Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis Kucing Yang Paling Populer Untuk Dipelihara dan Teman Bermain Di Rumah

Apakah Anda ingin memelihara kucing di rumah? Namun, bingung menentukan jenis kucing apa yang akan dipilih? Yuk, simak beberapa jenis kucing paling populer dan diminati oleh banyak orang, di bawah ini!

Kucing merupakan hewan lucu yang dapat dijadikan peliharaan dan teman bermain di rumah yang memiliki berbagai jenis. Tentu saja dari beberapa jenis tersebut, mempunyai sisi kelebihan masing-masing.

Tak melulu kucing ras murni saja, berkat dari banyaknya breeder yang mengembangbiakkan kucing, saat ini banyak bermunculan kucing lucu dari berbagai jenis persilangan.

Banyak yang menilai dengan memelihara kucing di rumah, bisa memberikan banyak manfaat bagi sang pemilik.

Oleh karena itu, tak heran jika di kalangan masyarakat luas banyak yang memelihara hewan satu ini.

Yuk, kenali jenis-jenis kucing yang cocok untuk dijadikan peliharaan.

Jenis-jenis Kucing untuk Dipelihara di Rumah

10 jenis kucing lucu terpopuler untuk dijadikan peliharaan dan teman bermain


1. Kucing Domestik

Kucing Domestik atau kucing kampung

Kucing Domestik atau lebih umum disebut dengan kucing kampung, merupakan jenis kucing yang sangat mudah untuk dipelihara.

Kucing dengan jenis ini sangat mudah Anda jumpai di tepi jalan dan dari segi karakteristik nya sangat mudah untuk dikenali.

Lain halnya dengan kucing ras, kucing domestik cenderung tidak mempunyai karakteristik dan tidak memerlukan perawatan khusus seperti kucing ras.

2. Kucing Persia

Kucing Persia

Kucing Persia merupakan salah satu jenis kucing yang paling banyak diminati, karena mempunyai sifat dan karakter yang lucu serta menggemaskan.

Ciri-ciri dari kucing Persia yaitu bentuk wajah yang bulat, hidungnya pesek, dan bulu pada bagian tubuhnya panjang serta lebat.

Apabila, Anda hendak memelihara kucing jenis ini, hal yang harus dipersiapkan yakni anggaran atau biaya yang cukup. Pasalnya harga dan biaya perawatan kucing Persia sendiri bisa dikatakan cukup menguras isi dompet.

Untuk harga dari kucing Persia asli dilabeli dengan harga mulai dari Rp. 13.000.000,- . Sementara untuk kucing Persia yang sudah campuran, harganya cukup terjangkau yakni mulai dari Rp. 500.000,- .

3. Kucing Anggora

Kucing Anggora

Kucing Anggora merupakan ras kucing domestik yang paling tua, kucing jenis ini berasal dari Ankara, Turki.

Kucing Anggora sangat digandrungi oleh para pecinta kucing, karena memiliki karakteristik yang sangat khas, serta mempunyai bulu yang sangat lebat dengan warna putih layaknya salju dan bentuk kuping dari kucing jenis ini yaitu cukup lebar.

Untuk harga kucing Anggora asli dibandrol dengan harga yang cukup mahal yaitu sekitar Rp. 1.500.000,- . Sementara untuk jenis kucing Anggora yang Mix dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau sekitar Rp. 150.000,- .

4. Kucing Siam

Kucing Siam

Kucing Siam merupakan kucing ras oriental yang sangat mudah Anda jumpai di negara Thailand.

Kucing Siam memiliki karakteristik cukup unik yaitu dengan bola mata berwarna kebiruan, suara yang lembut, bentuk tubuh ramping, ekor panjang, dan bulu dari kucing jenis ini cukup pendek serta memiliki beberapa bagian tubuh warna hitam.

Kucing Siam sendiri dibagi menjadi tiga kelompok diantara adalah kucing Siam modern, kucing Siam tradisional, dan kucing Siam klasik.

Untuk harga dari kucing Siam sendiri cukup fantastis yakni dibanderol mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah per ekornya.

5. Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll merupakan jenis ras kucing yang berasal dari negara Amerika Serikat, nama Radgoll sendiri merujuk pada sifat kucing ini yaitu sangat jinak seperti boneka kain.

Karakteristik dari kucing jenis Ragdoll sendiri seperti kucing jenis Persia dan Siam dengan bentuk wajah serta pipinya yang bulat dan memiliki sifat yang sangat tenang.

Untuk harga dari kucing Ragdoll dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 3.500.000,- sampai dengan Rp. 10.000.000,- .

Baca juga:

6. Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon merupakan salah satu jenis kucing ras terbesar, sehingga hal ini sangat memungkinkan untuk dipelihara bersama anjing di rumah.

Karakteristik dari kucing Maine Coon sendiri bisa dibilang cukup garang, namun anggun karena diimbangi ekor dan bulu tubuh yang panjang.

Untuk harga dari kucing ras Maine Coon sendiri tergolong mahal, pasalnya kucing jenis ini dengan usia sekitar 3 sampai 4 bulan saja, bisa dihargai mulai dari Rp. 8.000.000,- .

7. Kucing Sphynx

Kucing Sphynx atau kucing tanpa bulu

Kucing Sphynx adalah salah satu jenis kucing ras yang unik, pasalnya ketika dilihat sepintas kucing jenis ini seperti tidak memiliki bulu pada tubuhnya.

Walau demikian, pada dasarnya kucing Sphynx tetap mempunyai bulu pada tubuhnya. Hanya saja bulu dari kucing jenis ini sangat pendek dan halus, alhasil seperti yang Anda lihat tampak seperti tidak tumbuh bulu pada bagian tubuhnya.

Namun, meskipun memiliki tampilan yang bisa dibilang cukup aneh. Faktanya harga dari kucing jenis ini bisa membuat Anda tertegun mendengarnya, loh

Harga dari kucing Sphynx dihargai mulai dari Rp. 14.000.000,- bahkan bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah, cukup fantastis bukan?

8. Kucing Russian Blue

Kucing Russian Blue

Kucing Russian Blue merupakan salah satu kucing ras alami yang diperkirakan berasal dari wilayah pelabuhan Arkhangelsk, Rusia.

Kucing Russian Blue merupakan jenis kucing dengan karakteristik bulu berwarna biru perak dengan bola mata berwarna hijau cerah.

Harga dari kucing Russian Blue asli cukup fantastis yakni dibanderol mulai harga Rp. 39.000.000,- . Sedangkan untuk jenis kucing Russian Blue Mixed dihargai mulai dari Rp.900.000,-.

9. Kucing Bengal

Kucing Bengal atau kucing mirip macan tutul

Kucing Bengal merupakan jenis kucing yang masih satu rumpun keluarga macan tutul, namun Anda tidak usah panik. Karena kucing jenis ini memiliki sifat jinak serta sangat ramah untuk dijadikan peliharaan di rumah.

Layaknya macan tutul, kucing bengal juga mempunyai motif tutul beserta warna yang sangat mirip.

Untuk harganya sendiri, kucing Bengal dihargai mulai dari Rp. 10.000.000, untuk jenis kucing Bengal asli. Sementara untuk jenis kucing Bengal Mixed harganya mulai dari Rp. 2.500.000,-.

10. Kucing Munchkin

Kucing Munchkin atau kucing mini (mungil)

Lain halnya dengan kucing pada umumnya, kucing Munchkin mempunyai bentuk tubuh yang mungil, bahkan ketika usia sudah beranjak dewasa sekalipun.

Karakteristik dari kucing Munchkin sangat mudah dikenali yakni dengan bentuk kaki yang pendek dan mungil.

Harga dari kucing Munchkin asli dapat dibanderol mulai dari Rp. 5.000.000. sedangkan untuk jenis kucing Munchkin Mixed dihargai mulai dari Rp. 9.00.000.

***

Well, jadi itulah ulasan mengenai jenis-jenis kucing lucu yang dapat dijadikan peliharaan serta teman bermain di rumah. Semoga artikel di atas dapat memberikan gambaran bagi Anda yang sedang bingung untuk menentukan jenis kucing apa yang hendak dipelihara. Terimakasih...