Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Jenis Tanaman Hias Paling Mahal Di Dunia | Sangat Cocok Untuk Dijadikan Bisnis!

Bukan hal yang aneh bila ada beberapa jenis tanaman yang memiliki harga jual sangat mahal, sehingga tanaman tersebut sangat cocok untuk dibudidayakan serta dijadikan sebagai peluang bisnis!

Beberapa tanaman hias di bawah ini memiliki karakteristik yang cantik dan unik, sehingga bukan hal yang aneh apabila tanaman tersebut banyak di minati para pecinta tanaman hias.

Keindahan serta keunikan tampilan dari tanaman hias yang sangat memukau itulah, sehingga mempengaruhi harga jual yang terbilang fantastis.

Harga jualnya yang cukup tinggi menjadikan tanaman hias ini cocok untuk Anda budidayakan atau sebagai peluang bisnis yang menguntungkan.

Apa sajakah jenis tanaman hias paling mahal?

Yuk, simak beberapa jenis tanaman hias termahal baik di Indonesia maupun seluruh dunia di bawah ini!

Jenis Tanaman Hias Paling Mahal di Indonesia

Jenis-jenis tanaman hias dengan harga termahal di Indonesia maupun di dunia.


1. Tanaman Hias Red Aglonema (Rp 1,5 juta)

Tanaman hias Red Aglonema

Tanaman hias red aglonema diklaim harganya bisa mencapai Rp 1,5 juta di pasaran Indonesia.

Tanaman hias red aglonema atau seringkali disebut tanaman Sri rejeki merupakan jenis tanaman yang paling populer dan diminati oleh masyarakat Indonesia, karena tanaman hias ini dipercaya dapat memberikan energi positif dan mendatangkan rejeki yang melimpah bagi pemiliknya.

2. Tanaman Hias Anturium (Rp 1,5 juta)

Tanaman Hias Anturium

Tanaman hias anthurium jenis Jemani Cobra Varigata dijual dengan harga mencapai Rp 1,5 juta di pasaran Indonesia.

Meskipun harganya tidak begitu wah, namun tanaman jenis ini beberapa tahun silam pernah mencapai puluhan juta rupiah, loh!

Hal yang paling menarik dari tanaman hias ini ialah bagian daunnya memiliki bentuk yang sangat indah, variatif, dan beda dari tanaman hias lainnya.

3. Tanaman Hias Monstera (Rp 20 juta)

Tanaman Hias Monstera

Tanaman hias estetis ini sudah banyak diburu untuk dijadikan sebagai dekorasi rumah oleh orang-orang.

Jenis tanaman monstera yang paling banyak diminati yakni Monstera Deliciosa yang memiliki bentuk dan ukuran daunnya yang besar.

Tanaman monstera yang paling mahal bisa di banderol dengan harga mencapai Rp 20 juta adalah tanaman monstera jenis Deliciosa Varigata.

Beberapa hal yang membuat harga jual tanaman ini menjadi mahal diantaranya adalah warna daunnya yang sangat cantik dan proses pertumbuhan tanaman ini yang memakan waktu cukup lama.

4. Tanaman Hias Bonsai (Rp 4 juta - Rp 50 juta)

Tanaman hias bonsai

Sejak dahulu harga jual tanaman hias bonsai memang fantastis dan harganya terbilang paling stabil jika dibandingkan dengan harga jenis tanaman hias lainnya.

Hal itu karena tingginya permintaan dari kolektor bonsai baik dari Indonesia maupun mancanegara.

Selain itu proses pembuatan bonsai bukanlah perkara yang mudah dan membutuhkan waktu yang sebentar.

Beberapa jenis tanaman hias bonsai di pasaran sering di banderol dengan harga mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah diantaranya adalah bonsai Kimeng dan bonsai kihunan emas.

Bonsai merupakan jenis tanaman yang dikerdilkan dan ditanam menggunakan pot yang dangkal, sehingga menciptakan miniatur pohon besar yang berumur ratusan tahun di alam bebas.

5. Tanaman Hias Anggrek Hitam Papua (Rp 100 juta)

Tanaman hias Anggrek Hitam Papua

Tanaman hias satu ini harganya cukup fantastis yakni dibanderol Rp 100 juta, karena tanaman hias bunga anggrek hitam Papua tergolong dalam jenis tanaman hias langka.

Apabila diamati tanaman hias satu ini mempunyai karakteristik yaitu memiliki warna merah muda pada bagian putik bunga, sedangkan untuk bagian kelopak bunganya berwarna hitam legam.

Karena mempunyai bentuk serta karakteristik yang eksotis, sehingga tak ayal apabila banyak orang yang berlomba-lomba untuk mencari bibit dari bunga anggrek hitam Papua untuk dibudidayakan.

Jenis Tanaman Hias Paling Mahal Di Dunia

1. Tanaman Hias Rothschild's Orchid ($ 5 ribu/tangkai)

Tanaman Hias Rothschild's Orchid

Tanaman hias Rothschild Orchid atau lebih akrab disebut dengan Anggrek emas Kinabalu yang ditemukan pada tahun 1987. Kini keberadaanya sudah terancam punah, karena maraknya perburuan liar untuk diselundupkan.

Kini keberadaanya sudah sangat jarang untuk ditemukan di alam liar, tanaman ini hanya dapat ditemukan di Taman Nasional Kinabalu Malaysia.

Anggrek emas Kinabalu mempunyai nilai jual yang sangat fantastis yakni dibanderol $ 5 ribu, jika dirupiahkan senilai dengan Rp 73 juta/tangkainya.

2. Tanaman Hias Shenzhen Nongke Orchid ($200 ribu)

Tanaman Hias Shenzhen Nongke Orchid

Tanaman hias satu ini merupakan hasil campur tangan manusia, karena tanaman ini dirancang secara langsung oleh Universitas Nongke Shenzhen.

Tanaman bunga ini dibanderol dengan harga mencapai $200 ribu, jika di kurs ke rupiah senilai Rp 2,6 miliar!

Harga tanaman bunga ini dibanderol dengan sangat mahal karena proses pembuatan bunga ini memakan waktu 8 tahun lamanya, selain itu bunga dari tanaman Shenzhen Nongke Orchid hanya akan mekar setiap 4 sampai 5 sekali.

3. Tanaman Hias Juliette Rosa ($3-5 juta)

Tanaman Hias Juliette Rosa

Tanaman hias bunga mawar Juliet mempunyai bentuk kelopak bunga yang indah dengan warna yang terkesan kalem.

Bunga mawar jenis ini dihargai dengan $3-5 juta atau setara dengan Rp 30 miliar, loh!

Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor lamanya proses berbunga hingga panen memakan waktu yang tidak sebentar yakni mencapai 15 tahun.


***


Well, jadi itulah beberapa informasi mengenai jenis-jenis tanaman hias termahal di Indonesia maupun di dunia.

Semoga informasi diatas bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Terimakasih...