Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Jenis Tanaman Hias Langka Tercantik Dari Berbagai Penjuru Dunia | Tidak Dapat Ditanam Sembarangan!

Dengan adanya tanaman hias tentu saja akan menambah keindahan di area pekarangan rumah Anda. Akan tetapi, ada beberapa jenis tanaman hias yang sangat cantik, namun Anda tidak bisa menanamnya di rumah. Hal tersebut disebabkan tanaman hias cantik ini sudah sangat langka dan akan sangat susah untuk ditemukan di berbagai penjuru dunia.

Tanaman hias adalah sebuah elemen terpenting untuk membuat rumah semakin terlihat indah dan asri.

Dengan kehadirannya disekitar kita, tentu saja akan menambah suasana lingkungan menjadi lebih terasa segar.

Diantara beberapa tanaman hias yang indah dan cantik yang sering kali kita lihat, ada beberapa jenis tanaman yang sangat mempesona, namun keberadaannya sangatlah sukar untuk di temui.

Hal itu karena dari beberapa jenis tanaman tersebut mulai langka atau bisa dikatakan sudah terancam punah.

Untuk saat ini, beberapa jenis tanaman tersebut hanya bisa ditanam pada tempat-tempat tertentu saja.

Apakah Anda penasaran dengan beberapa jenis tanaman hias langka tersebut?

Yuk, simak ulasan di bawah ini akan membahas tentang beberapa jenis tanaman hias langka!

9 Jenis Tanaman Hias Langka di Dunia

9 Tanaman hias langka tercantik di dunia


1. Jenis Tanaman Hias Anggrek Hantu

Tanaman hias langka Anggrek Hantu

Bunga Anggrek Hantu tergolong dalam jenis keluarga bunga anggrek, namun kini keberadaanya sudah tidak ada lagi di muka bumi ini, diperkirakan keberadaan dari bunga anggrek hantu sudah mengalami kepunahan sekitar 20 tahun silam.

Tetapi, belakang ini, bunga tersebut kembali ditemukan.

Tanaman bunga anggrek hantu sangat sulit untuk ditemukan lantaran ia tidak mempunyai keahlian dalam melakukan perkembangbiakan. Hal itu disebabkan tanaman ini tidak memiliki daun, sehingga sangat mustahil dapat melakukan fotosintesis atau menciptakan makanan sendiri.

Di ketahui tanaman anggrek hantu mampu bertahan hidup di dalam tanah selama bertahun-tahun lamanya.

2. Middlemist Merah

Tanaman hias langka Middlemist Merah

Middlemist Merah adalah salah satu jenis tanaman terlangka di dunia ini.

Pasalnya, untuk sekarang ini hanya terdapat dua buah sampel bunga middlemist merah di dunia ini, yaitu berada di negara Selandia Baru dan satu lagi terdapat di sebuah rumah kaca yang terdapat di Inggris.

Pada awalnya tanaman jenis ini ditemukan di negeri China, lalu dibawa ke Inggris oleh John Middlemist pada tahun 1804.

Sementara itu tanaman bunga middlemist merah hampir mengalami kepunahan, karena selama bertahun-tahun tanaman ini tak kunjung juga melakukan perkembangbiakan.

Apabila, diamati dengan saksama, tanaman hias satu ini sangat mirip dengan bunga mawar kan?

3. Bunga Jade Vine

Tanaman hias langka Jade Vine

Tanaman hias jenis Jade Vine merupakan tanaman hias yang sangat langka, untuk habitatnya terdapat pada daerah hutan hujan tropis di negara Filipina.

Tanaman langka satu ini tergolong dalam keluarga kacang-kacangan. Tanaman Jade Vine memiliki cakar yang dapat menggantung di bagian cabang pohon.

Sedangkan untuk panjang dari tanaman hias langka ini dapat mencapai panjang hingga 3 meter, pada bagian bunga berwarna hijau kebiruan.

Tanaman hias Jade Vine keberadaanya sudah sangat kritis atau terancam punah, karena habitat alaminya sudah mulai rusak serta kurangnya penyerbukan alami. Dengan hal yang demikian tentunya akan semakin sulit tanaman ini untuk melakukan perkembangbiakan.

4. Koki'o

Tanaman hias langka Kokio

Tanaman yang sangat cantik ini sangat sulit sekali untuk ditemukan. Tanaman koki'o awal penemuannya di Hawai pada tahun 1860.

Koki'o sangat sukar untuk ditemukan lantaran tanaman ini memiliki masalah dalam perkembangbiakan.

Untuk sekarang ini, tanaman jenis ini hanya tersisa 23 pohon koki'o yang tumbuh di Hawai.

Pohon dari bunga koki'o dapat tumbuh dengan tinggi bisa mencapai 11 meter, dan akan menghasilkan bunga berwarna merah terang dalam tiap tahunnya.

Baca juga:

5. Bunga Kosmos Cokelat

Tanaman hias langka Kosmos Cokelat

Bunga Kosmos Cokelat mempunyai kelopak bunga berwarna merah kehitaman. Bunga jenis ini mempunyai habitat asli yang berasal dari Meksiko.

Namun, bunga ini telah lama punah di alam liar atau habitat aslinya.

Untuk saat ini, tanaman bunga Kosmos Cokelat hanya mampu bertahan dengan cara vegetatif untuk menciptakan clone tunggal infertil.

Hal yang paling menakjubkan dari tanaman hias langka ini semakin terlihat cantik nan memukau yaitu dapat mengeluarkan aroma vanili serta mempunyai bentuk bunga yang sangat indah.

6. Pohon Franklin

Tanaman hias langka Pohon Franklin


Pohon Franklin termasuk tanaman hias langka yang ditemukan di Atlamaha, Georgia yang berhasil diselamatkan dari ancaman kepunahan oleh keluarga Bartram.

Pohon Franklin memiliki ciri yang sangat khas diantaranya bunga berwarna putih serta dapat mengeluarkan aroma yang sangat harum ketika bunga ini mulai mekar.

Walaupun dapat memberikan aroma yang harum ketika bunga sedang bermekaran. Namun, jangan salah ya, jika bunga ini tidak dapat dijadikan tanaman hias pengharum ruangan.
 
karena kelangkaan populasinya yang sangat sukar untuk di jumpai.

Selain bunga nya yang sangat harum, pohon Franklin memiliki sisi yang unik, yaitu pada saat bunga dari tanaman ini berguguran, maka daun dari tanaman ini akan berubah warnanya menjadi merah terang.

7. Jenis Tanaman Hias Langka Lady Slippers Kuning dan Ungu

Tanaman hias langka Lady Slippers Kuning dan Ungu

Tanaman langka lady Slippers Kuning dan Ungu, masih dalam famili tanaman bunga anggrek liar.

Penyebab tanaman Lady Slippers Kuning dan Ungu menjadi langka tak lain disebabkan oleh biji dari tanaman tersebut tidak memiliki cadangan makanan yang akan digunakan untuk tumbuh.

Sehingga tanaman langka satu ini hanya mengandalkan jamur jenis tertentu untuk melangsungkan perkembangbiakan.

Pasalnya hanya dari jamur tersebut yang dapat memberikan suplai asupan makanan untuk calon anakan dari tanaman langka Lady Slippers Kuning dan Ungu.

8. Tanaman Gibraltar Campion

Tanaman hias langka Gibraltar Champion


Tanaman langka Gibraltar Campion pertama kali ditemukan yaitu di tebing tinggi wilayah Gibraltar.

Tanaman jenis ini telah diklaim punah sejak tahun 1992. Namun, pada tahun 1994 ada seorang pendaki yang dapat menemukan spesies tunggal dari tanaman jenis ini.

Lalu, benih dari tanaman langka satu ini dikembangkan di Bank benih Millenium.

Untuk sekarang ini, tanaman Gibraltar Campion dapat tumbuh di The Almeda Gibraltar Botanic Gardens dan Royal Botanic Gardens di London, Inggris.

9. Tanaman Hias Langka Paruh Kakak Tua

Tanaman hias langka Paruh Kakak Tua

Tanaman langka paruh kakak tua memiliki ciri-ciri pada bagian bunga berbentuk memanjang layaknya paruh burung kakak tua.

Pada awalnya tanaman langka satu ini ditemukan di Canary. Kemudian tanaman jenis ini dianggap sudah mengalami kepunahan, lantaran burung Sunbird yang mempunyai peran sebagai pembantu penyerbukan pada tanaman jenis ini telah punah.

Para peneliti pada tahun 2008, berupaya melakukan percobaan untuk menemukan penyerbuk baru untuk tanaman paruh kakak tua.

Namun, upaya para peneliti tersebut belum menuai hasil.

***

Itulah, artikel mengenai 9 jenis tanaman hias langka tercantik yang saat ini keberadaanya sangat sulit untuk ditemukan di dunia.

Semoga artikel di atas dapat memberikan informasi serta menambah wawasan bagi kita semua tentang tanaman langka yang sangat indah. Terimakasih...