Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Jenis Tanaman Hias Rambat Bunga Yang Tahan Panas, Indah, Dan Menjadikan Hunian Lebih Asri & Sejuk, loh!

Dengan menghadirkan tanaman hias rambat tahan panas ini, tentunya akan membuat rumah mu menjadi lebih asri dan sejuk. Sehingga kamu tidak memerlukan kipas angin dan AC lagi, loh!

Seperti yang kita ketahui bahwa negara kita Indonesia ini terletak di garis katulistiwa, sehingga tak ayal jika suhu dan cuaca di negeri ini sangatlah panas.

Dengan kondisi demikian banyak orang yang mengakali keadaan tersebut supaya lebih sejuk dengan memasang AC dan kipas angin di rumah mereka masing-masing.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa terdapat jenis tanaman hias rambat yang mampu meredam suhu panas dan mampu menghadirkan nuansa sejuk di rumah?

Untuk mendapatkan suasana sejuk dan asri, kamu hanya perlu menanam tanaman hias rambat ini pada kanopi atau dinding rumah supaya hunian yang kamu tempati nampak indah dan sejuk.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak beberapa jenis tanaman hias rambat bunga tahan panas yang indah dan ubah hunian mu menjadi lebih adem di bawah ini!


Jenis Tanaman Hias Rambat Bunga Tahan Panas

Jenis Tanaman Hias Rambat Bunga Tahan Panas


1. Tanaman Morning Glory

Tanaman Morning Glory

Morning glory merupakan salah satu jenis tanaman hias rambat bunga tahan panas yang dihiasi dengan berbagai kelopak bunganya yang unik serta mampu warna dari bunga ini dapat berubah menyesuaikan suhu dan cuaca di lingkungan sekitar.

Apabila tanaman morning glory di tanam di daerah dengan cuaca panas dan terpapar oleh sinar matahari secara langsung, maka bunganya akar mekar dengan warna ungu.

Namun, bila morning glory di tanam di lokasi yang bersuhu dingin tentu saja mempengaruhi kelopak bunganya berwarna biru ketika bunganya mekar.

Tak hanya mempunyai tampilan yang cantik dan mampu meredam panas, ternyata bunga dari tanaman morning glory ini dapat mengeluarkan aroma yang menyegarkan, kendati demikian tentunya akan membuat rumah mu menjadi lebih harum alami dan menyegarkan.


2. Tanaman Clematis

Tanaman Clematis

Bunga clematis mempunyai bentuk yang menyerupai bunga melati dan mampu berbunga dengan jumlah yang sangat banyak dalam satu kali mekar.

Tanaman hias rambat bunga clematis juga dapat mengeluarkan aroma yang menenangkan serta menyegarkan, sehingga dengan kondisi demikian akan membantu membuat hunian mu menjadi lebih asri dan sejuk.

Tak hanya memiliki bunga berwarna putih saja, ternyata tanaman rambat bunga clematis juga mempunyai variasi warna yang sangat mempesona, misalnya seperti warna ungu muda.


3. Tanaman Rambat Alamanda

Tanaman Rambat Alamanda

Alamanda merupakan salah satu jenis tanaman hias rambat bunga tahan panas yang paling mudah kamu jumpai di Indonesia.

Dengan menanam bunga Alamanda ini akan membuat kondisi halaman rumah mu menjadi lebih cantik dan mempesona berkat kelopak bunganya yang berwarna kuning cerah.

Tanaman rambat bunga ini dapat tumbuh lebat, sehingga mampu melindungi rumah dari terik matahari.

Biasanya orang-orang menanam tanaman Alamanda ini digunakan sebagai tanaman pagar hias dan tanaman untuk menghiasi kanopi rumah.


4. Tanaman Rambat Petra Volubilis

Tanaman Rambat Petra Volubilis

Tanaman hias bunga rambat petra volubilis atau seringkali disebut dengan purple wreath adalah tanaman yang berhabitat asli dari daerah Amerika Tengah.

Walaupun demikian, tanaman hias bunga rambat ini juga dapat tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim tropis, misalnya seperti Indonesia.

Tanaman hias ini juga mempunyai kemampuan layaknya bunga morning glory yang dapat berubah warnanya, loh!

Saat bunganya mulai mekar akan berwarna ungu cerah, sementara sebelum masa gugur bunganya akan berubah warna dari ungu cerah menjadi hijau.


5. Tanaman Bunga Air Mata Pengantin

Tanaman Bunga Air Mata Pengantin

Antigonon leptopus atau lebih dikenal dengan nama air mata pengantin merupakan tumbuhan gulma yang kerap kali digunakan sebagai tanaman hias.

Tanaman bunga rambat air mata pengantin sangat mudah dan cepat tumbuh meskipun tanpa mendapatkan perawatan yang khusus.

Walaupun tanaman bunga air mata pengantin sangat mudah kamu temui di Indonesia, tahukah kamu, bahwa ternyata tanaman hias ini berasal dari negara Meksiko.

Selain mempunyai bunga yang indah serta mampu menghadirkan nuansa sejuk di area rumah, ternyata bunga air mata pengantin seringkali di tanam oleh pembudidaya lebah madu di Indonesia, khususnya lebah trigona atau klanceng.

Pasalnya di dalam bunga air mata pengantin mengandung banyak nektar yang bermanfaat sebagai pakan lebah dan meningkatkan produktivitas madu lebah yang di budidayakan.


6. Tanaman Rambat Wisteria

Tanaman Rambat Wisteria

Salah satu hal unik dari tanaman hias bunga rambat Wisteria yakni mampu bertahan hidup dengan kurun waktu yang lama bahkan tanaman ini mampu bertahan hidup sampai ratusan tahun dan tanaman Wisteria mampu tumbuh tinggi hingga 20 meter.

Wisteria merupakan tanaman dengan habitat aslinya di daerah yang beriklim subtropis, dengan demikian tanaman hias rambat ini memerlukan perawatan khusus supaya dapat tumbuh dengan baik dan subur di Indonesia.

Karena hal itulah yang menyebabkan harga jual bunga rambat Wisteria menjadi sangat mahal di pasaran Indonesia.



7. Tanaman Mandivella

Tanaman Mandivella

Mandivella merupakan salah satu jenis tanaman hias bunga rambat yang berasal dari Florida.

Walaupun habitat tumbuhan ini bukan asli Indonesia, akan tetapi tanaman Mandivella dapat tumbuh pada daerah dengan suhu yang panas.

Saat mekar, tanaman mandivella ini akan menampakkan bunga warna-warni dengan bentuk bunganya menyerupai bunga terompet.

Namun, ada hal yang perlu kamu ketahui saat hendak menanam tanaman mandevilla, yaitu tanaman hias bunga rambat satu ini sangat rentan terhadap serangan penyakit terutama saat terkena cacing tanah.

Oleh sebab itu, supaya tanaman hias ini dapat tumbuh optimal dan sehat, sebaiknya di tanam menggunakan media tanam dari arang kelapa.


8. Tanaman Rambat Melati Irian

Tanaman Rambat Melati Irian

Jika mendengar dari namanya, tentu saja kita sudah menduga-duga bahwa tanaman hias bunga rambat melati irian atau dengan nama latinnya flame of Irian bahwa tanaman ini berasal dari Papua bukan?

Bunga melati Irian ini sangat identik dengan dengan bunganya yang cantik dan tumbuh menjuntai ke bawah dengan warna oranye kemerahan cerah.

Tanaman hias bunga rambat melati Irian ini dapat tumbuh dengan lebat di area sekitar rumah, sehingga dengan kelebarannya tersebut mampu menciptakan lingkungan rumah yang sejuk dan adem.

Karena tanaman hias melati Irian ini identik dengan pertumbuhan bunganya yang menjuntai ke bawah, sehingga tanaman hias ini sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai tanaman kanopi rumah.

Namun, untuk mewujudkan keindahan dan keasrian rumah dengan bunga rambat hias tahan panas ini perlu merogoh kocek yang lumayan mahal dan ketersediaan bibit nya bisa dikatakan cukup sukar didapat.


10. Tanaman Soapwort

Tanaman Soapwort

Tanaman hias soapwort terkenal dengan sifatnya yang tahan panas serta mempunyai bunga-bunga dengan ukuran kecil berwarna merah muda yang sangat banyak.

Berkat tampilannya yang mempesona inilah yang membuat tanaman hias soapwort sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias pagar taman atau pekarangan rumah.

Meskipun soapwort terkenal dengan jumlah bunganya yang banyak, akan tetapi tanaman hias rambat ini tidak mampu mengeluarkan aroma wangi seperti tanaman hias lainnya.

Namun, keunggulan dari tanaman soapwort ini cocok untuk para pemula, pasalnya untuk menghasilkan bunga dalam jumlah banyak tanaman hias ini tidak memerlukan perawatan khusus.


11. Tanaman Rambat Arumdalu

Tanaman Rambat Arumdalu

Pasti bagi kalian orang Jawa sudah menebak, apa sebabnya tanaman ini di namakan arumdalu.

Ya, nama arumdalu merupakan dari bahasa Jawa yang memiliki makna Arum yang bisa diartikan bau, sedangkan Dalu bisa diterjemahkan malam.

Penamaan bunga ini merujuk pada sifat dan karakteristik dari tanaman itu sendiri yakni arumdalu akan mengeluarkan aroma yang sangat khas ketika malam hari.

Selain mampu mengeluarkan aroma wangi yang khas, bunga arumdalu sangatlah cantik dengan warna kuning mempesona.

Meskipun demikian, kekurangan dari tanaman hias rambat bunga arumdalu yakni sangat sukar untuk di rawat di rumah, pasalnya tanaman hias ini sangat memerlukan banyak kandungan unsur hara supaya dapat tumbuh dengan subur.


12. Tanaman Dipladenia

Tanaman Dipladenia

Tanaman hias dipladenia sangat tepat untuk kamu tanam di daerah dengan suhu panas.

Pasalnya, tanaman dipladenia sangat menyukai cahaya matahari serta memerlukan asupan sinar matahari cukup banyak agar dapat tumbuh dengan subur dan sehat.

Keunggulan dari tanaman hias rambat ini yakni mampu menghadirkan nuansa rumah menjadi lebih teduh serta tanaman hias ini dapat berbunga terus menerus setiap saat.

Selain itu, tampilan bunganya juga sangat memukau dengan warna merah menyala.

Tak hanya itu saja, tanaman ini juga tidak rumit untuk di tanam di rumah, sebab kamu dapat memperbanyak tanaman ini dengan cara stek pada tanaman.


12. Tanaman Rambat Sirih Merah

Tanaman Rambat Sirih Merah

Sirih merah merupakan salah satu jenis tanaman rambat yang paling banyak di tanam oleh masyarakat Indonesia.

Pasalnya, tanaman sirih merah tergolong dalam tanaman obat yang mampu mengobati berbagai macam jenis penyakit.

Tak hanya bisa dijadikan sebagai tanaman obat herbal saja, ternyata sirih merah juga memiliki sifat tahan panas dan sangat cocok digunakan sebagai tanaman peneduh rumah.

Kelebihan sirih merah yakni dapat tumbuh dengan cepat, meskipun tanpa mendapatkan perawatan secara khusus.


13. Tanaman Rambat Zebrina Pendula

Tanaman Rambat Zebrina Pendula

Tanaman ini disematkan dengan nama zebrina pendula lantaran mempunyai daun belang-belang layaknya zebra.

Daun dari tanaman zebrina pendula sangat identik dengan perpaduan warna antara ungu, hijau, dan putih yang tampak indah dan sangat elok ketika dipandangi.

Tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias saja, ternyata zebrina pendula juga termasuk kedalam tanaman herbal.

Tanaman ini dipercaya mampu menjadi peluruh kencing dan meredakan bisul, loh!


***


Demikian informasi mengenai beberapa rekomendasi jenis tanaman bunga rambat tahan panas yang sangat tepat untuk kamu tanam di rumah.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu menyelesaikan masalah akan suhu panas di dalam rumah.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar tanaman hias hanya di Blog Daffa.com, oke!