Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Bebas Finansial Yang Paling Efektif | Yuk, Terapkan Kebiasaan Ini!

Pasti tidak sedikit orang yang menginginkan berada dalam kondisi bebas finansial, bukan? Ternyata untuk menggapai kebebasan tersebut dapat kita awali dengan cara-cara sederhana, loh!

Masalah finansial tidak bisa dipungkiri dapat menjadi problematika kehidupan yang paling rumit dan tentu saja membutuhkan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Tentunya setiap individu pernah mengalami masalah finansial, namun yang membedakan ialah bagaimana cara setiap orang tersebut mencegah masalah keuangan tersebut terjadi dikemudian hari.

Hal ini yang menjadikan alasan kuat bagi kebanyakan orang mengapa ingin mandiri serta merdeka secara finansial.

Untuk meraih bebas finansial bukan perkara yang dapat diraih dengan cara mudah dan instan, melainkan kamu harus menyiapkan secara matang serta semakin dini persiapan tersebut tentunya semakin lebih bagus pula hasilnya.

Oke, bagi kamu yang merasa ingin bebas finansial, silahkan simak ulasan di bawah ini!


Tips Bebas Finansial

Tips Bebas Finansial


1. Pahami Kondisi Keuangan

Pahami Kondisi Keuangan

Tahap paling awal untuk menyiapkan diri menuju kehidupan bebas finansial ialah dengan mengetahui dan mempelajari keadaan keuangan mu saat ini.

Oleh karena itu, kamu harus memahami berapa pendapatan uang yang dapat kamu peroleh setiap bulannya, berapa jumlah nominal hutang yang belum kamu lunasi, berapa jumlah tabungan yang kamu rencanakan, dan seberapa jauh serta besarnya kemauan mu dari tujuan finansial yang hendak kamu gapai.

Catat secara rinci mengenai hal-hal tersebut, agar kamu memperoleh gambaran tepat terkait kondisi keuangan mu.

Dalam proses ini, kamu juga bisa mencatat jumlah nominal tabungan yang kamu miliki beserta aset yang kamu punya sekarang ini, dan peluang investasi yang mungkin kamu dapatkan.


2. Bangun Mindset yang Tepat

Bangun Mindset yang Tepat

Jika kamu sudah mengetahui tentang kondisi keuangan mu secara rinci, maka tahap selanjutnya kamu harus mulai untuk membangun pola pikir finansial yang tepat.

Ketika kamu diharapkan dalam kondisi keuangan yang sulit, mungkin kamu akan beranggapan bahwa uang merupakan suatu hal yang negatif dan akan terus membebani kehidupan mu.

Pendapat seperti itulah yang perlu kamu rubah dengan menganggap mempunyai uang merupakan suatu hal yang positif.


3. Catat Tujuan Hidup dan Finansial

Catat Tujuan hidup dan finansial

Untuk menggapai kondisi bebas finansial, tidak cukup hanya bermodalkan pola pikir saja, akan tetapi kamu harus mempunyai motivasi yang kuat untuk mendorong menuju merdeka secara finansial.

Cara yang paling mudah supaya dapat membangun motivasi dalam tahap ini ialah dengan mencatat tujuan hidup serta tujuan finansial yang ingin kamu raih.

Misalnya, sebagai contoh: apabila kamu masih berstatus lajang, maka kamu dapat menuliskan seperti apa pernikahan yang kamu kehendaki lengkap dengan taksiran biaya yang diperlukan.

Dengan mempunyai target atau tujuan hidup inilah yang akan membuatmu termotivasi untuk menjaga pola pikir dan perencanaan keuangan dengan baik.


4. Tulis Setiap Pengeluaran

Tulis Setiap Pengeluaran

Apakah kamu sudah memulai mencatat pengeluaran secara rutin? Jika kamu ingin ketahap hidup bebas finansial, maka kamu harus disiplin secara finansial.

Artinya, salah satu metode untuk menggapai bebas finansial ialah tidak sembarangan dalam mengeluarkan uang yang kamu miliki.

Segeralah untuk memulai mencatat setiap pengeluaran secara rutin, terutama untuk pengeluaran kebutuhan pokok.

Dengan menuliskan setiap pengeluaran, maka kamu akan terbantu untuk memilah serta memilih antara pengeluaran uang yang benar-benar kamu anggap penting atau tidak.


5. Rajin Menabung

Rajin Menabung

Tabungan merupakan salah satu hal terpenting yang wajib kamu lakukan dalam perencanaan finansial, khususnya untuk tabungan kepentingan dana darurat.

Dengan mempunyai tabungan, kamu akan memperoleh keamanan ekstra dari segi keuangan untuk menghadapi keadaan tertentu.

Tak hanya itu saja, tabungan juga bisa menjadi sebuah modal paling utama untuk menuju kearah hidup bebas finansial.



6. Kurangi Pengeluaran yang Kurang Penting

Kurangi Pengeluaran yang tidak penting

Saat kamu sudah mengerti soal pengeluaran dan memulai untuk menabung, salah satu hal yang perlu kamu lakukan ialah dengan memangkas pengeluaran yang dirasa untuk hal-hal yang kurang dibutuhkan.

Hal inilah yang menjadikan alasan kenapa orang yang benar-benar kaya, seolah-olah dia tampak bukan kalangan orang kaya.

Alasan paling utama adalah mereka tidak mau menghambur-hambur kan uang yang mereka miliki untuk hal-hal sebenarnya tidak mereka butuhkan.


7. Habiskan Uang untuk Pengalaman, Bukan Sebuah Benda!

Gunakanlah uang untuk mendapatkan pengalaman

Pada hakikatnya, setiap orang mempunyai cara masing-masing untuk memperoleh kebahagiaannya.

Ada pula sebagian orang yang merasa puas dan bahagia ketika mereka mampu membeli sebuah benda yang mereka idamkan, dan ada juga yang merasakan kebahagiaan ketika mampu memanfaatkan keuangannya secara efektif dan efisien.

Akan tetapi, coba kamu renungkan sejenak. Apakah kebahagiaan karena mampu membeli sebuah barang merupakan kesenangan yang mampu bertahan lama atau hanya sekadar keinginan impulsif belaka?

Salah satu cara yang paling tepat dalam memakai uangmu ialah dengan membeli pengalaman bukan hanya sekedar benda saja.


8. Bayar Semua Hutang

Bayar Semua Hutang

Sekarang ini berapa utang yang kamu miliki, entah itu berupa kewajiban kredit atau sebatas hutang terhadap rekan atau orang lain?

Setelah memahami dan mencatat bagaimana kondisi keuanganmu, maka mulailah rencanakan untuk mulai melunasi semua hutang-hutang yang kamu miliki saat ini.

Usahakan kamu untuk memprioritaskan membayar hutang terlebih dahulu, sebelum melangkah ke tujuan yang kamu inginkan.

Sebab, hutang merupakan salah satu penghalang terbesar dalam hidupmu untuk mencapai bebas finansial.


9. Tambah Sumber Pendapatan

Tambah Sumber Pendapatan

Mumpung masih muda dan mempunyai tenaga serta semangat yang besar untuk menuju hidup bebas finansial, sebaiknya manfaatkan momentum tersebut untuk mulai mencari berbagai sumber pendapatan.

Apabila kamu mempunyai sebuah keahlian khusus, maka kamu dapat memanfaatkan keterampilan tersebut untuk memulai bisnis dengan tujuan agar mampu memperoleh sumber penghasilan sampingan.

Singkat katanya begini, kamu bisa memulai usaha untuk menambah penghasilan di luar dari pekerjaan utama yang tengah kamu jalani.


10. Mulai Investasi

Mulai Investasi

Cara yang terakhir untuk menuju hidup bebas finansial adalah dengan membuat passive income, salah satu untuk mendapatkan penghasilan sampingan tersebut ialah dengan berinvestasi.

Memang tak bisa dipungkiri bahwasannya dalam sebuah investasi mempunyai resiko, akan tetapi kamu patut untuk mencobanya terlebih dahulu.

Apabila kamu takut dengan resikonya, maka kamu dapat mulai berinvestasi dengan memilih instrumen yang memiliki resiko rendah misalnya seperti reksa dana.


***


Nah, itulah beberapa informasi mengenai bagaimana cara menuju bebas finansial yang dapat kamu praktekkan sendiri.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar finansial hanya di BlogDaffa.com, oke!