Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menemukan Ide Usaha Dengan Mudah & Kreatif Terbukti Ampuh, Lo!

Ide bisnis merupakan komponen utama dalam menjalankan sebuah usaha. Ide usaha yang kreatif diimbangi dengan perencanaan yang matang mempunyai peluang kesuksesan yang jauh lebih besar bila dibandingkan dengan bisnis yang diawali tanpa menentukan strategi dan perencanaan yang matang.

Diluar sana tidak sedikit pelaku usaha yang menjalankan bisnis tanpa memikirkan ide usaha kreatif serta diimbangi dengan perencanaan yang matang dan berdampak pada menurunnya penjualan.

Sehingga tidak sedikit dari mereka mendapati kerugian, bahkan ada juga yang sampai harus menutup usahanya karena gulung tikar.

Terlebih saat pandemi seperti sekarang ini dimana ekonomi sangat lemah dan berakibat pada daya beli masyarakat yang turun drastis.

Sementara harga bahan pokok terus melonjak tinggi. Keadaan seperti inilah yang mengharuskan pengusaha untuk berfikir keras dalam menentukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif dalam memulai usaha.

Ide kreatif serta inovatif inilah yang mampu membuat bisnis dapat berjalan terus meskipun dalam kondisi yang sangat sulit.

Setelah membaca ulasan di atas pasti timbul sebuah pertanyaan, bagaimana cara menemukan ide bisnis yang kreatif serta inovatif?

Cara paling sederhana serta mendasar dalam menemukan sebuah ide usaha adalah dengan melakukan analisa pada lingkungan sekitar bisnis yang sedang kamu jalankan.

Sebab prinsip dasar sebuah bisnis berdiri merupakan suatu solusi untuk memecahkan masalah yang ada dilingkungan sekitar.

Sebagai contoh munculnya ojek online adalah penyelesaian masalah masyarakat yang menginginkan transportasi praktis di manapun kapanpun tanpa harus datang ke pangkalan ojek.

Oleh karena itu kita semua harus belajar dalam membaca setiap kondisi, sehingga kita lebih mudah dalam mengidentifikasi setiap permasalahan yang muncul dilingkungan sekitar kita.

Apakah kamu sudah mendapatkan bayangan?

Supaya lebih detailnya, Yuk simak 7 sumber yang bisa dijadikan sebagai motivasi serta acuan dalam menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif.


7 Tips Mudah Untuk Menemukan Ide Usaha Yang Kreatif dan Inovatif!

Tips Mudah Untuk Menemukan Ide Usaha


1. Temukan Permasalahan yang Sedang Dialami Masyarakat

Temukan Permasalahan yang Sedang Dialami Masyarakat

Langkah pertama untuk menemukan sebuah ide bisnis sudah kami singgung pada uraian di atas tentang membaca setiap permasalahan yang muncul di lingkungan masyarakat.

Hal itu mengharuskan kamu untuk terjun langsung supaya dapat mengamati setiap kondisi serta permasalahan yang timbul di lingkungan masyarakat luas.

Kunci sukses dalam menemukan pokok permasalahan yang sering dialami oleh masyarakat ialah dengan mengamati kebutuhan orang-orang dilingkungan sekitar, tetapi belum mendapatkan solusi penyelesaian masalah tersebut.

Usahakan setiap kali mendapatkan sebuah masalah yang sering dialami oleh orang-orang, niatkan terlebih dahulu dalam diri kita untuk membantu sesama dalam memecahkan masalah.

Dengan niat yang mulia ingin membantu setiap permasalahan yang dihadapi setiap orang, insyaallah Allah SWT akan memberikan kemudahan bagi kita semua dalam menemukan sebuah ide bisnis yang kreatif serta inovatif.


2. Lakukan Riset Produk dan Bisnis

Lakukan Riset Produk dan Bisnis

Riset produk dan bisnis harus dilaksanakan supaya dapat menentukan, apakah ide bisnis yang kamu temukan itu bisa diterima dipasaran masyarakat luas atau tidak.

Dalam melakukan riset baik itu produk ataupun bisnis, kamu bisa memanfaatkan internet untuk menganalisa setiap ide bisnis yang muncul dibenak mu.

Selain itu dengan melakukan browsing kita lebih mudah dalam menentukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif.

Tak hanya itu saja, kamu juga dapat menemukan sebuah produk atau bahkan ide usaha yang terkait dengan ide bisnis yang ada dalam pikiran mu, loh!

Dari hasil pencarian di internet kamu lebih mudah dalam menghubungkan produk atau bisnis yang sudah ada menjadi sebuah ide bisnis baru yang lebih kreatif serta inovatif.


3. Belajar dari Kesuksesan Orang Lain

Belajar dari Kesuksesan Orang Lain

Dengan melihat serta menganalisa sebuah bisnis yang sudah jadi atau bisa dikatakan sudah sukses, tentunya kita akan mengetahui sisi kelebihan serta keunggulan dari bisnis tersebut.

Sebab dengan mengamati bisnis yang sudah mapan pastinya kamu akan menemukan berbagai macam keunggulan yang bisa kamu ambil sebagai bentuk pelajaran.

Dari situlah kita bisa termotivasi untuk mengikuti jejak bisnis tersebut dengan melengkapi setiap celah kekurangan yang ada.

Sehingga secara tidak langsung kamu akan menemukan sebuah ide bisnis yang kreatif serta inovatif.

Mulai dari sekarang saat kamu bepergian usahakan untuk mengamati perusahan-perusahaan yang sukses di sekitar lokasi yang menjadi tujuan kepergian mu itu.

Sebab dari situlah akan muncul beberapa gagasan ide bisnis yang bisa kamu modifikasi.

Bagaimana, cukup mudah bukan dalam menemukan ide bisnis?

Akan tetapi, biasanya cobaan terberat yakni akan muncul saat kamu hendak memulai ide usahamu dan mampukah kamu bertahan hingga mencapai titik kesuksesan.

Kuncinya harus berusaha, sabar, dan selalu berdoa. Tetap semangat oke!


4. Dapatkan Inspirasi Dari Masalah Personal

Dapatkan Inspirasi Dari Masalah Personal

Dengan mengamati sebuah bisnis yang sudah sukses tentunya kita akan mengetahui beberapa keunggulan dari bisnis tersebut.

Sesudah membaca kalimat di atas, saya anggap kalian semua sudah paham mengenai berfikir positif dan kreatif.

Maksudnya mulai dari sekarang dan seterusnya usahakan setiap mendapatkan suatu masalah cobalah untuk berhenti mengeluh.

Tetap berfikir positif dalam menghadapi suatu masalah dan carilah solusi untuk memecahkan akar permasalahan tersebut.

Sebab bukan hal yang tak mungkin jika solusi yang kamu dapatkan ketika memecahkan sebuah masalah yang datang bisa menjadi sebuah ide bisnis terbaik mu, loh!

Sebagai contoh ide bisnis yang muncul karena masalah pribadi yaitu Go-Jek.

Nadiem Makarim selaku pendiri Go-Jek pernah menyatakan bahwa munculnya ide bisnis untuk mendirikan gojek diawali dengan melihat ojek langganannya yang sering mangkal dalam waktu yang lama hanya demi mendapatkan calon penumpang.

Dari masalah itu Nadiem Makarim terinspirasi untuk mengatasi masalah tersebut. 

Sehingga munculah ide kreatif untuk membuat aplikasi yang dapat membantu tukang ojek dalam menemukan calon penumpang ataupun sebaliknya penumpang bisa menemukan tukang ojek dengan sangat mudah berkarat kecanggihan teknologi yang diciptakan oleh Nadiem Makarim.

Sampai sini apakah kamu sudah paham yang kami maksud?

Oke, lanjut!


5. Belajar Dari Masalah Orang Lain

Belajar Dari Masalah Orang Lain

Yang dimaksud dengan belajar dari masalah orang lain adalah kita bisa mendapatkan ide bisnis yang muncul dari permasalahan orang lain entah itu ada hubungannya dengan produk atau perusahaan yang sudah ada.

Dengan menanggapi respon orang lain kita akan mengetahui adanya kekurangan dari produk atau perusahaan tersebut.

Hal ini bisa diartikan bahwa ada beberapa hal yang tidak dapat dipenuhi oleh produk ataupun perusahaan tersebut dalam memuaskan konsumen.

Tentunya dengan hal tersebut bisa menjadi ide bisnis yang sangat bagus untuk membangun sebuah usaha yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen.


6. Amati Trend yang Sedang Berkembang

Amati Trend yang Sedang Berkembang

Trend merupakan sesuatu yang banyak dibicarakan oleh masyarakat saat ini dan kejadiannya berdasarkan dari fakta yang ada.

Kamu bisa menganalisa sebuah trend yang terjadi pada lingkup sosial, politik, atau lingkungan sekitar.

Setelah menganalisa trend tersebut, kamu dapat menjadikannya sebagai inspirasi dalam menemukan ide bisnis yang inovatif dan terupdate.

Dengan mengikuti trend yang berkembang di lingkungan masyarakat luas, maka bukan hal yang tak mungkin bila kamu dengan sangat mudah untuk menjaring para konsumen atau pelanggan dalam waktu yang cukup singkat dan cepat.

Akan tetapi jika kamu hendak memulai bisnis atau usaha dengan mengikuti trend yang sedang berkembang.

Usahakan untuk memberikan sentuhan atau tambahan yang lebih inovatif dari bisnis yang sudah ada sebelumnya.

Paling tidak ada nilai plus yang dapat menggiring konsumen supaya memilih produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Sehingga usaha yang kamu jalankan menjadi prioritas utama konsumen dalam memenuhi kebutuhannya.

Selain itu kamu harus menyiapkan strategi terbaru untuk mengatasi trend tersebut mulai pudar di masyarakat luas.


7. Berfikir Out Of The Box

Berfikir Out Of The Box

Dalam fase ini, kamu harus jeli serta peka dalam membaca setiap peluang atau ide usaha yang ada dipasaran umum.

Tak sedikit usaha yang dijalankan dengan mengadaptasi gagasan biasa dan cenderung pasaran untuk dilakukan.

Akan tetapi bisnis tersebut dijalankan dengan sentuhan inovasi dengan diimbangi dari sudut pandang yang berbeda.

Pandangan sederhananya adalah kamu harus berfikir tentang hal-hal yang lebih jauh dan belum terlintas di pikiran orang lain pada umumnya.

Apabila kamu melaksanakan pada setiap tahap dan diimbangi dengan sumber inspirasi ide bisnis di atas.

Insyaallah, dapat dimudahkan dalam menemukan ide bisnis yang kreatif serta inovatif dengan mudah dan bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari.


****


Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara menemukan ide bisnis yang kreatif serta inovatif dengan mudah.

Lalu ide bisnis apa yang ada dibenak mu saat ini?

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menemukan ide usaha yang cocok dengan karakter kamu. Terimakasih...