Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Manfaat Kaktus Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah Yang Jarang Diketahui Banyak Orang | Bisa Cegah Penuaan Dini, Loh!

Seperti yang kita ketahui bahwa tanaman kaktus memiliki tampilan yang indah dengan duri-duri kecil di seluruh permukaan tubuhnya.
Meskipun tampilannya sangat indah, ternyata tanaman kaktus tak hanya dapat digunakan sebagai penghias rumah saja, loh!

Faktanya tanaman kaktus mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kaktus merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan baik dilingkungan yang panas dan kering, bahkan dalam kurun waktu yang cukup lama.

Pasalnya tanaman kaktus mempunyai sistem perakaran yang bagus, sehingga akar dapat tumbuh panjang dan memperluas jangkauan pencarian air di dalam tanah.

Setelah menemukan sumber air di dalam tanah, akar kaktus akan menyerap air tersebut, kemudian diangkut dan disimpan panda rongga penyimpanan air yang terdapat pada batang kaktus.

Selain itu, daun pada tanaman kaktus umumnya terbentuk dari duri-duri kecil.

Duri-duri yang terdapat pada daun dan batang kaktus berfungsi untuk mengurangi penguapan air melalui batang dan daunnya.

Karena mempunyai bentuk yang unik dan cantik membuat tanaman kaktus sangat populer untuk dijadikan sebagai tanaman hias.

Tak hanya dapat dijadikan sebagai tanaman hias saja, ternyata kaktus mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan yang jarang diketahui oleh banyak orang, berikut ulasan lengkapnya akan kami bahas di bawah ini!



Kandungan yang Terdapat dalam Kaktus

Kandungan yang Terdapat dalam Kaktus

Sebelum mengupas lebih jauh mengenai berbagai macam manfaat tanaman kaktus, sebaiknya kita terlebih dahulu mengetahui kandungan apa saja yang terdapat pada tanaman kaktus.

Di dalam satu batang kaktus dengan berat total 128 gram terkandung:

  • 14 kalori.
  • 3 gram karbohidrat.
  • 1 gram protein.
  • 2 gram serat.

Selain itu, di dalam tanaman kaktus juga mengandung beberapa vitamin yang sangat baik untuk tubuh, diantaranya seperti vitamin A, C, K dan Kalsium.

Tak hanya itu saja, dalam setiap batang kaktus kaya akan kandungan antioksidan yang sangat beragam.


Fungsi Kaktus

Fungsi tanaman hias kaktus

Kaktus sendiri tergolong dalam tanaman sekulen yang memiliki bentuk serta tampilan yang eksotis, sehingga tanaman ini banyak digunakan sebagai tanaman hias, lantaran mudah dalam perawatannya.

Sekulen merupakan sebutan untuk jenis tumbuhan yang mampu menyimpan air dan cadangan makanan pada batangnya.

Tak hanya dapat difungsikan sebagai tanaman hias saja, kaktus juga dapat dikonsumsi oleh manusia, sebab memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh kita, loh!

Selain itu, terdapat puluhan jenis tanaman kaktus yang bisa dikonsumsi oleh manusia, diantaranya seperti nopales atau prickly pear yang sangat terkenal di daerah Amerika Latin dan Meksiko.

Kaktus sendiri dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah atau tanpa diolah terlebih dahulu, dan bisa juga di tumis menggunakan bumbu pelengkap lainnya.

Kaktus memiliki tekstur yang renyah, padat, dan untuk rasanya sendiri bisa dikatakan hambar, namun agak asam dan menyegarkan.

Untuk mendapatkan hasil hidangan yang nikmat dan lezat, alangkah baiknya untuk memilih kaktus yang masih muda. Karena memiliki tekstur daging yang masih empuk dan renyah.


9 Manfaat Kaktus Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kaktus Untuk Kesehatan dan Kecantikan


1. Mencegah Penyakit

Tak hanya berfungsi sebagai elemen dekorasi saja, dengan meletakkan kaktus di dalam ruangan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Hal itu karena, tanaman kaktus mampu memberikan oksigen yang baik dan segar untuk kamu hirup, terlebih di malam hari.

Dengan menghirup udara yang segar, tentu saja akan membuat kualitas tidur mu menjadi lebih baik dan berkualitas.

Selain itu, dengan kehadiran kaktus dalam ruangan, ternyata dapat meningkatkan fokus, mencegah terkena penyakit, dan mampu membantu dalam pemulihan tubuh pasca sakit.


2. Melembabkan Kulit Wajah

Seperti yang sudah kami singgung di atas, kaktus juga bermanfaat untuk kecantikan wajah, karena dapat membuat wajah mu senantiasa lebih lembab.

Tak hanya mampu melembabkan wajah saja, ternyata kaktus juga dapat membuat kulit lebih kenyal.

Untuk membuat kulit wajah menjadi lembab dan senantiasa kenyal, kamu tak perlu repot-repot mengolah kaktus secara mandiri di rumah.

Hal itu karena, sudah banyak produk kecantikan yang terbuat dari bahan dasar kaktus yang sudah dipasarkan secara masal.


3. Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas biasanya sering disebabkan oleh paparan sinar matahari secara langsung, polusi udara, bahkan asap rokok. Sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada sistem sel dan jaringan kulit lainnya.

Keadaan tersebut dapat ditangkal dengan memakai antioksidan pada kulit.

Kandungan yang terdapat pada tanaman kaktus juga dapat digunakan untuk membantu menangkal radikal bebas pada kulit, kandungan tersebut diantaranya seperti betalin, flavonoid, dan Vitamin E.


4. Menghilangkan Komedo

Manfaat kaktus untuk kecantikan wajah selanjutnya yaitu mampu menghilangkan komedo.

Komedo yang tertumpuk bisa menyumbat pori-pori serta dapat menjadi pemicu tumbuhnya jerawat pada muka yang akan berakibat mengganggu penampilan dan tingkat kepercayaan diri kamu, kan?

Kamu dapat mengatasi masalah komedo tersebut dengan memanfaatkan kaktus yang sudah diolah menjadi minyak untuk membantu membasmi komedo yang membandel di area sekitar hidung.


5. Menyamarkan Noda di Sekitar Mata

Lingkaran yang terdapat pada area sekitar mata atau seringkali disebut dengan mata panda mampu dihilangkan dengan memakai air perasan kaktus.

Cara menghilangkan mata panda menggunakan kaktus cukup mudah, kok!

Ambil beberapa tetes air perasan kaktus, lalu campurkan dengan minyak zaitun atau serum wajah.

Oleskan ramuan tersebut ke area sekitar mata secara merata.

Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam air perasan kaktus sangat efektif untuk membantu mengurangi peradangan di tubuh, kulit, wajah dan kantung mata.


6. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam kaktus sangat baik dan efektif untuk membantu melindungi kulit wajah dan tubuh terpapar oleh radikal bebas yang dapat mengakibatkan kerutan dan garis-garis halus di area wajah.

Kandungan lain seperti flavonoid dan zat protein yang terdapat pada kaktus juga efektif untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Selain itu, kandungan tersebut mampu membantu mempercepat pertumbuhan sel kulit baru dan membantu penyerapan nutrisi pada lapisan kulit epidermis.



7. Menurunkan Resiko Kanker

Di dalam kaktus mengandung berbagai macam antioksidan yang dipercaya bisa membantu mengurangi risiko terkena kanker.

Kandungan antioksidan yang beragam diantaranya seperti pektin, karoten, asam askorbat, betalin, pelifenol, dan asam galat.

Secara keseluruhan kandungan senyawa antioksidan tersebut mampu menjaga tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat menjadi pemicu terbentuknya sel kanker di dalam tubuh.


8. Membantu Mengendalikan Gula Darah

Kaktus juga dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes, sebab kandungan yang terdapat pada batang kaktus mampu mengendalikan kadar gula dalam darah.

Hal ini sudah didukung oleh sebuah penelitian yang telah di muat oleh jurnal ISRN Pharmacology.

Dalam sebuah penelitian tersebut telah mengungkapkan bahwa di dalam ekstrak biji kaktus dapat menurunkan kadar gula darah dan mampu meningkatkan gilkolgen yang terdapat pada otot dan hati.

Tentunya, hal ini sangat baik bila diseimbangkannya dengan mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan arahan dokter.


9. Melancarkan Sistem Pencernaan

Seperti pada ulasan sebelumnya bahwa di dalam batang kaktus mengandung serat yang cukup banyak, sehingga sangat penting untuk membantu sistem pencernaan dalam tubuh manusia.

Dengan mengonsumsi kaktus secara rutin diyakini dapat merangsang gerakan peristaltic (gerakan meremas) pada otot-otot halus di sepanjang usus.

Serat yang terkandung di dalam makanan yang dikonsumsi dapat membuat feses menjadi padat, dengan demikian akan mempermudah feses dikeluarkan dari organ pencernaan.

Dengan mengingat kaktus dapat menekan risiko terkena gangguan pencernaan misalnya seperti diare dan sembelit.


***


Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi sobat Blogdaffa sekalian!

Jangan lupa untuk membaca informasi menarik lainnya seputar kesehatan hanya di Blogdaffa.com. Terimakasih...