram cangkokan aglaonema tersebut dua kali sehari dengan cara menyemprotkan air secara berkala.
  • Dalam rentang usia antara 3 hingga 4 Minggu, maka kamu akan melihat hasilnya bahwa aglaonema yang kamu cangkok mulai tumbuh.


4. Menanam Aglonema dengan Memisahkan Anakan

Cara Merawat Aglaonema agar Cepat Beranak

Nah, cara menanam aglonema yang terakhir bisa kamu lakukan dengan metode pemisahan anakan dari indukan.

Untuk caranya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ialah mengorek media tanam untuk mencari akar yang menyambung anatara indukan dan anakan aglaonema.
  • Kriteria anakan aglaonema yang siap untuk dipisahkan dari indukan ditandai dengan daun yang sudah mekar alias tidak tergulung.
  • Selanjutnya potong akar yang menghubungkan antara indukan dan anakan yang sudah kamu cari tadi.
  • Hal yang tidak perlu kamu perhatikan saat pemotongan akar tanaman aglonema, pastikan indukan mempunyai sistem perakaran yang bagus dan kuat ditandai dengan ukuran akar yang besar, gemuk dan berwarna putih.
  • Nah, untuk mempercepat proses pertumbuhan tunas pada indukan yang sudah kamu ambil anakannya, maka potonglah bagian pucuk daun dari indukan tersebut dan sisakan cukup 1 daun saja.
  • Dengan metode tersebut, sangat efektif untuk merangsang pertumbuhan tunas pada tanaman aglonema milikmu, loh!
  • Untuk menjaga kondisi tanaman aglaonema tetap terjaga, maka kamu bisa mengoleskan cairan antiseptik khusus tanaman pada bagian bekas potongan dan jangan lupa untuk memadatkan area perakaran pada tanaman induk aglonema, ya!


***


Nah, itulah beberapa cara menanam aglonema yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah.

Dari beberapa cara di atas, kira-kira kamu tertarik dengan metode menanam aglonema yang mana nih?

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar tanaman hias hanya di BlogDaffa.com, oke!