Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Jenis Kaktus Mini Paling Cantik Untuk Dekorasi & Cocok Disimpan Di Ruangan. Apa Saja?

Kaktus merupakan tanaman yang paling banyak digunakan orang-orang untuk dekorasi rumah. Akan tetapi, apakah kamu sudah tahu, jenis kaktus yang paling cocok untuk disimpan di ruangan?

Kaktus adalah salah satu elemen dekoratif rumah yang sangat populer karena mempunyai bentuk unik dan menarik.

Selain itu, keunggulan lain dari tanaman kaktus yaitu tidak memerlukan perawatan khusus dan ribet.

Namun, ada hal yang perlu kamu ketahui bahwa tidak semua jenis tanaman kaktus mampu tumbuh dengan baik di dalam ruangan, loh!

Memang bila dibandingkan dengan tanaman hias lain, kaktus cenderung tidak mudah layu, namun kaktus juga sangat mudah membusuk dan mati jika diletakkan di suatu ruangan yang lembab serta minim cahaya.

Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui bagaimana cara merawat kaktus dalam ruangan beserta jenis-jenis tanaman kaktus yang tepat untuk dijadikan sebagai tanaman hias dalam rumah.

Berikut beberapa jenis tanaman kaktus yang cocok untuk dipelihara dalam ruangan!



Jenis Jenis Kaktus yang Cocok untuk Dekorasi Ruangan

Jenis Jenis Kaktus yang Cocok untuk Dekorasi Ruangan


1. Kaktus Koboi

Kaktus Koboi

Kaktus Koboi yang memiliki nama latin cereus peruvianus adalah salah satu jenis kaktus yang sangat populer dan paling banyak diminati oleh kalangan masyarakat Indonesia, karena memiliki bentuk yang unik.

Kaktus Koboi mempunyai bentuk yang terlihat simpel, tumbuh memanjang secara vertikal, dan juga tumbuh canang.

Kaktus jenis koboi sangatlah cocok untuk ditanam pada tanah yang kering.

Tak hanya di outdoor saja, jenis kaktus Koboi juga dapat bertahan dengan baik meskipun ditanam dalam ruangan.


2. Kaktus Otak

Kaktus Otak

Kaktus Otak merupakan salah satu jenis kaktus yang memiliki bentuk menyerupai otak manusia.

Kaktus Otak memiliki nama latin mammillaria elongate atau cristata brain, sangat identik dengan bentuknya yang berbelit-belit serta berliku-liku.

Bentuk dari tanaman kaktus ini memang tidak semestinya, hal tersebut disebabkan oleh kerusakan pada sistem tanaman ketika usianya masih sangat muda.

Cedera yang terletak diarea sel-sel kaktus otak menjadi liar dan tak beraturan terus bertambah jauh lebih banyak dibandingkan dengan tingkat kecepatan tanaman pada umumnya.

Kaktus jenis otak ini dapat disimpan di ruangan dengan suhu udara kering alias tidak lembab.

Hal itu karena kaktus otak sangatlah rentan terhadap lingkup ruangan lembab, jadi usahakan kamu menyimpan di tempat yang benar-benar kering di rumah, ya.


3. Kaktus Kursi Mertua

Kaktus Kursi Mertua

Kaktus kursi mertua atau dengan nama latin golden barrel juga masuk kedalam kategori jenis kaktus paling populer, loh!

Ciri khas dari tanaman kaktus jenis kursi mertua yaitu mempunyai bentuk bulat layaknya sebuah bola dengan bulu berupa duri yang menyelimuti sekujur tubuhnya.

Kata golden yang tersirat didalam nama latin merujuk pada duri-duri halus yang menyelimuti seluruh permukaan tubuhnya ketika terkena sinar matahari akan berwarna kuning keemasan.

Tanaman kaktus ini dapat digunakan sebagai tanaman hias dalam ruangan, namun untuk penempatannya, usahakan supaya tetap mendapatkan asupan sinar matahari setiap harinya, ya.


4. Kaktus Karang

Kaktus Karang

Euphorbia lactea cristata merupakan jenis tanaman kaktus yang mempunyai bentuk mirip seperti batu karang di laut, alhasil banyak orang yang menjulukinya dengan sebutan kaktus karang.

Kaktus karang sendiri dapat ditanam di luar ataupun di dalam ruangan misalnya seperti diletakan di atas meja kerja, atau di taruh di setiap sudut-sudut rumah.

Hal yang perlu kamu perhatikan saat menyimpan tanaman kaktus karang di dalam ruangan ialah untuk menghindari tempat yang terpapar oleh sinar matahari secara langsung dengan waktu yang cukup lama.

Sebab panas dari cahaya matahari tersebut dapat membakar tanaman ini dan membuat kaktus karang menjadi gosong.


5. Euphorbia Submamilaris

Euphorbia Submamilaris

Euphorbia submamilaris merupakan jenis tanaman kaktus mini dengan ciri khas bentuknya yang sangat mirip dengan tongkol jagung.

Batang tanaman kaktus jenis euphorbia submamilaris cukup tebal dengan warna hijau tua keputihan yang berdiri tegak dan diselimuti duri di seluruh permukaan batangnya.

Jenis tanaman kaktus ini dapat ditanam di tanah basah maupun kering.

Apabila kamu menginginkan tanaman kaktus ini sebagai penghias dalam ruangan, maka sebaiknya kamu menempatkannya di lokasi yang mendapatkan asupan sinar matahari.



6. Ferocactus

Ferocactus

Ferocactus adalah salah satu jenis kaktus dengan bentuk yang sangat unik dan cantik.

Daya tarik dari kaktus hias jenis ferocactus terpancar melalui duri-duri dengan warna merah yang tumbuh memanjang di seluruh permukaan batangnya.

Ferocactus sangat cocok untuk digunakan sebagai tanaman kaktus mini hiasan yang sangat cantik untuk ditaruh di meja ataupun di dalam ruangan.


7. Kaktus Mini Astrophytum

Kaktus Mini Astrophytum

Astrophytum merupakan salah satu jenis kaktus mini dengan bentuk yang cukup unik, lantaran mempunyai bentuk tubuhnya mirip seperti bintang atau buah belimbing dengan batang tanaman membentuk seperti bola.

Jenis kaktus mini astrophytum sangat mudah untuk berbunga. Selain itu bunga dari tanaman kaktus mini ini cukup beragam mulai dari warna pink, merah dan kuning.

Supaya tanaman kaktus mini astrophytum cepat tumbuh bunga, kamu bisa menyiasatinya dengan cara menaruh di ruangan yang tidak banyak menerima paparan sinar matahari.


8. Jenis Kaktus Haworthia

Jenis Kaktus Haworthia

Harworthia adalah salah satu jenis tanaman sekulen yang paling sering dianggap sama seperti tanaman lidah buaya.

Hal itu dapat terjadi lantaran kedua tanaman tersebut sama-sama berasal dari keluarga asphodeloideae.

Tanaman hias dalam rumah ini dibagi menjadi dua jenis yaitu haworthia attenuata dan haworthia fasciata.

Jenis kaktus sekulen tergolong tanaman dengan pertumbuhannya yang sangat lamban dan tidak masalah ketika diletakkan di dalam rumah.

Bentuk dari tanaman kaktus sekulen terbilang cukup kecil dan sangat cantik sehingga sangat pas rasanya jika tanaman ini dijadikan sebagai hiasan meja kerja, ditaruh dekat jendela, dan bisa dijadikan sebagai kado ulang tahun.


9. Kaktus Centong

Kaktus Centong

Kaktus centong atau yang memiliki nama latin opuntia cochenilifera merupakan jenis tanaman kaktus yang masuk dalam keluarga Cactacea atau suku tanaman kaktus-kaktusan, dan juga satu kerabat dengan genus opuntia.

Jenis kaktus ini cukup unik lantaran mempunyai keberagaman nama di setiap daerah misalnya seperti di Jawa kaktus jenis ini seringkali disebut dengan tentong.

Sedangkan di daerah Inggris tanaman kaktus ini seringkali dipanggil dengan nama warm hand atau nopal cactus.

Kaktus centong dapat tumbuh di daerah panas dengan tanah kering baik ditanam di dalam atau di luar rumah.


***


Nah, itulah beberapa jenis kaktus yang dapat ditanam di dalam rumah, selain itu juga memiliki manfaat menanam kaktus untuk kesehatan tubuh kita, loh!

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam menentukan pilihan jenis kaktus yang hendak kamu tanam di rumah. Terimakasih...