Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menanam Bunga Kertas Di Rumah Sampai Tumbuh Indah

Bunga kertas atau lebih dikenal dengan nama Bougenville merupakan salah satu jenis tanaman hias sangat populer, karena memiliki bunga yang indah serta cara menanam bunga kertas terbilang cukup mudah.

Bougenville tak jarang disebut dengan istilah bunga kertas, lantaran kelopak bunganya sangat tipis layaknya tekstur sebuah kertas.

Selain itu, bunga kertas juga memiliki berbagai macam jenis yang bisa dibedakan melalui warna serta bentuk daunnya.

Cara menanam bunga bougenville dapat dilakukan dengan metode stek ataupun sambung pucuk.

Syarat tumbuh tanaman hias bunga kertas dapat ditanam pada media tanah yang subur serta memiliki pH atau tingkat keasaman tinggi.

Untuk lebih detailnya, yuk simak cara menanam bunga Bougenville di bawah ini!



Cara Paling Mudah Menanam Bunga Kertas Agar Cepat Berbunga

Cara Paling Mudah Menanam Bunga Kertas Agar Cepat Berbunga


1. Cara Menanam Bunga Kertas dengan Stek Batang

Cara Menanam Bunga Kertas dengan Stek Batang

Seperti yang kita ketahui bahwa tanaman bunga kertas bukan jenis tanaman yang dapat ditanam melalui biji, umbi, atau hal lainnya.

Cara paling mudah dan sudah terbukti ampuh untuk menanam bunga kertas di rumah yaitu dengan stek batang bougainville.

Pilihlah batang tanaman bunga kertas yang sudah dewasa, kemudian potong batang tersebut secara menyerong dan buat bagian ujungnya runcing.

Selanjutnya tancapkan stek batang bunga bougenville ke media tanam yang subur dan memiliki kadar pH keasaman tanah tinggi.

Untuk mempermudah pertumbuhan stek batang lakukan proses ini pada waktu pagi atau siang hari.


2. Cara Menanam Bunga Kertas Menggunakan Media Campuran

Cara Menanam Bunga Kertas Menggunakan Media Campuran

Cara menanam bunga kertas tidak hanya dapat dilakukan dengan stek batang saja, kamu juga bisa memakai metode campuran yang sudah terbukti kemanjurannya.

Media campuran merupakan media tumbuh yang mengandung pasir, sehingga media tanam tersebut bersifat porositas.

Pori-pori tersebut jauh lebih efektif untuk menyerap air demi menjaga kondisi media tanam dalam keadaan tetap lembab.

Selain itu, pori-pori atau celah-celah yang terdapat pasir juga memungkinkan udara dapat masuk kedalam media tanam menjadi lebih mudah.

Umumnya pasir yang sering dipakai untuk media campuran adalah pasir malang.

Untuk menggunakan pasir malang sebagai komponen media campuran, kamu dapat meletakkan pasir tersebut di bagian dasar pot dengan ketinggian mencapai ⅓ dari tinggi pot yang akan digunakan.


3. Cara Menanam Bunga Kertas dengan Sambung Pucuk

Cara Menanam Bunga Kertas dengan Sambung Pucuk

Tanaman bunga kertas tergolong dalam jenis tanaman bunga yang tinggi akan peminatnya, karena memiliki bunga yang indah dan berwarna cerah.

Akan tetapi, kelemahan dari tanaman bunga kertas hanya mampu mengeluarkan satu warna untuk setiap jenisnya.

Nah, untuk kamu yang ingin menciptakan beragam jenis warna bunga kertas dalam satu tanaman, maka kamu dapat menggabungkan beberapa jenis bunga dalam satu tanaman bunga kertas, yaitu dengan teknik sambung pucuk.

Teknik sambung pucuk sudah sangat populer dalam cara menanam bunga kertas, sebab hanya dengan teknik sambung pucuk yang mampu menyatukan berbagai macam jenis bunga bougenville demi menciptakan banyak warna dalam satu tanaman bunga kertas.

Namun, untuk memulai teknik sambung pucuk pada bunga kertas, kamu harus benar-benar siap dan yakin untuk melakukan metode sambung pucuk tanaman Bougenville, hal itu karena caranya terbilang cukup rumit.


4. Pangkas Tanaman Bunga Kertas Secara Teratur

Pangkas Tanaman Bunga Kertas Secara Teratur

Sejatinya semua tanaman memerlukan pemangkasan secara rutin, karena dari pemangkasan tersebut mampu menciptakan lingkungan mikro yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman.

Tetapi, untuk pemangkasan tidak boleh dilakukan sembarangan, pasalnya ada prosedur dan aturan tersendiri di setiap jenis tanaman tersebut.

Sementara untuk pemangkasan tanaman bunga kertas, kamu dapat memangkas ranting yang sudah tumbuh terlalu panjang dan berdaun lebat secara rutin.

Hal itu karena daun yang tumbuh begitu banyak justru akan menghambat proses pertumbuhan tanaman hias bougainville, sebab nutrisi yang kamu berikan akan terbagi ke seluruh jaringan daun.



5. Cara Merawat Tanaman Bunga Kertas

Cara Merawat Tanaman Bunga Kertas

Faktor utama yang sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman bunga kertas adalah intensitas air yang memadai.

Oleh karena itu kamu harus menyiram tanaman bougainville dengan rutin serta intensitas air yang cukup alias tidak berlebihan.

Siramlah tanaman bunga kertas secukupnya atau hanya sekedar untuk menjaga kelembaban pada media tanamnya.

Akan tetapi, tidak selamanya tanaman hias bunga ini membutuhkan air lagi. Kondisi tersebut dapat ditandai dengan mulai tumbuhnya kuncup bunga kertas.

Masa ini seringkali disebut dengan istilah masa kering. Masa kering biasanya akan berlangsung selama kurang lebih 4 hari.


6. Pemupukan Ulang Bunga Kertas

Pemupukan Ulang Bunga Kertas

Untuk menjaga tingkat kesuburan tanaman bunga kertas, maka dibutuhkan pemupukan ulang.

Pupuk yang dapat digunakan untuk memupuk tanaman hias bougainville diantaranya adalah pupuk organik atau pupuk kandang dengan kadar secukupnya.

Usahakan untuk menghindari pemakaian pupuk non-organik, karena kurang baik untuk pertumbuhan tanaman hias satu ini.


7. Pencegahan Hama pada Bunga Kertas

Pencegahan Hama pada Bunga Kertas

Hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman hias bunga kertas ialah jamur dan kupu putih.

Jika tanaman hias bougainville yang kamu rawat terkena serangan hama atau penyakit, segeralah untuk melakukan perawatan yang intensif dengan menyemprotkan cairan fungsida.

Selain itu, kutu putih juga kerap menyerang tanaman hias ini, untuk membasmi hama kutu putih pada tanaman hias bunga kertas kamu dapat memakai ramuan rumahan yang terbuat dari bahan dasar cabe rawit atau kamu juga bisa membasmi dengan memakai kapur ajaib pengusir semut.


***


FAQ Cara Menanam Bunga Kertas Di Rumah

1. Pupuk apa yang cocok untuk bunga kertas?

Pupuk yang cocok untuk bunga kertas agar tumbuh dengan subur dan berbunga lebat adalah pupuk kompos dan pupuk kandang.

2. Kenapa bunga kertas tidak berbunga?

Penyebab utama tanaman bunga kertas tidak kunjung berbunga biasanya di sebabkan oleh gugurnya kuncup bunga. Gugur kuncup bunga kertas disebabkan oleh terlalu sering menyiram saat tanaman bunga kertas mulai tumbuh kuncup.

Seharusnya ketika tumbuh kuncup bunga jangan lakukan penyiraman hal ini disebut dengan masa kering. Masa kering berlangsung selama 4 hari.

3. Bunga kertas seperti apa?

Dinamakan bunga kertas lantaran tekstur dari bunga tersebut hampir sama seperti kertas yang halus dan tipis. Umumnya bentuk dari tanaman ini kecil dan tumbuh tegak, daunnya berwarna hijau tua dan bentuk dari daun buna kertas ini hampir serupa dengan oval, tapi ujungnya gak lancip.

4. Berapa lama bunga kertas berbunga?

Umur dari bunganya cukup pendek yakni sekitar 3 hingga 4 hari saja.

5. Apakah bunga kertas memiliki mahkota bunga?

ya, karena bunga kertas memiliki tangkai bunga, mahkota bunga, benang sari, dan kepala putik.

6. Apa manfaat dari bunga kertas?

Salah satu manfaat dari bunga bougenville, yaitu bisa dijadikan obat bisul yang ampuh. Caranya, cuci bersih kelopak bunga kertas. Lalu, campurkan dengan daun cocor bebek dan tempelkan keduanya pada bisul. Lakukan ini secara rutin sampai bisul mu kempes.


***


Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara menanam bunga kertas yang lengkap dengan cara merawat bunga kertas di rumah agar tumbuh subur dan berbunga lebat.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan manfaat bagi kita semua. Terimakasih...