Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Jenis Tanaman Hias Tahan Panas Khusus Untuk Kamu Yang Tidak Mau Ribet Bunganya Layu!

Dengan adanya tanaman hias di rumah, tentunya mampu menghadirkan suasana yang jauh lebih berbeda khususnya tampilan sebuah hunian. Sebab, tanaman hias tak hanya mampu mendatangkan nuansa rumah menjadi lebih asri saja, karena terdapat beberapa jenis tanaman hias yang mampu memberikan manfaat unik terutama untuk kesehatan tubuh kita, loh!
Teruntuk kamu yang masih awam dalam bidang tanaman hias, namun berkeinginan menghias rumah menggunakan dekorasi hidup ini, maka jenis tanaman hias tahan panas di bawah ini sangat cocok untuk kamu, loh!

Tidak sedikit orang sering mengeluh karena tanaman hias yang mereka rawat cepat layu.

Salah satu penyebab yang membuat tanaman hias cepat layu tak lain dipengaruhi oleh faktor cuaca panas.

Oleh karena itu, jika kamu menanam tanaman hias tahan panas bisa dipastikan bahwa tanaman yang kamu rawat tidak mudah layu meskipun terpapar sinar matahari secara langsung.

Selain itu, tanaman hias tahan panas ini juga tidak terlalu banyak memerlukan air.

Dalam konteks ini bisa disimpulkan bahwa tanaman hias ini tidak akan gampang layu meskipun kamu lupa menyiramnya atau lupa merawatnya.

Keunggulan lainnya yang akan kamu peroleh dari menanam tanaman hias tahan panas adalah bisa kami simpan baik di luar ataupun di dalam ruangan.

Untuk lebih detailnya, silahkan simak jenis tanaman hias tahan panas di bawah ini!


Rekomendasi Tanaman Hias Tahan Panas

Rekomendasi Tanaman Hias Tahan Panas


1. Mandevilla Sanderi

Mandevilla Sanderi

Sudut taman merupakan bagian yang kerap kali terlewatkan.

Untuk memperindah bagian tersebut, kamu bisa menambahkan tanaman mandevilla sanderi bisa dipastikan mampu menghadirkan tampilan taman menjadi lebih teduh dan sejuk.

Tak hanya mampu menghadirkan nuansa asri saja, tanaman hias outdoor ini cenderung mudah dirawat terlebih untuk pemula sekalipun.

Apakah kamu tertarik untuk menghias rumah dengan tanaman mandevilla sanderi?


2. Tapak Dara

Tapak Dara bunga gantung tahan panas

Bunga tapak dara atau seringkali disebut dengan bunga vinca kerap sekali digunakan sebagai dekorasi rumah, karena sangat mudah dari segi perawatannya.

Hal itu karena bunga tapak dara mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan dengan suhu cuaca panas.

Tak hanya itu saja, tanaman hias tapak dara juga dapat dimanfaatkan sebagai minyak untuk bahan dasar parfum, sabun, dan salep.

Selain itu, tanaman hias ini dipercaya mampu mengusir nyamuk dari rumah.


3. Siklok

Siklok Tanaman hias tahan panas

Apabila kamu menginginkan tanaman hias yang kuat dan tahan banting meskipun ditanam di pekarangan rumah dan terpapar sinar matahari secara langsung dengan waktu yang cukup lama setiap harinya yakni tanaman hias siklok solusinya.

Karakteristik dari tanaman siklok yaitu mempunyai daun tebal berwarna hijau agak putih dan pada bagian ujung daun sedikit runcing. Tanaman hias tahan panas ini sangat cocok untuk dijadikan hiasan di halaman sekitar rumah karena memiliki bentuk yang cukup kecil.

Ketika musim kemarau tiba, kamu tidak perlu cemas atau khawatir tanaman ini akan mudah mati, sebab siklok merupakan salah satu jenis tanaman yang mampu bertahan hidup meskipun dilingkungan dengan suhu panas dan kering.


4. Beringin

Beringin tanaman hias tahan panas

Beringin merupakan salah satu jenis tanaman yang mampu tumbuh dengan baik di Indonesia.

Sehingga tidak aneh rasanya bila tanaman beringin seringkali dianggap sebagai simbol kemakmuran masyarakat.

Seperti yang kita ketahui bahwa tanaman beringin dapat tumbuh dengan ukuran yang sangat besar.

Oleh karena itu, bagi kamu yang menginginkan tanaman ini untuk dijadikan sebagai dekorasi rumah, maka kami sarankan untuk memelihara bonsai beringin saja.

Seperti yang kita ketahui bahwa bonsai merupakan miniatur pohon tua dengan ukuran kerdil.

Selain dapat menghemat ruang, jika kamu menanam beringin di depan rumah tanpa di bonsai terlebih dahulu, maka bisa dipastikan rumah mu bakal seperti tempat keramat.

Pasalnya, di Indonesia tanaman beringin sering dikaitkan dengan pohon yang dihuni oleh mahluk halus tak kasat mata.


5. Bunga Sepatu

Tanaman hias Bunga Sepatu tahan panas

Tanaman hias tahan panas selanjutnya dari jenis tanaman semak yang berasal dari daerah Asia Timur, yaitu bunga sepatu.

Bunga sepatu seringkali dijadikan sebagai tanaman hias di daerah tropis maupun subtropis.

Hal itu karena bunga sepatu mempunyai bentuk kelopak bunga yang besar dengan warna merah cerah yang sangat memukau, dan tidak mengeluarkan aroma wangi.

Meskipun tampilannya indah dan mempesona, ternyata perawatan bunga sepatu tidak sesulit yang kamu bayangkan, loh!


6. Daun Encok

Daun Encok tanaman hias tahan panas

Daun encok merupakan tanaman semak yang banyak tumbuh di daerah Afrika, akan tetapi kamu dapat menemukan tanaman ini di Indonesia, loh!

Daun encok juga terkenal dengan beberapa sebutan di beberapa wilayah Indonesia, misalnya di Bali sering disebut dengan nama, di Sunda sering disebut dengan Ki encok, di Jawa terkenal dengan sebutan godong encok, di Madura seringkali disebut dengan kareka, sedangkan di wilayah Timor sering dikenal dengan sebutan oporio. Tanaman ini juga tergolong tanaman tahan panas.

Tak hanya dapat digunakan sebagai tanaman hias saja, ternyata daun encok mempunyai manfaat yang tak jauh beda dengan nama yang disematkannya yakni mampu membantu meredakan penyakit encok.


7. Bunga Pentas

Tanaman hias Bunga Pentas tahan panas

Bunga pentas tergolong tanaman hias yang paling rajin berbunga bila dibandingkan dengan tanaman hias pada umumnya.

Diketahui dalam setahun bunga pentas mampu berbunga hingga 4 kali.

Karakteristik bunga pentas yakni bagian bunganya terdiri dari banyak bunga-bunga kecil yang bergerombol pada satu kelopak.

Selain itu bunga pentas mempunyai beberapa varian warna yang indah dan mempesona sehingga dapat memberikan aksen dalam sebuah taman di rumah.


8. Cemara Norfolk

Cemara Norfolk tanaman hias tahan panas

Diantara beranekaragam jenis tanaman, cemara norflok adalah salah satu jenis tanaman yang dapat kamu manfaatkan untuk mempercantik tampilan rumah.

Tak hanya bisa digunakan sebagai daya tarik dalam taman saja, cemara norflok ini juga mampu membuat taman di rumah menjadi teduh dan terasa adem, sebab tanaman hias tahan panas satu ini dapat tumbuh hingga ketinggian 6 meter.

Apabila kamu menginginkan tanaman hias ini, maka sebelum menanam pohon cemara ini, pastikan kamu mempunyai pekarangan yang cukup luas.



9. Lidah Mertua

Tanaman hias lidah mertua tahan panas

Tanaman hias lidah mereka tentunya kalian semua sudah sangat familiar dengan tanaman hias ini bukan?

Meskipun sudah cukup familiar, terdapat beberapa jenis tanaman hias lidah mertua yang sangat cantik dan indah untuk digunakan sebagai dekorasi rumah.

Keunggulan dari tanaman hias ini yaitu cara merawat lidah mertua sangatlah mudah serta dapat digunakan sebagai tanaman hias dalam ataupun luar ruangan, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dilingkungan dengan suhu mulai dari 4 hingga 37 derajat Celcius.

Sementara untuk media tanam yang dapat kamu gunakan untuk menanam lidah mertua diantaranya adalah campuran dari tanah, kompos, sekam bakar, dan pecahan genting yang berfungsi sebagai untuk membuat celah-celah untuk meningkatkan sirkulasi udara.

Tak hanya mampu menghadirkan nuansa rumah menjadi lebih indah dan asri saja, ternyata lidah mertua mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan dan lingkungan sekitar rumah, loh!


10. Bunga Kertas (Bougainville)

Tanaman hias bunga Bougenville

Bunga kertas merupakan solusi untuk kamu yang ingin menghias halaman depan rumah agar lebih cantik, namun tidak memerlukan perawatan khusus.

Keunggulan dari bunga kertas mudah dirawat dan dapat tumbuh dengan baik diberbagai macam kondisi lingkungan, meskipun lingkungan tersebut minim air dengan suhu panas sekalipun.

Ketika bunga kertas berbunga, bisa dipastikan kamu tidak bisa melihat daunnya karena bunga kertas saat berbunga biasanya sangatlah lebat.


11. Lili Paris

Tanaman hias Lili Paris tahan panas

Lili paris merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat populer di Indonesia.

Tanaman lili paris dapat tumbuh dengan cepat meskipun dilingkungan dengan cuaca panas ataupun dingin sekalipun.

Tanaman lili paris dapat digunakan sebagai tanaman hias gantung yang dapat ditaruh di dalam ataupun di luar ruangan.


12. Bunga Kamboja

Bunga Kamboja tanaman hias Tahan Panas

Meskipun tanaman bunga jenis ini di Indonesia seringkali dianggap sangat identik dengan kuburan, bukan berarti kamu tidak bisa menanam bunga Kamboja di rumah, loh!

Tak sedikit orang yang menanam bunga kamboja untuk mempercantik tampilan depan rumah, hal itu lantaran bunga Kamboja mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri.

Ciri khas yang paling identik dari bunga kamboja yaitu bagian kelopak bunganya berwarna putih dengan aksen kuning pada bagian tengahnya.

Selain itu, bunga kamboja merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat mudah ditanam dan mudah pula segi perawatannya.


13. Kaktus

Jenis Jenis Kaktus yang Cocok untuk Dekorasi Ruangan

Apabila kita melihat jauh ke habitat asli dari tanaman kaktus, maka kita tidak akan pernah meragukannya lagi bahwa tanaman hias ini sangat tahan terhadap cuaca panas dan lingkungan yang kering.

Sedangkan untuk mendekorasi rumah, kamu tak perlu khawatir karena ada beberapa jenis kaktus mini yang bisa kamu tanam untuk mempercantik area dalam rumah.

Selain dapat tumbuh dengan baik dilingkungan yang panas, ternyata perawatan tanaman kaktus sangatlah mudah.

Pasalnya, kamu hanya perlu menyiram tanaman hias ini cukup 2 hingga 3 kali dalam sebulan.

Tak hanya mudah dalam segi perawatannya saja, karena dengan memajangnya di dalam rumah tentu kamu akan mendapatkan manfaat dari tanaman kaktus yang sangat baik untuk kesehatan dan lingkungan sekitar, loh!


14. Palem

Tanaman palem hias

Tanaman hias yang mampu bertahan terhadap paparan sinar matahari dan hujan secara langsung satu ini tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kalian semua kan?

Selain tahan panas dan hujan palem hias juga tidak perlu kamu siram secara rutin setiap harinya, karena mereka mampu mencukupi kebutuhan air dari tanah secara langsung.

Karena jenis palem hias ini tergolong tanaman hias yang mandiri, maka sudah tak ayal lagi rasanya bila tanaman ini kerap kali dijadikan sebagai dekorasi area umum misalnya pinggir jalan dan taman kota.


15. Bunga Euphorbia

Bunga Euphorbia tanaman hias tahan panas

Tanaman bunga tahan panas yang dapat kamu gunakan sebagai elemen dekorasi diluar rumah yakni bunga euphorbia.

Jenis bunga euphorbia terbilang cukup beragam, mulai dari varian warnanya, kelopak bunganya.

Selain itu cara merawat tanaman euphorbia tergolong cukup mudah dan tidak rumit.

Dengan menanam tanaman hias tahan panas ini, bisa dipastikan tampilan halaman rumah mu akan menjadi lebih beragam, sebab tanaman euphorbia dapat digabungkan dengan tanaman hias lainnya yang berada di lokasi yang sama.


***


Nah, itulah beberapa jenis tanaman hias tahan panas yang sangat mudah dari segi perawatannya di rumah.

Dari berbagai jenis tanaman hias di atas, kira-kira kamu tertarik untuk menanam yang mana nih?

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar tanaman hias hanya di Blogdaffa.com, oke?