Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias. Peluang Usaha Yang Sangat Menguntungkan, loh!

Pada dasarnya ada banyak sekali bisnis atau peluang usaha yang dapat dijalankan dengan modal kecil. Salah satunya yaitu bisnis tanaman hias.

Pasalnya bisnis tanaman hias dapat di mulai dari pembibitan secara mandiri, sehingga dengan demikian dapat memangkas modal awal yang seharusnya di keluarkan.

Selain itu peluang usaha pertanian tanaman hias ini juga sangat menggiurkan, loh!

Mengingat harga tanaman hias cukup bervariasi mulai dari yang puluhan ribu hingga ratusan atau bahkan jutaan rupiah.

Beruntung bagi kamu yang mempunyai hobi bercocok tanam, karena dari hobi menanam tanaman hias bisa dijadikan sebagai ide bisnis pertanian rumahan yang sangat menguntungkan.

Kamu bisa memulai usaha tanaman hias dengan menjual tanaman hias misalanya seperti tanaman hias daun, tanaman hias batang, tanaman hias bunga, dan tanaman hias akar, pilihlah salah satu yang mudah di dapatkan.

Namun, sebelum memulai usaha pertanian tanaman hias, ada beberapa hal yang wajib kamu pelajari misalnya pengetahuan mengenai tanaman hias serta keterampilan dalam merawat tanaman hias yang kamu jual.

Meski bisnis ini dapat dijalankan dengan modal minim, akan tetapi kamu tidak bisa melakukannya dengan sembarangan.

Terlebih bagi kamu yang masih awam dalam dunia tanaman hias.

Oleh sebab itu, simak lebih jauh mengenai cara bisnis tanaman hias agar mendapatkan keuntungan yang banyak, diantaranya sebagai berikut:



Tips Mudah Memulai Bisnis Tanaman Hias

Tips Mudah Memulai Bisnis Tanaman Hias


1.  Bisnis Tanaman Hias Memerlukan Pengetahuan

Bisnis Tanaman Hias Memerlukan Pengetahuan

Untuk memulai bisnis tanaman hias, dibutuhkan pengetahuan yang cukup mengenai tanaman hias.

Rasanya cukup mustahil, jika memulai usaha ini tanpa adanya pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk tentang tanaman hias.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mempelajari mengenai seluk beluk tanaman hias, mulai dari jenis, cara perawatan dan harga jualnya.

Mengingat harga jual tanaman hias tertentu ada yang dibanderol mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah, loh!

Ada beberapa hal yang mempengaruhi harga jual tanaman hias menjadi mahal diantaranya dinilai mulai dari jenis, keunikan, kesuburan dan pertumbuhan tanaman hias.

Namun, bagi kamu yang baru memulai bisnis ini, usahakan untuk mengawali menggunakan tanaman hias dengan harga yang relatif terjangkau.


2. Bisnis Tanaman Hias Memerlukan Lokasi yang Strategis

Bisnis Tanaman Hias Memerlukan Lokasi yang Strategis

Pada dasarnya setiap bisnis memerlukan lokasi atau tempat yang strategis agar berjalan dengan lancar.

Tentu saja lokasi yang paling potensial ialah tempat yang ramai atau mudah dijangkau oleh calon konsumen.

Namun, bila kamu tidak mempunyai lokasi seperti kriteria di atas, maka kamu dapat memulai usaha tanaman hias dengan memanfaatkan lahan yang ada.

Selain itu kamu juga harus memperhatikan luas lokasi yang akan digunakan sebagai tempat usaha.

Hal itu karena bisnis tanaman hias membutuhkan area yang cukup luas.

Tak hanya itu saja, kamu juga harus menyesuaikan suhu lokasi dengan tanaman hias, supaya tanaman hias yang kamu jual dalam kondisi baik dan optimal.


3. Menentukan Jenis Tanaman Hias

Menentukan Jenis Tanaman Hias yang akan dijual

Menentukan jenis tanaman hias yang kamu jual merupakan faktor paling utama agar bisnis tanaman hias mu berjalan dengan lancar.

Banyak jenis tanaman hias yang dapat dijadikan sebagai komoditi bisnis dengan untung besar.

Apabila kamu memilih jenis tanaman hias bunga yang hendak di tekuni, maka usahakan untuk memilih jenis bunga yang mempunyai daya jual stabil alias tidak musiman.

Tak hanya itu saja, biaya perawatan tanaman hias harus kamu pertimbangkan dalam merawat tanaman hias.

Misal jika kamu merasa terlalu tertekan dengan biaya perawatan untuk mengurus beberapa jenis tanaman hias sekaligus, maka kamu dapat memulai usaha ini dengan fokus cukup satu atau dua jenis tanaman hias.

Setelah dirasa perkembangan bisnis yang kamu jalankan telah stabil atau signifikan, maka kamu dapat menambahkan satu atau dua jenis tanaman hias lainnya.


4. Menyiapkan Media Tanam

Media tanam merupakan salah satu peran yang amat krusial dalam bisnis tanaman hias.

Dengan menggunakan media tanam yang bagus alias berkualitas dapat mempengaruhi kualitas tanaman hias supaya dalam kondisi tetap subur dan segar.

Oleh sebab itu, kamu harus memahami berapa kadar media tanam untuk setiap jenis tanaman hias yang harus kamu siapkan.

Selain itu kamu juga harus memahami berapa besar kebutuhan media tanam dengan memperhatikan efisiensi serta efektivitas pada setiap jenis tanaman hias yang kamu jual.

Apabila kamu memiliki keahlian atau kemampuan dalam membuat media tanam secara mandiri di rumah, tentu saja dengan hal ini dapat meminimalisir biaya untuk modal persiapan bisnis tanaman hias yang hendak kamu jalani.


5. Promosi dan Pemasaran dalam Memulai Bisnis Tanaman Hias

Lakukan promosi pada bisnis tanaman hias

Dalam dunia bisnis promosi atau pemasaran merupakan hal yang sangat berpengaruh untuk kelangsungan suatu usaha, tak terkecuali bisnis tanaman hias ini.

Kamu dapat mempromosikan tanaman hias mu dengan memanfaatkan sosial media misalanya Instagram dan Facebook.

Perkenalkan tanaman hias yang kamu jual ke teman dekat, tetangga, saudara, dan share ke komunitas pecinta tanaman hias yang terdekat dengan lokasi usahamu.

Usahakan untuk mengemas tanaman hias yang kamu jual semenarik mungkin, untuk menarik minat konsumen.

Kamu dapat menarik minat konsumen dengan cara memakai rak yang unik dan pot yang menarik.


Tips Bisnis Tanaman Hias

Setelah mengetahui beberapa hal yang wajib kamu lakukan dalam memulai usaha tanaman hias, maka kamu juga harus mengetahui tips sukses bisnis tanaman hias yang dapat kamu ikuti di bawah ini!

  • Hal yang paling penting dalam bisnis tanaman hias adalah kamu harus merawat tanaman tersebut semaksimal mungkin agar tumbuh subur dan sehat.
  • Selain itu, kamu juga harus menentukan target pemasaran tanaman hias yang akan kamu jual tersebut. Apakah kamu akan menyasar untuk semua kalangan atau hanya kalangan tertentu saja yang dapat menerima produk jualan mu itu.
  • Tak hanya itu saja, usahakan kamu jangan terpaku ke dalam penjualan tanaman hias semata, usahakan kamu juga menjual alat perlengkapan untuk merawat tanaman hias, misalnya seperti menjual pupuk, alat siram, pot bunga, dan media tanam.
  • Untuk menekan modal, kamu dapat membeli bibit tanaman hias unggul. Kemudian kamu perbanyak tanaman tersebut dengan cara stek tanaman.


Jenis Tanaman Hias Populer di Indonesia

  • Janda Bolong atau Monstera.
  • Pelem Bambu.
  • Kaktus.
  • Bonsai.
  • Aglonema.
  • Paku Tanduk Rusa.
  • Sirih Gading.
  • Lidah Mertua.
  • Bunga Mawar.
  • Bunga Melati.
  • Bunga Anggrek.


***


Nah, itulah beberapa tips memulai bisnis tanaman hias yang wajib kamu ketahui agar usaha tanaman hias mu dapat sukses. Terimakasih...