Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Langkah Mudah Budidaya Ikan Hias Yang Dapat Kamu Lakukan Di Rumah. Peluang Bisnis Yang Sangat Menjanjikan, loh!

Tak hanya bisa dijadikan sebagai binatang peliharaan di rumah saja, ternyata dengan budidaya ikan hias bisa menjadi peluang usaha atau sumber pemasukan tambahan di rumah, loh!

Selain itu, budidaya ikan hias juga mempunyai keuntungan yang lebih banyak. Sebab bisnis budidaya ikan hias tidak memerlukan lokasi atau tempat yang luas, melainkan dapat dilakukan hanya bermodalkan akuarium saja.

Seperti yang kita ketahui bahwa ikan hias memiliki berbagai macam jenis, bentuk serta warna yang sangat cantik.

Dengan tampilan yang cantik nan elok inilah yang membuat banyak orang terpesona untuk memelihara ikan hias di rumah masing-masing.

Bahkan tak sedikit para pecinta ikan hias rela merogoh kantong hingga jutaan rupiah, demi untuk menambah koleksi ikan hias yang mereka sukai, loh!

Dari sini kamu dapat mengambil kesimpulan bahwa dengan budidaya ikan hias dapat menjadi peluang bisnis rumahan yang sangat menjanjikan bukan?

Jika diamati bisnis budidaya ikan hias terbilang sangat menggiurkan, mengingat modal utama yang dibutuhkan tidak begitu besar dan hanya membutuhkan keterampilan serta keuletan saja untuk menjalankan usaha ini.

Terus, apakah kamu tertarik untuk ikut terjun ke usaha budidaya ikan hias?

Jika iya, ayo simak artikel dibawah ini dengan teliti supaya usaha ikan hias mu dapat berjalan dengan lancar dan sukses.



5 Langkah Praktis Budidaya Ikan Hias

Peluang usaha budidaya ikan hias rumahan

1. Menyiapkan Tempat Budidaya Ikan Hias

Menyiapkan Tempat Budidaya Ikan Hias

Ternak ikan hias tidak menuntut lokasi yang besar dan luas, bahkan kamu dapat memulai usaha budidaya ikan hias hanya bermodalkan akuarium saja.

Untuk menyiapkan akuarium, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

Sebab kamu dapat memanfaatkan wadah berupa akuarium bekas, kolam semen, dan kolam terpal yang masih layak pakai.

Hal yang perlu diperhatikan saat menyiapkan media budidaya ikan hias adalah tempat budidaya ikan tersebut harus memiliki sistem aliran air yang dapat membuat air selalu bergerak.

Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan tempat budidaya dengan jenis ikan hias yang akan dibudidayakan, meliputi besar ukuran tubuh ikan hias.

Hal itu karena ikan hias mempunyai ukuran tubuh yang beragam, mulai dari ukuran tubuh sangat kecil hingga ada yang ukurannya besar.

Selanjutnya, kamu juga harus mengontrol suhu air dalam media budidaya ikan hias agar selalu dalam keadaan netral dan usahakan tempat budidaya ikan terhindar dari terik matahari secara langsung.

Media budidaya dibagi menjadi berbagai macam fungsi dan kegunaan, antara lain sebagai berikut:

  • Tempat merawat indukan ikan hias.
  • Tempat pemijahan ikan hias.
  • Tempat penetasan telur ikan.
  • Tempat pendederan.
  • Tempat pembesaran anakan ikan hias, dan
  • Tempat menampung hasil dari ikan hias yang sudah siap untuk dijual.


2. Pemilihan Jenis Ikan Hias

Pemilihan Jenis Ikan Hias

Perlu kamu ketahui bahwa setiap ikan hias memiliki cara serta perlakuan sendiri setiap jenisnya.

Oleh karena itu, sebelum kamu terjun keranah bisnis budidaya ikan hias, alangkah baiknya kamu harus mempelajari terlebih dahulu berbagai macam metode perawatan yang dibutuhkan.

Langkah pertama kamu harus memahami usia produktif dari jenis ikan hias yang akan kamu budidayakan.

Dalam proses ternak ikan hias kamu juga harus memilih bibit unggul, sehat dan dari keturunan ikan yang bagus.

Selanjutnya, kamu juga harus memahami tentang perbedaan antara ikan jantan dengan ikan betina mengguanakan metode menekan perut ikan tersebut secara perlahan.

Apabila saat perut ikan ditekan mengeluarkan cairan putih agak kental, hal itu menandakan bahwa ikan tersebut berjenis kelamin jantan.

Akan tetapi bila saat ditekan mengeluarkan sel telur, maka itu menandakan jenis kelamin ikan betina.


3. Pemberian Pakan Ikan Hias

Pemberian Pakan Ikan Hias

Pakan ikan hias terbagi menjadi dua jenis yaitu pakan alami dan pakan buatan (pelet).

Kamu dapat memberikan pakan ikan hias memakai pakan alami berupa jentik nyamuk, kutu air, cacing sutra, cacing darah, artemia, dan infusuria.

Selain itu, kamu juga dapat memberikan pakan buatan pabrik untuk membantu proses pembuatan ikan hias menjadi lebih optimal dan maksimal.


4. Perawatan Ikan Hias

Perawatan Ikan Hias

Perawatan ikan hias merupakan hal yang tak kalah penting dalam ternak ikan hias.

Untuk merawat ikan hias yang sedang kamu ternakkan dapat dilakukan dengan cara mengganti air kolam secara teratur untuk menghasilkan amonia yang mengumpul di dasar kolam.

Sebab, amonia yang terkumpul akan membuat air kolam menjadi tercemar dan hal yang terparah bisa mengakibatkan ikan hias yang kamu budidayakan mengalami kematian.

Selain dengan teratur mengganti air kolam, merawat ikan hias juga dapat menggunakan obat untuk mengantisipasi ikan terserang penyakit jamur.

Sedangkan untuk mempercepat proses reproduksi ikan, kamu dapat menyuntikkan hormon perangsang.

Apabila media budidaya dirasa sudah terlalu sesak, sebaiknya untuk segera melakukan pemindahan ikan tersebut ke media yang lebih lebar dengan cara mengelompokkan tiap jenis dan usia ikan hias tersebut.


5. Tahapan Reproduksi Ikan Hias

Tahapan Reproduksi Ikan Hias

Dalam dunia ternak ikan hias yang tak kalah penting adalah mengenai masa reproduksi ikan yang kamu budidayakan dengan memahami ciri-ciri yang terdapat pada indukan ikan hias betina.

Ciri-ciri indukan ikan hias betina dalam masa subur dapat dikenali dengan mengamati bagian perutnya yang tampak semakin membesar dan tubuhnya terlihat lebih pendek dari ikan jantan.

Sedangkan untuk ciri-ciri ikan hias jantan dalam masa produktif dapat dikenali dari bentuk tubuhnya yang nampak lebih ramping dan memanjang.

Apabila kedua indukan ikan tersebut telah menunjukkan tanda-tanda seperti diatas, maka segeralah untuk memindahkannya ke media pemijahan yang sudah lengkap dengan sarana tempat ikan bertelur.


***


Nah, itulah beberapa informasi mengenai 5 tips budidaya ikan hias yang harus kamu lakukan supaya sukses.

Jangan lupa simak artikel tentang cara budidaya ikan lainnya hanya di blogdaffa.com. Terimakasih...