Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Paling Mudah Ternak Burung Lovebird Di Rumah Khusus Untuk Pemula. Kamu Wajib Coba!

Cara ternak burung Lovebird sejatinya tidak begitu sulit, kamu hanya perlu telaten dalam melakukan budidaya lovebird di rumah.

Jika diamati secara fisik burung lovebird mempunyai warna bulu yang sangat indah dan cantik yang mampu membius para pecinta burung kicauan.

Burung ini dinamakan sebagai burung lovebird merujuk pada tingkah laku dihabitat aslinya selalu berdampingan dan saling menyayangi antar burung satu dengan yang lainnya.

Pada habitat aslinya burung lovebird hanya akan memiliki satu pasang kekasih sepanjang hidupnya, hal ini diungkapkan oleh para peneliti.

Bisa dikatakan hampir semua spesies burung lovebird memiliki warna bulu yang cerah yang indah dan mempesona untuk dipandangi.

Diantaranya seperti warna hijau cerah, kuning terang, biru muda, bahkan ada yang berwarna abu-abu.

Ada hal yang menjadikan ciri khas dari lovebird ialah apapun warna yang terdapat pada tubuhnya kebanyakan warna tersebut akan berbeda dengan warna yang ada di bagian leher sampai ujung kepala.

Lovebird sendiri tergolong dalam jenis burung paruh bengkok yang cenderung memiliki ukuran tubuh lebih kecil ketimbang parbeng pada umumnya.

Burung lovebird biasanya memiliki ukuran tubuh antara 13 - 17 cm, dengan berat badannya sekitar 40 - 60 gram.

Ukuran tubuhnya yang relatif lebih kecil serta perawatannya cenderung lebih mudah dibandingkan dengan burung paruh bengkok pada umumnya membuat burung lovebird banyak peminatnya.

Nah, untuk kamu yang sangat menyukai burung ini dan ingin memiliki banyak koleksi burung lovebird, maka kamu bisa memperbanyak dengan cara membudidayakan sendiri di rumah.

Inilah cara ternak burung lovebird paling mudah!


Cara Ternak Burung Lovebird Agar Sukses Sampai Menjadi Anakan

Cara Ternak Burung Lovebird


1. Menyiapkan Kandang Ternak Lovebird

Menyiapkan Kandang Ternak Lovebird

Cara ternak lovebird untuk pemula yang pertama kamu terlebih dahulu harus menyiapkan kandang ternak burung lovebird.

Di dalam kandang ternak lovebird lengkapi dengan Glodok atau kotak kecil yang terbuat dari kayu sebagai media burung lovebird bertelur nantinya.

Ukuran glodok atau kotak kayu tempat burung bertelur serta mengerami yaitu sekitar 20 cm x 20 cm x 25 cm.

Selain itu kamu juga harus melengkapi kandang ternak lovebird dengan ranting-ranting kecil yang sudah kering, serutan kayu, serta dedaunan kering di sekitar Glodok.

Secara otomatis jika burung lovebird sudah akan bertelur mereka akan memungutnya untuk dianyam dan dijadikan sarana sebagai media bertelur.


2. Beli Satu Pasang Lovebird yang Akan Di Jodohkan

Beli Satu Pasang Lovebird yang Akan Di Jodohkan

Tahap selanjutnya setelah menyiapkan kandang ternak lovebird, maka kamu harus membeli burung lovebird minimal sepasang.

Selain itu kamu juga harus menentukan jenis burung lovebird apa yang hendak kamu ternakkan di rumah nantinya.

Cara Memilih Indukan Burung Lovebird

Cara Memilih Indukan Burung Lovebird

Setelah menentukan jenis burung yang hendak diternakkan, selanjutnya kamu harus mengetahui bagaimana ciri-ciri indukan labet yang berkualitas adalah sebagai berikut:

  1. Usahakan untuk memilih calon indukan lovebird dalam kondisi sehat tanpa ada cacat fisik, hal itu supaya mendapatkan anakan yang berkualitas.
  2. Lovebird yang akan digunakan sebagai indukan harus memiliki bobot tubuh yang ideal, postur tubuh yang besar, dan burung bergerak aktif serta lincah.
  3. Jika kamu ternak burung lovebird dengan tujuan untuk di ikut sertakan dalam kontes burung kicau, maka sebaiknya kamu memilih indukan burung Lovebird dengan suara merdu serta ngekek dalam durasi panjang.
  4. Namun jika kamu fokus ternak untuk diikutkan dalam kategori lomba kecantikan, maka sebaiknya kamu memilih indukan burung lovebird dengan warna yang cerah, indah dan cantik.
  5. Pilihlah usia induk jantan lebih tua atau dewasa dari betina, sebab dalam proses perkawinan burung jantan yang akan mendominasi.

Setelah mengetahui beberapa kriteria indukan burung yang berkualitas, maka tahap selanjutnya yaitu bagaimana cara membedakan burung lovebird jantan dan betina?

Simak ringkasannya di bawah ini!

Ciri Ciri Lovebird Jantan:

  1. Ketika burung lovebird sedang bertengger di tangkringan, biasanya posisi kaki lovebird jantan jauh lebih rapat dan tidak terlalu jauh jaraknya antara kaki satu dengan kaki satunya lagi.
  2. Jika diamati dari atas, maka sayap lovebird jantan akan terlihat seperti menyatu, sehingga menyerupai huruf V pada ujung sayap yang bertemu.
  3. Burung lovebird jantan biasanya memiliki tulang pubis yang lebih keras serta memiliki jarak yang lebih dekat atau menyempit ketika diraba.
  4. Biasanya burung lovebird jantan cenderung memiliki ekor lebih runcing pada bagian ujungnya.
  5. Lovebird jantan cenderung memiliki lubang hidung berbentuk oval dan memanjang ketika diamati secara seksama.
  6. Selain itu, burung lovebird jantan cenderung memiliki warna bulu pada tubuhnya yang terbilang lebih kontras serta mencolok.

Ciri Ciri Lovebird Betina:

  1. Saat burung lovebird bertengger di tangkringan, umumnya lovebird betina akan memposisikan kakinya lebih renggang antara kaki satu dengan yang lainnya.
  2. Jika diamati dari sisi bagian atas, maka bagian sayap lovebird betina terlihat tidak menempel atau bertemu di bagian ujung nya sepintas membentuk huruf U.
  3. Burung lovebird betina umumnya mempunyai tulang pubis yang renggang, elastis, dan lembek saat diraba.
  4. Warna bulu burung lovebird betina cenderung lebih kusam.
  5. Lubang hidung burung Lovebird betina cenderung lebih bulat.
  6. Memiliki postur serta bentuk tubuh yang jauh lebih besar dan lebih berat dibandingkan dengan lovebird jantan.
  7. Memiliki paruh yang lebar dan besar.


3. Cara Menjodohkan Burung Lovebird Agar Cepat Kawin

Cara Menjodohkan Burung Lovebird Agar Cepat Kawin

Sesudah membeli lovebird jantan dan betina kamu tidak boleh terburu-buru untuk menaruh mereka ke dalam satu kandang.

Hal itu karena mereka belum berjodoh, lain halnya jika kamu membeli lovebird yang sudah berpasangan tentunya tidak masalah jika langsung disatukan dalam kandang ternak.

Burung lovebird yang sudah matang atau siap kawin usianya minimal 1 tahun.

Selain itu ada beberapa ciri-ciri gerakan tubuhnya yang mengisyaratkan bahwa mereka sudah siap kawin.

Burung lovebird betina yang sudah matang atau siap kawin ditandai dengan burung sering mengangkat serta merentangkan kedua sayapnya dan mengangkat ekornya ke atas.

Sementara untuk lovebird jantan yang sudah birahi atau minta kawin ditandai dengan burung tersebut seringkali menggosok-gosok pantatnya ke sangkar.

Jika kedua burung lovebird baik jantan ataupun betinanya sudah sama-sama menunjukkan tingkah laku seperti yang sudah di uraikan di atas, maka tahap selanjutnya yaitu cara menjodohkan lovebird.

Proses penjodohan cukup simpel kok, kamu hanya perlu mendekatkan keduanya dalam sangkar yang berbeda.

Kemudian amati pergerakan kedua burung tersebut, jika keduanya saling berdekatan itu menandakan bahwa mereka sudah berjodoh.

Selanjutnya kamu tinggal menyatukan mereka ke dalam kandang ternak yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

Namun, jika kedua burung tersebut malah kelihatan ribut atau salah satunya ingin kabur, maka kamu jangan tergesa-gesa untuk mencampurkan mereka kedalam kandang ternak lovebird.

Kamu cukup diamkan mereka dengan posisi berdekatan selama beberapa hari.

Jika dalam kurun waktu satu Minggu keduanya tidak kunjung jua menunjukkan tanda-tanda jodoh, maka alternatif lainnya kamu harus mengganti betina Lovebird dengan yang baru.


4. Rutin Memberikan Pakan Agar Lovebird Cepat Bertelur

Pakan Agar Lovebird Cepat Bertelur

Untuk lovebird yang sudah berjodoh dan sudah disatukan dalam kandang ternak, maka kamu harus memberinya makan secara rutin supaya burung cepat bertelur.

Adapun makanan khusus supaya burung lovebird yang kamu ternak menjadi cepat kawin berikut rincian nya:

8 Pakan Lovebird Agar Cepat Birahi dan Bertelur:

  • Biji sawi.
  • Toge.
  • Buah-buahan segar.
  • Tulang Sotong.
  • Kangkung.
  • Jagung manis.
  • Biji Bunga Matahari.
  • Telur rebus.

Selain dengan setelan pakan kamu juga bisa meningkatkan birahi dengan cara memberikan vitamin khusus untuk meningkatkan birahi.

Vitamin tersebut dapat kamu beli di kios pakan burung terdekat atau juga bisa membelinya secara online.



5. Rutin Mengamati Proses Perkawinan Lovebird

Proses Perkawinan Lovebird

Setelah burung lovebird jodoh, kamu dapat memastikan dengan cara mengamati keduanya apakah mereka sering kawin atau tidak.

Saat melihat kondisi burung lovebird yang sedang kamu budidayakan di rumah, usahakan jangan terlalu dekat dan terlalu sering.

Terlebih pada fase betina lovebird bertelur, sebab hal itu dapat membuatnya merasa terusik dan tidak nyaman oleh aktifitas mu itu.

Kamu cukup memantaunya dari jarak yang jauh saja.

Perlu kamu ketahui ada beberapa betina burung lovebird jika mereka sudah merasa tidak nyaman atau terusik.

Maka mereka akan enggan mengerami telur-telurnya, tentunya hal ini suatu musibah yang besar bagi seorang peternak burung bukan?


6. Cara Mengantisipasi Induk Lovebird yang Tidak Mau Mengerami Telur

Lovebird mengerami telurnya

Saat burung sering melakukan perkawinan maka tak lama setelahnya betina lovebird tersebut akan bertelur di Glodok yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

Namun ada yang menjadi masalah ialah ketika indukan tersebut enggan mengerami telurnya sendiri.

Hal itu entah disebabkan oleh faktor lingkungan yang seringkali membuatnya merasa tidak aman dan nyaman, atau juga bisa disebabkan oleh genetik mereka.

Bagi kamu yang mengalami masalah ini, kamu tidak perlu risau dan cemas.

Sebab kami akan memberikan tips mengatasi burung lovebird yang tidak mau mengerami telurnya.

Caranya sangat sederhana dan simpel, kamu hanya perlu mendekatkan kandang ternak lovebird lain yang sedang mengerami telurnya.

Secara otomatis burung lovebird yang kamu dekatkan dengan burung mu itu akan mengeluarkan suara yang khas dan identik.

Suara tersebut berfungsi untuk memancing indukan burung lovebird yang enggan mengerami telurnya supaya terangsang dan mengikuti aktivitas yang sama dengan indukan burung lainnya.


7. Saat Telur Lovebird Menetas Harus, Apa?

Telur Lovebird Menetas

Saat telur burung lovebird baru saja menetas, maka kamu tidak perlu panik.

Kamu cukup membiarkannya hingga piyik burung lovebird berumur kurang lebih 14 hari.

Setelah anakan lovebird milikmu berusia 14 hari, maka sebaiknya kamu pisahkan dengan induknya.

Kamu tak perlu repot-repot mengambil anakan secara langsung di dalam Glodok, kamu hanya perlu menunggu anakan tersebut keluar dari sarangnya.

Selanjutnya kamu harus menyiapkan kandang atau sangkar khusu untuk anakan burung lovebird yang sudah dilengkapi dengan bohlam 5 Watt.

Bolam tersebut digunakan untuk menciptakan suhu hangat di kandang pembesaran anakan.


8. Cara Memberi Makan Anakan Lovebird

Cara Memberi Makan Anakan Lovebird

Tips yang terakhir dalam cara ternak burung lovebird di rumah ialah dengan merawat anakan burung tersebut.

Anakan yang baru saja kamu cabut atau pisahkan dari indukan masih berusia sangat muda.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap anakan burung yang masih muda tentu saja mereka belum bisa makan secara mandiri.

Oleh sebab itu kamu harus membantu anakan burung lovebird supaya dapat makan.

Cara meloloh anakan burung mudah cukup mudah kok,  kamu bisa menggunakan suntikan.

Pertama-tama buanglah jarum yang menempel pada suntikan, dan gantilah memakai selang yang elastis atau lentur.

Pakan burung anakan burung lovebird yang bagus dapat kamu buat menggunakan pelet atau Voer yang sebelumnya kamu seduh terlebih dahulu hingga menyerupai bubur bayi.

Setelah dingin, sedot pakan anakan lovebird tersebut menggunakan suntikan yang sudah kamu modifikasi sebelumnya.

Kamu harus menyuapi mereka dengan telaten, teliti, dan sabar setiap 4 jam sekali.

Rawatlah mereka seperti anakmu sendiri supaya mereka dapat tumbuh dengan baik dan sehat.


***


Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara ternak lovebird di rumah dengan mudah.

Bagaimana cukup mudah bukan?

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mencari informasi budidaya burung lovebird yang baik dan benar. Terimakasih...