Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mudah Membuat Hidroponik Wick System dari Botol Bekas. Sangat Simpel, loh!

Tentu kalian semua sudah tidak asing lagi dengan sistem bercocok tanam mengguanakan teknik hidroponik kan? Sedangkan untuk membuat instalasi hidroponik sebenarnya tidak harus menggunakan alat dan bahan yang mahal saja, faktanya kamu bisa membuat hidroponik sederhana di rumah dengan Wick System.

Nah, jika kalian penasaran tentang cara pembuatan hidroponik Wick System dari botol bekas air mineral, yuk simak informasinya pada artikel ini!

Bagi kamu yang masih pemula dalam bidang hidroponik, kami sarankan tidak usah terlalu muluk-muluk untuk membuatnya dalam skala besar, karena pembuatan hidroponik dalam partai besar memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, kami sarankan untuk memulai hidroponik secara sederhana dengan memanfaatkan barang-barang bekas atau limbah rumah tangga, misalnya botol bekas air mineral.

Dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai, maka cukup signifikan dalam menekan cost pembuatan hidroponik itu sendiri.

Yuk, tanpa berlama-lama langsung saja ke topik pembahasan mengenai cara membuat hidroponik Wick System dari botol bekas air mineral.


Cara Membuat Hidroponik Sederhana dari Botol Bekas Air Mineral

Cara membuat hidroponik dari botol bekas air mineral


1. Alat dan Bahan untuk Membuat Hidroponik Wick System

Langkah pertama sebelum membuat hidroponik wick system adalah menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.

Alat dan bahan tersebut diantaranya seperti:

  • Botol plastik bekas air mineral dengan ukuran 600 ml.
  • Alat pemotong yang tajam, seperti gunting, pisau atau cutter.
  • Bahan selanjutnya adalah sumbu, bisa menggunakan kain bekas atau kain flanel jauh lebih bagus sebagai media penghantar nutrisi ke tanaman (wick system).
  • Bibit tanaman yang sudah tumbuh pada media semai rockwool.
  • Air.
  • Nutrisi atau pupuk hidroponik seperti A & B dalam bentuk cair ataupun padat. Kamu bisa mendapatkan nutrisi hidroponik di toko pertanian terdekat atau bisa membelinya secara online. Sesuaikan pupuk hidroponik dengan kebutuhan tanaman mu, ya.
  • Paku.

Untuk bibit tanaman hidroponik bisa kamu beli di toko pertanian sekitar rumah mu, jika kesulitan atau cukup jauh, maka kamu bisa membelinya secara online.

Nah, tips sebelum memindahkan tanaman pada media tanam hidroponik yang hendak kamu bikin, alangkah baiknya semai terlebih dahulu benih yang sudah kamu beli mengguanakan rockwool.

Rockwool sendiri merupakan salah satu media tanam, namun media tumbuh ini memiliki jangka waktu yang cukup pendek, sehingga membuat rockwool sangat cocok untuk dijadikan sebagai media semai bibit tanaman hidroponik.


2. Cara Membuat Hidroponik Wick System

Cara Membuat Hidroponik Wick System

  1. Ambilah alat pemotong pisau, cutter, ataupun gunting tajam, lalu potong botol bekas air mineral menjadi dua bagian. Usahakan potongan bagian bawah jauh lebih panjang dari bagian atas botol, ya.
  2. Ambil potongan bagian bawah botol, kemudian isi mengguanakan air yang sudah dicampur menggunakan nutrisi A & B sesuai takaran yang tepat. Perbandingan antara pupuk A & B yaitu 5 ml : 5 ml untuk 1 liter air bersih. Setelah sisihkan.
  3. Ambil potongan atas botol bekas tadi, lalu lubangi tepat di bagian leher dengan ukuran kecil-kecil mengguanakan paku kecil. Jangan lupa lubangi tutup botol untuk tempat sumbu.
  4. Masukan kain bekas atau kain flanel pada lubang yang sudah kamu buat tadi sebagai sumbu. Pastikan pemasangan kain sumbu tidak terlalu pendek, terutama pada bagian sisi botol agar mampu menyerap air beserta larutan nutrisi pada bagian bawah botol. Setelah selesai pemasangan sumbu, letakkan botol tersebut tepat di atas potongan botol yang sudah kamu isi dengan larutan nutrisi tadi dengan posisi terbalik.
  5. Selanjutnya, masukan bibit tanaman yang sudah kamu semai mengguanakan rockwool pada bagian atas sumbu atau botol yang kamu balik tadi.
  6. Pastikan peletakan bibit tanaman mengenai bagian sumbu yang sudah basah oleh air yang sudah tercampur dengan nutrisi hidroponik. Untuk media tanam hidroponik, kamu bisa menggunakan arang sekam, pecahan batu bata, spons sebagai penyangga tanaman agar tidak mudah patah.
  7. Tempatkan tanaman hidroponik tadi pada lokasi yang ramah terhadap sinar matahari, namun tetap aman dari guyuran air hujan, ya.



3. Jenis Bibit Hidroponik

Jenis bibit tanaman hidroponik Terbaik

Kamu tidak perlu bingung dan pusing mengenai jenis bibit apa saja yang bisa ditanam mengguanakan hidroponik.

Sebab, ada banyak jenis tanaman yang bisa kamu tanaman mengguanakan hidroponik Wick System ini, loh!

Misalnya sebagai contoh tanaman yang bisa digunakan antara lain seperti tomat, timun, cabai, kangkung, dan sawi.

Selain sayuran, kamu juga bisa menanam buah-buahan dengan hidroponik wick system, seperti strawberry, semangka, dan melon, akan tetapi untuk menanam buah-buahan tersebut memerlukan wadah serta tempat yang cukup besar.


4. Perawatan Tanaman Hidroponik Wick System

Cara merawat hidroponik dengan mudah

Tak hanya di tempatkan di lokasi yang aman dari guyuran air hujan saja, kamu juga harus rutin memberikan nutrisi pada bibit tanaman yang ditanam menggunakan metode menanam hidroponik dari botol bekas.

Di Minggu pertama, atau awal penanaman bibit, kamu harus memberikan nutrisi A & B dengan perbandingan 5 ml : 5 ml per satu liter air.

Lalu, pada Minggu ke dua pemberian pupuk A & B kamu tambahkan lagi dosisnya menjadi 6 ml : 6 ml per satu liter air bersih.

Lakukan, penambahan dosis pemberian nutrisi hidroponik setiap minggunya hingga tanaman siap untuk kamu panen.


***


Nah, itulah beberapa cara membuat hidroponik wick system dari botol bekas di rumah.

Cukup mudah bukan?

Hanya bermodalkan botol bekas serta alat dan bahan yang sederhana kamu bisa memulai untuk menanam hidroponik sendiri di rumah.

Tertarik untuk mencoba?

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar hidroponik hanya di BlogDaffa.com, oke!