Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Penyebab Kucing Sering Pipis Sembarangan Yang Wajib Kamu Ketahui!

Apakah kucing Anda di rumah sering pipis sembarangan? Tentu saja hal ini akan membuat pusing dan kesal, lalu bagaimana solusi mengatasi kucing pipis sembarangan? Sebaiknya kenali dulu kenapa kucing sering pipis sembarangan di bawah ini!

Dengan memelihara seekor kucing di rumah tentu saja akan memberikan energi serta dampak positif di dalam rumah.

Salah satu dampak positif dari memelihara kucing tak lain ia dapat membuat kita merasa bahagia bukan?

Pasalnya dari beberapa studi kasus telah menyatakan bahwa, ketika seseorang sedang mengelus binatang peliharaan yang mereka pelihara.

Maka tubuh seseorang tersebut akan merespon dengan mengeluarkan zat Endorphins. Zat Endorphins sendiri merupakan senyawa yang terdapat dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh dan rasa bahagia.

Namun sebagai pemilik kucing tentunya pernah mengalami bagaimana repot dan susahnya mengurus hewan lucu satu ini kan?

Terlebih saat kucing yang Anda pelihara seringkali pipis sembarangan di rumah!

Apabila Anda sedang mengalami masalah ini, tidak usah bingung dan khawatir!

Sebaiknya kenali beberapa penyebab si manis ini kenapa berperilaku demikian, sehingga Anda bisa membuat kucing kesayangan dapat kembali pipis ke litter box.

Penyebab Kucing Pipis Sembarangan

Cara mengatasi kucing kencing sembarangan


1. Kucing Merupakan Hewan Teritorial

Pada umumnya kucing yang sering pipis sembarangan tak lain yaitu kucing dengan jenis kelamin jantan.

Hal itu disebabkan oleh sifat alami kucing jantan yang sangat teritorial, terlebih pada saat musim kawin tiba.

Sebagai hewan teritorial pada umumnya, mereka akan selalu mempertahankan wilayah kekuasaannya.

Salah satu cara kucing jantan untuk mempertahankan daerah kekuasaannya tak lain dengan cara menandai wilayah yang ia kuasai dengan air kencing.

Sehingga dengan menandai beberapa lokasi yang mereka kuasai akan membuat kucing jantan lain tidak berani untuk datang apalagi menempati tempat tinggalnya.

Jadi, kalau kucing jantan kesayangan yang Anda pelihara di rumah seringkali kencing sembarangan saat musim kawin tiba, ini tandanya Anda harus mengkebiri kucing tersebut.

Sebelum proses kebiri kucing peliharaan, pastikan Anda terlebih dahulu untuk konsultasi ke dokter hewan terdekat mengenai apa saja syarat melakukan kebiri pada kucing jantan.

2. Litter Box yang Tidak Sesuai

Sama halnya dengan manusia yang cenderung tidak akan mau untuk buang air kecil dan buang air besar pada toilet yang kumuh serta kotor.

Kotoran yang terdapat dalam litter box jika dalam waktu lama tidak dibersihkan akan mengeluarkan bau yang tidak sedap, sehingga hal ini akan membuat kucing Anda enggan untuk memakainya.

Maka untuk mengatasi kucing pipis sembarangan Anda harus mencuci litter box setiap dua kali sehari, yaitu saat Anda bangun tidur ataupun sebaliknya.

Selian menjaga kebersihan dari litter box, hal yang tak luput Anda perhatikan yaitu mengenai ukuran litter box yang digunakan.

Boks yang memiliki ukuran terlalu kecil akan menyulitkan kucing saat pipis atau pup, sehingga kucing kesayangan Anda akan mencari tempat yang lebih leluasa dan nyaman.

3. Kucing Sedang Sakit

Penyebab kucing sering pipis sembarang selanjutnya yaitu kondisi kesehatan kucing yang buruk, terlebih lagi saat frekuensi kencing yang sudah tidak terkontrol.

Hal itu bisa disebabkan oleh penyakit seperti batu ginjal, infeksi saluran kemih, atau gangguan pencernaan.

Ciri-ciri kucing yang terjangkit oleh penyakit tersebut diantaranya seperti wajahnya akan terlihat murung, kehilangan selera makan, enggan untuk disentuh, kuping dingin, dan disertai dengan muntah-muntah.

Jika kucing yang Anda pelihara di rumah terindikasi mengalami gejala-gejala seperti di atas, maka segeralah untuk membawanya ke dokter hewan terdekat, dan jangan menunggu sampai kondisinya semakin bertambah parah!

4. Salah Penempatan Letak Litter Box

Penempatan posisi litter box yang salah bisa menjadi salah satu penyebab kucing pipis sembarangan.

Kucing merupakan hewan yang sensitif terhadap suara yang menimbulkan kebisingan, itulah alasan mengapa ia sering menghindari tempat yang ramai.

Segeralah cek lokasi tempat Anda menaruh litter box, dan pastikan penempatan boks tersebut berada di tempat yang cukup tenang.

Usahakan untuk tidak meletakkan litter box di area sumber keributan misalnya seperti ruang tamu, dapur, dan bagian ruangan yang seringkali memicu tingkat kebisingan yang dapat mengusik kenyamanan sang kucing.

Baca juga:

5. Kucing Mengalami Stress

Selian dengan perawatan serta makanan yang bergizi, menjaga mood kucing juga termasuk salah satu cara supaya kucing tidak sering pipis sembarang.

Apabila Anda mengabaikan mood mereka, tentu saja akan membuatnya menjadi stress. 

Stress tak hanya membuat si kucing menjadi bandel dan rewel saja, akan tetapi stress yang menimpa kucing pastinya dapat mengakibatkan kesehatan kucing menjadi terganggu. 

Salah satu tanda kucing mengalami stress yaitu ditandai dengan pipis sembarangan.

Penyebab stress biasanya dipicu dari kurangnya diajak berinteraksi dan bisa juga disebabkan oleh keramaian rumah sehingga membuat kucing merasa tertekan.

Ketika kucing mengalami tekanan dan sudah merasa tidak nyaman untuk tinggal di dalam rumah biasanya mereka akan terlihat lesu, suka murung, dan hilangnya nafsu makan.

Apabila kucing kesayangan Anda di rumah mengalami gejala-gejala seperti di atas, segeralah untuk membawanya ke dokter hewan terdekat.

6. Area Terlalu Lembap

Penyebab kucing suka pipis sembarang tak lain ialah kondisi litter box yang lembab.

Selain posisi penempatan litter box di tempat yang sunyi, lokasi peletakannya juga harus terhindar dari panas dan lembab.

Penempatan litter box yang terkena paparan sinar matahari secara langsung akan membuat tempat tersebut menjadi panas. Sehingga kucing akan enggan untuk pipis atau pup di Litter Box yang sudah Anda siapkan.

Hal itu karena kucing sangat tidak menyukai lokasi yang terlalu panas.

Selain tempat yang panas, kucing juga membenci tempat dengan kelembaban yang tinggi dan basah.

Jika Anda ingin menaruh litter box di kamar mandi rumah. Sebaiknya pastikan terlebih dahulu tempat tersebut selalu dalam keadaan kering dan terhindar dari genangan air.

7. Kucing Jarang Main di Luar Rumah

Penyebab kucing sering pipis sembarang di dalam rumah yang terakhir ini hanya berlaku untuk kucing yang mempunyai kebiasaan suka main di luar ruangan.

Lain halnya dengan kucing ras yang sudah terbiasa hidup dalam ruangan setiap harinya.

Kucing domestik atau seringkali disebut dengan kucing kampung merupakan kucing petualangan, sehingga ia tidak akan betah jika harus dikurung di rumah dalam jangka waktu yang cukup lama.

Apabila mereka terlalu lama disekap dalam ruangan, pastinya mereka akan mengalami stress dan cenderung bandel.

Jadi, jika Anda memelihara kucing jenis ini sebaiknya untuk memberikan keleluasaan dalam bermain di luar rumah.

Apabila kucing satu ini tidak mendapatkan waktu bermain di luar rumah yang cukup, maka bukan hanya pipis sembarangan saja yang sering dilakukan.

Bahkan tak jarang mereka bisa merusak perabotan rumah tangga dengan menjatuhkannya.

Solusinya yaitu berilah waktu yang luang untuk ia bermain di luar rumah.


***


Semoga informasi di atas mengenai penyebab kucing sering pipis sembarang di dalam rumah bisa bermanfaat dalam mengatasi masalah kucing sering pipis sembarang. Terimakasih...