Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Merawat Tanaman Hias Indoor Menurut Jenisnya | Sudah Tahu?

Diantara kalian semua disini ada yang sudah memelihara tanaman hias indoor di rumah? Apakah kalian sudah paham bagaimana cara merawat tanaman hias indoor sesuai dengan jenisnya? Sebab cara perawatannya tak melulu sama, loh!

Hal yang perlu kalian ketahui ialah jenis tanaman indoor sangat banyak dan beragam, oleh karena itu cara perawatannya juga cukup berbeda-beda antara jenis satu dengan jenis lainnya.

Nah, supaya tanaman hias indoor yang kamu miliki di rumah tidak mudah layu atau bahkan mati, maka dari itu dibutuhkan perawatan tanaman yang tepat sesuai jenisnya.

Ada beberapa hal yang patut kamu pertimbangkan saat merawat tanaman hias indoor di rumah, misalnya seperti menjaga kadar air pada media tanam serta memenuhi kebutuhan akan asupan cahaya pada tanaman.

Apakah kamu penasaran mengenai cara perawatannya?

Yuk, simak panduan lengkap cara merawat tanaman hias indoor di bawah ini!


Cara Merawat Tanaman Hias Indoor Berdasarkan Jenisnya

Cara Merawat Tanaman Hias Indoor Berdasarkan Jenisnya


1. Cara Merawat Echeveria

Cara Merawat Echeveria

Tanaman hias echeveria atau lebih tepatnya dikenal dengan tanaman sekulen yang sangat mudah kamu jumpai di pasaran.

Tak hanya karena memiliki bentuk unik saja yang membuat banyak orang tertarik untuk menanam tanaman hias indoor satu ini. Hal itu karena tanaman echeveria memiliki ukuran kecil dan mudah dalam segi perawatannya.

Hal itu terbukti bahwa tanaman echeveria ini tidak begitu membutuhkan banyak air dan penyinaran matahari, sehingga kamu dapat menyiram serta menjemurnya setiap seminggu sekali.

Apabila kamu terlalu sering atau banyak menyiram tanaman hias indoor ini justru akan membuatnya mati.


2. Cara Merawat Tanaman Hias Indoor Fiddle Leaf Fig

Cara Merawat Tanaman Hias Indoor Fiddle Leaf Fig

Tanaman hias indoor jenis ini diketahui berasal dari daerah Afrika, dan di Indonesia sendiri seringkali disebut dengan ada biola.

Penamaan tersebut merujuk pada bentuk daun tanaman hias ini yang lebar mirip dengan bentuk biola.

Karakteristik dari tanaman hias ini adalah daunnya tidak gampang rontok meskipun daun tersebut sudah tua bahkan sudah menguning sekalipun, tentunya hal ini yang membuat tanaman ini mudah untuk dirawat.

Selain itu, bentuk dari tanaman fiddle leaf fig sangat unik, sehingga sangatlah cocok untuk diletakkan di tiap sudut ruangan dalam rumah.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan dalam merawat tanaman fiddle leaf fig di rumah adalah pemberian air serta asupan sinar matahari yang tepat, sebab tanaman hias indoor satu ini terkenal cukup rewel.

Dengan hal ini tentunya kamu sudah tahu kan, bagaimana cara merawat tanaman hias indoor yang baik?


3. Cara Merawat Golden Pothos

Cara Merawat Golden Pothos

Dengan mengamati gambar di atas, apakah kamu menyadari bahwa daun tanaman hias golden photos sangat mirip dengan daun sirih?

Tentu saja kemiripan itu sangat kental melekat pada tanaman hias indoor satu ini, sebab tanaman golden photos merupakan nama lain dari jenis tanaman hias sirih gading.

Hal yang perlu kamu ketahui dalam merawat golden photos di rumah bahwa tanaman hias ini merupakan jenis tanaman hias merambat. Oleh karena itu, kamu dituntut untuk lebih ekstra sabar dalam segi perawatannya.

Meski demikian, tanaman ini tak begitu memerlukan penyinaran matahari yang begitu banyak, hanya saja kamu harus memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk melakukan penyiraman tanaman.


4. Cara Merawat Tanaman Indoor  Zanzibar Gem

Cara Merawat Tanaman Indoor  Zanzibar Gem

Kedengarannya sangat unik kan, nama dari tanaman hias indoor satu ini?

Sekilas bila diamati tanaman ini terlihat masih satu keluarga dengan Jade plant ya?

Hal itu lantaran, Jade plant terkenal dengan nama pohon uang, sementara Zanzibar Gem terkenal dengan sebutan tanaman dolar.

Apabila dinilai dari segi namanya mereka sangatlah mirip, akan tetapi dari segi tampilannya kedua jenis tanaman ini akan tampak sangat berbeda, terlebih jika melihat perbandingan ukurannya.

Selain itu dari segi perawatannya cukup berbeda, sebab tanaman Zanzibar gem tidak begitu membutuhkan air dan cahaya yang banyak.


5. Cara Merawat Rubber Plant

Cara Merawat Rubber Plant

Apakah kamu, pernah mendengar nama ini?

Tanaman Rubber Plant atau biasa disebut dengan nama beringin karet.

Keunikan dari tanaman hias ini yakni terletak pada posisi atau letak penanaman nya. Apabila tanaman beringin karet ini ditanam di luar rumah, maka tanaman ini dapat tumbuh besar dan tinggi. Sedangkan ditanam pada indoor, maka tanaman hias ini akan memiliki bentuk kerdil.

Tanaman Rubber Plant tergolong jenis tanaman yang paling dibenci oleh hama tanaman, karena memiliki daun yang mengkilap.

Tanaman Rubber Plant tergolong tanaman yang rakus akan kebutuhan air dan sinar matahari, loh!



6. Cara Merawat Jade Plant atau Pohon Uang

Cara Merawat Jade Plant atau Pohon Uang

Apakah kamu salah satu orang yang meyakini tentang Feng Shui?

Jika kamu mempercayai nya, maka kamu harus menanam Jade Plant di rumah.

Hal itu lantaran menurut fengsui, tanaman hias indoor ini sering diyakini sebagai salah satu jenis tanaman hias pembawa keberuntungan di rumah.

Jade Plant seringkali disebut dengan pohon uang karena bentuk daunnya menyerupai bentuk uang logam.

Meskipun ukurannya terbilang kecil, tanaman hias yang seringkali dianggap sebagai simbol kemakmuran ini ternyata memerlukan banyak air dan asupan cahaya matahari, loh!


7. Cara Merawat Tanaman Indoor Monstera

Cara Merawat Tanaman Indoor Monstera

Tanaman hias indoor monstera merupakan salah satu jenis tanaman hias termahal dan terpopuler, loh!

Jenis tanaman monstera cukup populer untuk dijadikan sebagai tanaman hias indoor, karena mempunyai bentuk serta ukuran daunnya yang lebar dan besar. Selain itu keunikan tanaman hias ini mempunyai daun yang berlubang atau sering disebut dengan janda Bolong.

Biasanya tanaman monstera ditempatkan pada tiap bagian sudut-sudut rumah.

Namun, ada hal yang perlu kamu ketahui dalam merawat tanaman monstera yakni tanaman ini sangat membutuhkan banyak air dan sinar matahari.

Oleh sebab itu hindari untuk meletakkan tanaman monstera di tempat yang lembab serta minim cahaya.


8. Cara Merawat Snake Plant

Cara Merawat Snake Plant

Snake plant atau seringkali disebut dengan tanaman lidah mertua juga tak kalah populer dengan tanaman kaktus untuk digunakan sebagai dekorasi indoor, loh!

Tanaman ini cukup unik yang namanya?

Ciri khas yang sangat mencolok dari tanaman snake plant yakni terletak pada bentuk daunnya yang tumbuh panjang dengan tekstur keras.

Dengan karakter tersebut itulah yang mempengaruhi tanaman hias lidah mertua tidak begitu membutuhkan air dan sinar matahari. 

Dengan demikian cara merawat lidah mertua bisa dikatakan cukup mudah.


9. Cara Merawat Kaktus

Cara Merawat Kaktus

Kamu tentunya sudah tidak asing dengan kaktus kan? Tanaman hias indoor yang memiliki bentuk unik dengan ukuran yang mungil.

Jenis tanaman kaktus tentunya sangat banyak dengan berbagai macam bentuk, akan tetapi yang seringkali digunakan sebagai tanaman hias indoor yakni jenis tanaman kaktus mini.

Bisa dikatakan tanaman hias satu ini termasuk dalam kategori tanaman yang mudah dirawat.

Tentu diantara kita semua sudah mengetahui bahwa tanaman kaktus tidak begitu membutuh air dalam jumlah yang banyak kan? Namun, dibalik itu semua tanaman ini justru membutuhkan asupan sinar matahari dalam jumlah banyak, loh!

Oleh sebab itu, untuk cara merawat kaktus agar tidak mudah busuk sebaiknya diletakkan di dekat jendela atau tempat yang mendapatkan asupan sinar matahari secara langsung, ya!


***


Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara merawat tanaman hias indoor berdasarkan jenisnya.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi kita semua.

Jangan lupa untuk membaca informasi menarik lainnya seputar tanaman hias hanya di Blogdaffa.com, ya!