Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mudah Merawat Bunga Hoya. Tanaman Hias Cantik Seperti Bunga Replika

Bagi kamu yang ingin menghias rumah menjadi lebih cantik dengan tanaman hias merambat, maka bunga hoya bisa menjadi solusinya. Selain mempunyai tampilan yang cantik dan beraroma wangi, ternyata tanaman hoya dapat tumbuh dengan cepat, loh!

Mungkin diantara kalian semua masih asing dengan tanaman hias bunga hoya kan?

Ciri khas yang paling identik dari tanaman hias ini adalah pada bagian bunganya dengan bentuk layaknya pola sebuah bintang dengan permukaan semi glossy.

Sementara warna kelopak bunganya yang berkilau akan tampak kabur bila diamati, sebab bagian kelopak bunga hoya diselimuti oleh bulu-bulu halus.

Dari tampilan inilah yang membuat banyak orang berasumsi bahwa bunga hoya merupakan tanaman replika, karena mereka melihat secara sepintas tanpa teliti.

Umumnya, bunga dari tanaman hoya akan tumbuh dalam satu gerombolan sehingga mirip seperti bentuk sebuah bola.

Apabila kamu tertarik untuk menaman bunga hoya di rumah, yuk simak cara merawat tanaman hoya di rumah yang perlu kamu ketahui!


Jenis Jenis Tanaman Hias Hoya

Jenis Jenis Tanaman Hias Hoya

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai cara menanam dan merawat bunga hoya, alangkah baiknya kamu harus menentukan jenis bunga hoya yang hendak kamu tanam di rumah.

Hal ini lantaran ada banyak spesies bunga hoya yang dijual dipasaran yang dapat kamu pilih.

Setiap jenis bunga hoya mempunyai ciri khas tersendiri yang pasti mereka memiliki tampilan yang indah dan menarik.

Berikut beberapa jenis tanaman hias hoya yang bisa kamu gunakan sebagai acuan dalam memilih jenisnya:

  • Hoya lacunosa, mempunyai bentuk bunga yang akan nampak kecil dengan warna putih bersih serta mampu mengeluarkan aroma wangi yang sangat khas.
  • Hoya diversifolia, yang sangat identik dengan ukuran kelopak bunganya yang besar dengan warna merah muda yang lembut.
  • Hoya cumingiana, ciri khas dari bunga hoya jenis ini ialah mempunyai kelopak bunga berukuran besar dengan warna kuning di bagian bawah kelopak bunganya, selain itu bagian tengah bunganya berwarna ungu.
  • Hoya parasitica pink, tak jauh beda dengan namanya yakni bunga hoya jenis ini mempunyai warna yang didominasi oleh warna pink dengan bentuk kelopak bunganya tumbuh ke arah belakang.
  • Hoya verticillata, bunga hoya satu ini sangat identik dengan kelopak bunganya yang tipis dan tumbuh ke atas, selain itu pada bagian tengah bunganya berwarna putih pucat.
  • Hoya cinnamomifolia purple, tak jauh berbeda dengan namanya bunga hoya ini didominasi dengan warna ungu yang sangat cantik dan indah.


Tips Menanam Bunga Hoya di Rumah

Tips Menanam Bunga Hoya di Rumah

Untuk menanam bunga hoya di rumah, sebaiknya jenis bunga yang hendak kamu tanam itu tergolong dalam jenis epifit, terestrial, ataukah litofit.

Sebab dengan mengetahui golongan dari tanaman hoya yang hendak kamu tanam, akan mempengaruhi jenis media tanam apa yang sesuai dengan kebutuhan tanaman hias itu sendiri.

Apabila jenis tanaman yang hendak kamu tanam adalah epifit, maka sebaiknya pada media tanam tambahkan papan pakis agak bisa juga memakai batang kayu yang difungsikan sebagai tempat tanaman merambat.

Apabila jenis tanaman yang akan kamu tanam tergolong terestrial, maka kamu dapat menanam pada media tumbuh tanpa unsur tanah sedikitpun.

Apabila tanaman yang hendak kamu tanam masuk dalam kategori litofit, maka kamu dapat menambahkan bebatuan pada media tanam. Hal itu lantaran tanaman hoya jenis ini umumnya tumbuh pada daerah tebing.

Namun, pada artikel kali ini kami akan membahas secara rinci mengenai cara menanam Hoya epifit saja.


1. Menyiapkan Media Tanam serta Bibit Tanaman Hoya

Menyiapkan Media Tanam serta Bibit Tanaman Hoya

Pada dasarnya dalam menyiapkan media tanam Hoya tak jauh berbeda dengan menyiapkan media tanam untuk anggrek.

Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pakis cacah + pecahan batu bata/genteng dengan skala perbandingan 2 : 1.
  • Potongan kulit pinus + arang dengan skala perbandingan 2 : 1.
  • Pakis cacah + arang dengan skala perbandingan 1 : 1.

Apabila kamu tidak mau ribet karena terlalu banyak jenis campuran media tanam, maka kamu dapat memakai kombinasi media tanam yang paling ideal adalah kombinasi antara pakis dengan kulit pinus dari ukuran kecil hingga sedang (2 cm).

Setelah selesai menyiapkan media tanam, maka tahap selanjutnya yakni menyusun metan tersebut ke dalam sebuah pot.

Usahakan saat menyusun media tanam untuk meletakkan bahan-bahan yang mempunyai permukaan kasar pada posisi paling bawah atau dasar pot.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sistem drainase dan ventilasi udara di bagian perakaran tetap terjaga dalam kondisi optimal.

Tahap selanjutnya yaitu memasukan bibit tanaman hoya satu persatu dalam pot bunga yang sudah kamu siapkan.



2. Cara Merawat Tanaman Hoya

Cara Merawat Tanaman Hoya

Dalam merawat tanaman hoya yang paling utama adalah menyiram tanaman hias ini secara rutin.

Sebab tanaman hoya akan mudah mati bila tanah pada media tanamnya mengering.

Namun, sistem perakaran tanaman hoya sangat mudah membusuk apabila media tanamnya terendam oleh air.

Oleh karena itu kamu sangat merekomendasikan untuk menggunakan pot dengan sistem drainase yang baik pada bagian bawah pot.

Agar kondisi media tanam tetap dalam keadaan lembab tanpa harus tergenangi oleh air.

Selain rentan terhadap genangan air, tanaman hoya juga sangat sensitif terhadap sinar matahari secara langsung.

Maka dari itu letakkan tanaman hias hoya ini pada tempat yang teduh dan terhindar dari paparan sinar matahari secara penuh setiap harinya.

Karena idealnya tanaman hias ini dapat bertahan hidup dengan baik ketika terpapar sekitar 40% sinar matahari alami setiap harinya.


3. Tips Tambahan dalam Merawat Hoya

Tips dalam Merawat Hoya

Cara merawat hoya di rumah agar tumbuh subur dan berbunga lebat tak cukup hanya dengan penyiraman secara rutin saja.

Meskipun karakteristik tanaman hoya cepat tumbuh bahkan dapat mencapai 3 meter, tanaman hias ini juga memerlukan pemupukan layaknya jenis tanaman hias lainnya.

Karena sifatnya yang cepat tumbuh, maka pemupukan dilakukan cukup 2 Minggu sekali saja, sebab bila terlalu berlebihan dalam memupuk tanaman di khawatirkan akan kerepotan dalam menata laju pertumbuhan tanaman tersebut.

Untuk pemupukan tanaman hias hoya kamu dapat menggunakan pupuk organik cair yang disemprotkan menggunakan spray yang diarahkan ke daun tanaman.

Tak hanya itu saja, dalam menata atau memangkas batang tanaman, usahakan untuk menghindari memotong tepat pada bagian tepat di mana bunga tumbuh.


***


Nah itulah beberapa informasi mengenai cara menanam dan merawat bunga hoya di rumah. Cukup mudah bukan?

Apakah kamu tertarik untuk menghias rumah dengan bunga hoya di replika cantik ini?

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar tanaman hias hanya di Blogdaffa.com, oke!