Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menanam Dan Merawat Anggrek Ekor Tupai Agar Dapat Tumbuh Subur Di Rumah

Anggrek ekor tupai merupakan salah satu jenis tanaman anggrek yang memiliki bunga berukuran kecil tumbuh menjuntai dengan tampilan yang sangat indah. Apabila kamu tertarik untuk memeliharanya, kami telah merangkum tentang bagaimana cara menanam dan merawat anggrek ekor tupai yang mudah kamu pahami!

Tanaman hias ini dijuluki dengan ekor tupai sebab mempunyai bentuk serta tampilan yang sangat menyerupai ekor tupai.

Karena tampilannya yang sangat cantik dan indah, maka tak aneh rasanya bila banyak orang yang ingin membudidayakan tanaman anggrek ekor tupai ini di rumah.

Apakah kamu salah satu orang yang tertarik untuk menanam anggrek ekor tupai ini?

Jika jawabannya iya, maka sebaiknya simak cara menanam tanaman hias ini yang lengkap dengan cara perawatannya di rumah, bisa dipastikan halaman rumah mu akan jauh lebih indah dan mampu menyihir tetangga mu menjadi iri, loh!


Cara Menanam Anggrek Ekor Tupai

Cara Menanam Anggrek Ekor Tupai


1. Menyiapkan Bibit Tanaman

Menyiapkan Bibit Tanaman

Hal yang paling utama dalam menanam yakni kamu terlebih dahulu harus menyiapkan bibit tanaman tersebut.

Kamu dapat mendapatkan bibit anggrek ekor tupai di toko penjual bibit bunga terdekat di kota mu, atau bisa juga membelinya secara online.

Namun, usahakan untuk membeli bibit dalam kondisi sehat dan tanpa cacat. Usahakan bibit tanaman yang kamu beli terbebas dari hama ataupun penyakit tanaman.


2. Media Tanam Anggrek Ekor Tupai

Media Tanam Anggrek Ekor Tupai

Tahap selanjutnya setelah mendapatkan bibit anggrek ekor tupai, yaitu menyiapkan media tanam yang akan digunakan sebagai tempat tumbuhnya tanaman anggrek.

Pada dasarnya dalam menanam tanaman anggrek terdapat berbagai macam media tanam yang dapat digunakan. Namun, daripada kamu bingung menentukan media tanam apa yang bagus, kami telah merekomendasikan media tanam yang baik, diantaranya sebagai berikut:

  • Pot tanah liat gantung merupakan media terbaik untuk menanam anggrek jenis ini, karena bentuk bunganya yang tumbuh memanjang serta menjuntai ke bawah.
  • Menempelkannya secara langsung pada batang pohon, atau bisa juga memanfaatkan arang kayu untuk mengisi pot gantung yang telah kamu siapkan sebelumnya. Selain arang kayu, kamu juga bisa memakai serat atau serbuk kayu untuk mengisi pot gantung tersebut.
  • Selain arang, serbuk, dan serat. Kamu bisa menggunakan batu sebagai media atau tempat tumbuhnya perakaran tanaman anggrek.

Hal yang paling penting untuk kamu ketahui dalam memilih pot yang akan dipakai sebagai media tanam adalah memilih pot yang mempunyai lubang pada bagian sisi samping dan bawah pot bunga.

Tahap selanjutnya, kamu dapat menyusun media tanam yang sudah kamu siapkan.

Masukan pecahan batu pada bagian dasar pot, disusul sabut kelapa pada bagian atas pecahan batu tersebut, kemudian masukan batok kelapa, dan campuran tanah dengan pupuk tepat di atas batok kelapa.


3. Proses Penanaman

Tanamlah bibit bunga anggrek yang sudah kamu siapkan sebelumnya pada media tanam yang baru saja kamu persiapkan.


4. Pemindahan Bibit Anggrek

Pemindahan Bibit Anggrek

Setelah menginjak usia kurang lebih 3 bulan, maka bibit anggrek sudah memiliki sistem perakaran yang kuat dan tumbuh lebat, sehingga kamu dapat memindahkan bibit tersebut ke tempat lainnya.

Sebaiknya untuk melakukan pemindahan anggrek pada waktu pagi hari sebelum pukul 8 atau saat matahari belum begitu terik.


5. Proses Perawatan Bunga Anggrek

Supaya tanaman anggrek ekor tupai dapat tumbuh dengan baik dan subur, maka dibutuhkan penyiraman secara rutin.

Kamu bisa melakukan penyiraman tanaman dua kali dalam sehari tepatnya pada waktu pagi dan sore hari.

Saat tanaman anggrek muncul tunas, sebaiknya lakukan pemupukan supaya tanaman hias ini dapat tumbuh lebat dan subur.

Untuk pemupukan, kamu bisa menggunakan pupuk organik ataupun pupuk kimia yang terdapat kandungan unsur hara tinggi. Lakukan pemupukan seminggu tiga kali.

Sedangkan untuk merangsang pertumbuhan anggrek, kamu bisa menggunakan ZPT atau zat pengatur tumbuh tiga kali dalam seminggu pada waktu pagi ataupun sore hari.




Tips Merawat Anggrek Ekor Tupai

Tips Merawat Anggrek Ekor Tupai


1. Jangan Terlalu Sering Memindahkan Pot

Anggrek ekor tupai merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memerlukan kondisi lingkungan stabil agar dapat tumbuh dengan baik.

Oleh sebab itu, kamu tidak boleh terlalu sering memindahkannya, karena terlalu sering memindahkannya akan menyulitkan anggrek ekor tupai dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan bisa berakibat tanaman menjadi mati.

Kamu dapat memindahkan tanaman anggrek, saat pot yang digunakan sebagai media tanam sudah tidak memadai untuk menampung sistem perakaran anggrek.


2. Simpan di Tempat Hangat

Anggrek jenis ini merupakan tanaman endemik dari daerah tropis, misalnya seperti negara Malaysia, Indonesia, India, Filipina, dan beberapa negara lainnya yang beriklim tropis.

Karena tanaman ini endemik dari daerah tropis, tentu saja anggrek ekor tupai sangat menyukai tempat dengan suhu hangat.


3. Berikan Pupuk NPK Secara Teratur

Untuk menunjang kebutuhan akan asupan nutrisi pada anggrek ekor tupai, kamu dapat memberikan pupuk NPK secara teratur.

Pemberian pupuk NPK secara teratur dapat membantu tanaman tumbuh lebih subur, sehat, dan mampu menanggulangi terserang hama atau penyakit pada bunga.


5. Beri Air dengan Cara Disemprot

Saat melakukan penyiraman, usahakanlah untuk menyiram dengan cara menyemprotkan air ke beberapa bagian tanaman anggrek.

Untuk semprotan air sendiri bisa kamu beli di toko pertanian terdekat di kota mu, atau kamu bisa membelinya secara online.

Namun, saat menyiram anggrek usahakan untuk tidak menyemprotkan air yang berlebihan.

Sebab bisa berakibat fatal misalnya terjadinya pembusukan pada akar, batang dan bagian-bagian lainnya.


***


Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara menanam dan merawat anggrek ekor tupai yang dapat kami berikan, cukup mudah bukan?

Jangan lupa untuk membaca informasi menarik lainnya seputar tanaman hias hanya di Blogdaffa.com, ya!