Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tanaman Antiseptik Mudah Ditanam Di Rumah Yang Banyak Manfaatnya!

Tanaman antiseptik dapat kamu tanam di pekarangan rumah untuk menjaga kesehatan serta kebugaran tubuhmu. Berikut beberapa jenis tanaman yang kami rekomendasikan untuk ditanam di rumah!

Tanaman bisa membangun respon yang sangat kompleks terhadap bakteri yang menginvasi suatu wilayah serta bisa dimanfaatkan sebagai garda terdepan dalam pencegahan dan penyembuhan suatu penyakit.

Untuk saat ini banyak yang beralih mengonsumsi obat herbal untuk menghindari penggunaan obat-obatan medis.

Selain obat herbal, tanaman juga ada yang mengandung antiseptik alami yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Beberapa manfaat antiseptik alami misalnya seperti melawan infeksi bakteri dalam tubuh, mampu meningkatkan imunitas tubuh, dan masih banyak lagi khasiatnya.

Nah, ada beberapa jenis tanaman antiseptik yang sangat mudah untuk ditanam diarea sekitar rumah.

Berikut beberapa jenis tanaman antiseptik yang kami rekomendasikan untuk ditanam di rumah!


Tanaman Antiseptik Alami Yang Berkhasiat Tinggi

Tanaman Antiseptik Alami Yang Berkhasiat Tinggi


1. Tanaman Lidah Buaya

Tanaman Lidah Buaya

Tanaman antiseptik yang pertama ialah tanaman lidah buaya.

Tanaman lidah buaya merupakan tanaman tradisional yang dapat tumbuh pada iklim panas maupun kering.

Mulai dari daun hingga batang tanaman lidah buaya sudah terkenal sejak dahulu kala dipercaya mampu mengobati ruam, luka, perdagangan, arthritis, sembelit, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu saja, tanaman hias satu ini juga dapat digunakan sebagai bahan antiseptik cuci tangan alami tanpa bilas, loh!

Untuk membuat antiseptik alami cuci tangan tanpa bilas tidaklah sulit, kok.

Kamu hanya perlu mencampurkan lidah buaya dengan daun kemangi saja.

Berikut tata cara membuat hand sanitizer dari lidah buaya:

  • Langkah pertama kamu harus menyiapkan daun kemangi dan tanaman lidah buaya. Kemudian kupas batang tanaman lidah buaya. Lalu haluskan daging lidah buaya bersama daun kemangi memakai blender.
  • Setelah dirasa halus, selanjutnya saring campuran antiseptik berbentuk gel tersebut untuk mendapatkan hasil ekstraknya.
  • Untuk menambah aroma wangi, kamu dapat menambahkan larutan daun jeruk bubuk ke dalam ekstrak daun kemangi dan lidah buaya yang sudah kamu buat.
  • Setelah selesai masukan hand sanitizer kedalam sebuah botol spray berukuran sedang.


2. Tanaman Herbal Antiseptik Daun Sirih

Tanaman Herbal Antiseptik Daun Sirih

Daun sirih merupakan tanaman herbal antiseptik alami yang sudah diyakini sejak dahulu kala sebagai tanaman herbal yang terbukti ampuh untuk membasmi bakteri dan kuman.

Melansir dari Alodokter, bahwa daun sirih jauh lebih unggul ketimbang sabun non antiseptik ataupun sabun antiseptik.

Tanaman herbal yang mengandung antibakteri alami ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan cuci tangan alami.


3. Tanaman Oregano

Tanaman Oregano

Tanaman Oregano sering dipakai sebagai rempah-rempah pada olahan pizza, hal itu karena tanaman ini mengandung beberapa komponen penting dalam melindungi tubuh dari efek radikal bebas.

Minyak yang terkandung dalam tanaman Oregano mampu menghambat pertumbuhan jamur serta bakteri yang dapat menginfeksi tubuh.

Selanjutnya, tanaman antiseptik alami ini dapat membunuh bakteri serta mampu mengendalikan infeksi Staph, misalnya seperti MRSA.

Di tahun 2001 silam, Jurnal Science Daily memberitahukan hasil dari studi yang dilakukan oleh University Georgetown bahwa terdapat zat pembunuh kuman yang setara efektifnya dengan antibiotik pada umumnya.


4. Tanaman Rosemary

Tanaman Rosemary

Tanaman Rosemary mengandung asam coffeic dan rosmanic.

Kedua kandungan tersebut merupakan sumber antiseptik yang mampu mengurangi inflamasi, risiko asma, penyakit hati, dan jantung.

Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat dari tanaman Rosemary kamu dapat mengonsumsinya dalam wujud teh, obat kumur, atau sudah diolah dengan rempah-rempah menjadi minyak atsiri.

Rosemary sangat berkhasiat untuk membantu melawan berbagai macam jenis penyakit misalnya seperti menyembuhkan infeksi gusi, meredakan sakit tenggorokan, menenangkan saraf, bahkan sampai meredakan sakit perut.


5. Tanaman Kayu Manis

Tanaman Kayu Manis

Tanaman kayu manis terkenal karena memiliki aroma harum. Selain itu tanaman herbal satu ini mengandung antiseptik alami yang berperan untuk melawan bakteri, virus, dan infeksi jamur.

Dalam tanaman kayu manis terkandung antioksidan, sehingga mempunyai efek anti analgesik yaitu berfungsi sebagai pengurang rasa sakit.

Jadi sudah tak aneh rasanya bila kayu manis sering dimanfaatkan untuk mengobati flu, demam, sakit tenggorokan, dan sakit kepala.



6. Daun Zaitun

Daun Zaitun

Tanaman antiseptik alami yaitu tanaman zaitun yang bisa dimanfaatkan daunnya.

Tanaman herbal satu ini memiliki antiseptik alami yang sangat istimewa karena memiliki sifat yang berfungsi sebagai anti inflamasi, anti jamur dan anti bakteri.

Selain dapat digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ternyata daun zaitun juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung, infeksi virus HIV, masalah organ pencernaan, jamur, infeksi saluran kemih, nyeri kanker kronis, dan arthritis.


7. Tanaman Antiseptik: Kunyit

Tanaman Antiseptik: Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman herbal antiseptik alami yang sudah digunakan sebagai obat infeksi oleh masyarakat India Ayurvedic dan Tiongkok.

Kualitas anti bakteri dan anti inflamasi yang terkandung pada tanaman kunyit sangat ampuh untuk mengobati infeksi bakteri.

Kunyit dapat dimanfaatkan untuk mengobati bakteri methicillin resistant staphylococcus aureus (bakteri ini biasanya muncul pada kulit dan rongga hidung  manusia) dan lesi kulit dengan cara mengoleskannya.


8. Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu jenis tanaman rempah-rempah yang menggemparkan dunia pengobatan selama ribuan tahun.

Pada tahun 1700-an, bawang putih justru sering digunakan sebagai obat penangkal wabah.

Bahkan sampai saat ini, bawang putih mempunyai khasiat serta manfaat sebagai antibiotik, antivirus, dan anti jamur yang sangat efektif.


9. Tanaman Antiseptik: Cengkeh

Tanaman Antiseptik: Cengkeh

Cengkeh mengandung antioksidan yang mampu mengurangi stress oksidatif, dan penyebab terjadinya penyakit kronis.

Dalam sebuah studi kasus yang berjudul "Clove Extract Inhibits Tumor Growth and Promotes Cell Cycle Arrest and Apoptosis" memberitahukan bahwa cengkeh mampu menghentikan pertumbuhan penyakit tumor dan dapat membunuh sel kanker.

Tanaman herbal anti bakteri dan jamur terbukti sangat ampuh dalam mematikan pertumbuhan bakteri E.coli, penyebab kram perut, diare, dan bahkan kematian.


***

Nah itulah beberapa jenis tanaman antiseptik alami yang sangat mudah untuk dibudidayakan di rumah.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mencari informasi tentang tanaman antiseptik alami. Terimakasih...